Tutorial Mendapatkan Dollar dengan LinkShrink

Internet bukan hanya sekedar untuk mencari Informasi atau hanya bermain media sosial, karena dengan Internet maka bukan tidak mungkin uang akan mengalir ke kantong kita

Tutorial Buat RDP Windows 10 di Digital Ocean

sebelum instalasi kita sudah memiliki akun DigitalOcean, jika belum bisa membeli akun digitalocean atau membuat sendiri akun digitalocean menggunakan kartu kredit atau paypal.

Langkah memakai OBS

Langkah memakai OBS untuk screen recording tidak sepanjang untuk streaming. Relatif lebih mudah..

Cara Membuat Video Profil Sekolah

cara buat video profil sekolah
cara buat video profil sekolah
Berikut Cara Membuat Video Profil Sekolah

1. Riset dan Pengumpulan data

Sebelum membuat video Profil Sekolah terlebih dahulu harus mengadakan riset tentang sekolah yang akan dibuat profil.
Riset bisa dengan cara :
· Wawancara dengan Kepala Sekolah
· Wawancara dengan bagian kesiswaan, kurikulum, pengembangan
· Wawancara dengan staf karyawan atau bagian tata usaha
· Wawancara dengan beberapa orang tua wali atau komite sekolah
· Membaca buku, visi misi sekolah & brosur profil sekolah
· Membuka website sekolah
· Foto-foto dll.

Yang perlu diperhatikan anda harus mendapatkan data berupa angka, teks dan gambar. Tentu saja data tersebut bukan yang bersifat rahasia, namun yang bersifat umum. Dengan demikian akan mengetahui kondisi sebenarnya dari sekolah tersebut, sehingga bisa merasakan dan menjiwai kegiatan di sekolah tersebut. Untuk melakukan riset memerlukan waktu kurang lebih 1 minggu tergantung dari kondisi sekolah masing – masing.


2. Konsep Skenario Video Profil Sekolah

Setelah semua data terkumpul maka sudah mempunyai bayangan umum terhadap sekolah tersebut, kini kita seharusnya cukup percaya diri punya banyak bekal pertanyaan untuk sekolah. Tahap ini lebih banyak bertukar pikiran antara sekolah dan kita sebagai pembuat video profil. 
Pembuat video profil harus mengerti teknis dan detail pengerjaan video profil agar keinginan sekolah bisa terpenuhi. Yang lebih penting keinginan sekolah bisa ditampung pihak pembuat video profil. Namun tidak selalu keinginan klien kita terima 100%, akan lebih baik jika pihak pembuat video profil bisa memberikan masukan berupa ide cerita, skenario, audio visual yang kreatif dll.
Setelah berdiskusi panjang lebar, pihak pembuat video profil bisa segera membuat skenario (berupa alur cerita serta isi video profil), sekaligus menghitung harga pembuatan proyek video profil ini.


a. Sajian
Sajian berupa video pendek (short video) yang padat akan materi dari sekian banyak kegiatan sekolah yang dikemas hanya dalam 20 – 30 menit. Oleh karena itu perlu ide cerita yang kreatif, konsep visual yang menarik, teks yang informatif, komunikatif, sehingga menjadi Skenario yang berkesan bagi yang menyaksikannya Audio visual tersebut. Narasi, dubing, effect, harus di perhatikan dengan seksama agar visualnya jelas dan audionya juga tidak tumpang tindih sehingga pemirsa bisa melihat, mendengarkan isi video tersebut dengan mudah untuk dipahami, tidak bosan dan menyenangkan. Dari hasil edit dan pengambilan gambar di lapangan yang variatif bisa terlihat seberapa rumit proyek video anda. 

Baca Cara Pengambbilan Video yang baik : cara merekam-video-dengan-sempurna

b. Format Video
Untuk dapat dikonsumsi oleh banyak kalangan sebaiknya format video yang dibuat dibuat dengan format video CD tetapi untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik sebaiknya di buat dengan format Digital Versatile Disc (DVD) atau dibuat format VCD dan DVD sekalian. Karena kedua format tersebut selain selain dapat diputar di Computer juga bisa dijalankan di CD/DVD Player rumahan tanpa harus selalu menggunakan komputer


Berikut Tips Pengambilan Gambar (Tips Video Shooting Profil Sekolah) :

Siapkan kamera Camcoder DV dan bisa juga menggunakan Kamera Digital. Bila tidak mempunyai peralatan video shooting silahkan sewa ke tempat penyewaan video shooting
  • Siapkan cadangan baterai dan kaset / DV yang baru.
  • Mulailah mengambil adegan minimal 3x dari berbagai sudut agar anda bisa memilih stockshot yang terbaik.
  • Ambil adegan dari 3 sudut pandang: Close Up, Medium Shot dan Long Shot
  • Namun lebih baik anda juga mengambil juga data / properti di luar skenario, siapa tahu ada perubahan skenario atau desain yang memerlukan data / properti tersebut. Mumpung di tahap ini anda mendapatkan izin untuk melihat-lihat kondisi dan seluk beluk di instansi tersebut.
  • Rekam setiap divisi / bagian / departemen dari segi ruangan, laboratorium, komputer, proses belajar mengajarnya baik indoor maupun outdoor termasuk kegiatan diluar sekolah lengkap dengan ekstrakurikulernya.
  • Ambil adegan di ruangan guru dan karyawannya dalam melakukan aktivitas kegiatan.
  • Gunakan Teknik pergerakan kamera seperti Pan, Ped, Tilt, Dolly, Zoom, Truck, Arc dll agar video lebih dinamis.
  • Untuk shooting luar ruang cahaya terbaik adalah pukul 8-9 pagi dan 3-4 sore. Jika shooting pukul 11-13 siang, bayangan akan terlalu kuat dan menutupi objek yang dishoot.
  • Sebagai sutradara berkewajiban mengatur aktor, kameramen dan pengkondisian suasana ruangan.
  • Persiapkan shoot untuk menempatkan objek sepertiga dari area shoot, nantinya untuk penempatan teks saat editing di komputer.
  • Umumkan jadwal Shooting ke seluruh pimpinan dan staf sekolah, agar mereka siap dan tidak kaget menghadapi camera dan tim anda.
  • Siapkan untuk wawancara dengan kepala sekolah, usahakan dan kondisikan beliau tampil dan berbicara secara tegas, bersemangat tentang sekolahnya. Selain ucapan gunakan juga bahasa tubuh seperti gerakan tangan, langkah kaki, gerakan kepala dan senyuman.
  • Jika ada guru atau karyawan wanita yang berpenampilan menarik, bisa anda ‘manfaatkan’ sebagai aktor untuk adegan seperti bersalaman, menelepon, mengetik, mengajar, presentasi dll.
  • Jika di sekolahan tersebut tidak ada yang cantik, anda bisa mengajak rekan anda, menyewa dari agen model, sekolah sekretaris dll. Untuk urusan ini anda tentu lebih tahu.
Silahkan lihat Contoh Pengambilan Video Sekolah berikut ini


Demikianlah Panduan dalam membuat Video Profil Sekolah
Semoga bermanfaat

Kekurangan dan Kelebihan Video Conference



a. Kelebihan Video Conference

  1. Kegiatan seperti kuliah umum dengan dosen atau seminar dapat dilakukan secara online jadi  akan menghemat biaya dan waktu.
  2. Pertemuan atau rapat dengan kondisi jarak yang jauh menjadi terasa lebih realistis ,didukung dengan kualitas gambar dan suara yang baik.
  3. Dapat digunakan sebagai program pendukung kegiatan e-learning di Perguruan tinggi.
  4. Perguruan tinggi dapat berbagi ilmu dan pengetahuan. 
  5. Informasi dan pengetahuan dapat berkembang dengan melakukan pertemuan atau diskusi dengan Instansi dalam negeri maupun luar negeri.
  6. Tatap muka jarak jauh menjadi terasa lebih nyata.
  7. Sebagai pendukung program e-learning.
  8. Instansi dapat saling berbagi resource

Teknologi Video Conference

Teknologi inti yang digunakan dalam konferensi video adalah sistem kompresi digital audio dan video stream secara nyata. Perangkat keras atau perangkat lunak yang melakukan kompresi disebut  dengan codec. Angka kompresi dapat dicapai hingga 1:500. Digital yang dihasilkan aliran 1s dan 0s dibagi menjadi paket label, yang kemudian dikirimkan melalui jaringan digital biasanya menggunakan Integrated Servive Digital Network (ISDN) dan dengan Internet Protocol (IP). Penggunaan modem audio dalam saluran pengiriman memungkinkan penggunaan Plain Old Telephone System atau POTS, dalam beberapa aplikasi kecepatan rendah, seperti videotelephony, karena POTS mengubah getaran digital ke atau dari gelombang analog dalam rentang spektrum audio.

Komponen lain yang dibutuhkan untuk sistem video conference meliputi :
  • Video input: kamera video atau webcam
  • Video output: monitor komputer, televisi atau proyektor
  • Audio input: mikrofon
  • Audio output: biasanya pengeras suara yang berkaitan dengan perangkat layar atau telepon
  • Data transfer: jaringan telepon analog atau digital, LAN atau Internet


b. Kekurangan Video Conference 
  1. Kegiatan E-Learning kurang baik jika menggunakan video conference, karena kurang nyata, sebagian orang lebih paham dengan belajar langsung.
  2. Video konference memiliki infrastruktur yang mahal, dan memerlukan beberapa peralatan yang rumit.
  3. Bahasa sebagai alat komunikasi yang dimiliki oleh Instansi dalam negeri berbeda dengan Instansi luar negeri

Masalah

Kontak mata: Telah diketahui bahwa kontak mata memainkan peran besar dalam percakapan, merasa perhatian dan niat serta aspek lain dari komunikasi kelompok. Sementara percakapan telepon biasa tidak memberikan isyarat kontak mata, konferensi video dapat dikatakan lebuh buruk dimana memberi kesan yang salah bahwa berbicara jarak jauh adalah menghindari kontak mata.

Penampilan kesadaran: Masalah kedua dengan konferensi video adalah saat sedang di depan kamera, dengan aliran video secara mungkin dapat direkam. Beban presentasi yang dapat diterima pada penampilan layar tidak hadir dalam komunikasi audio saja. 
Penambahan video sebenarnya mengganggu komunikasi, mungkin karena kesadaran saat di depan kamera.

Teknologi Video Conference

2 Inovasi Terbaru Teknologi Video Conference


Layanan teknologi Video Conference sudah mulai kurang diminati sekarang ini, kurang maksimalnya teknologi pendukung dan jaringan layanan ini menjadi salah satu penyebeb menurunnya popularitas teknologi komunikasi tingkat lanjutan ini. Padahal Video Conference merupakan senjata ampuh enterprise mobility diaman para pelaku bisnis untuk mengadakan komunikasi atau meeting dengan lebih komperhensif dan feksibel.

Selain itu dengan semakin menjamurnya penggunaan smartphone juga menjadi salah satu penyebab lain menurunnya popularitas video conference, dengan smartphone kita bisa melakukan berbagai macam tipe komunikasi yang mudah, fleksibel dan sesuai kebutuhan dengan menggunakan berbagai layanan gratis seperti Google+, Skype, Hall, LINE, BBM, WA dan lain sebagainya.

Namun meskipun demikian bukan berarti tidak ada ruang untuk perbaikan dan inovasi bagi layanan Video Conference. Dua buah perusahaan mencoba untuk memberikan pandangan baru pada pengguna bagaimana kita menghubungkan dan memanfaatkan converence call supaya layanan teknologi komunikasi ini kembali digunakan sebagai solusi.

“Talk” and “Meet” oleh Anymeeting
Jika pernah merasakan penderitaan dalam sulitnya mencoba mengakses conference call seperti fitur baru dari AnyMeeting memungkinkan Anda untuk mengatur panggilan konferensi dengan hanya mengirimkan email. Layanan ini luar biasa cocok untuk semua orang, dari perusahaan kecil ke perusahaan besar.

Layanan ini tersedia baik untuk panggilan konferensi dan pertemuan online, dan semua yang diperlukan untuk menggunakan kedua layanan ini hanyalah sebauah alamat email: [email protected] atau [email protected]. Untuk mengatur panggilan rapat atau konferensi call, cukup kirimkan email ke penerima yang ingin diajak conference call dan tambahkan alamat email AnyMeeting lain yang ingin diajak conference call di kolom CC.

Dengan langkah sederhanan ini, setiap peserta akan menerima email yang berisi semua informasi terkait untuk berpartisipasi dalam conference call, seperti waktu, nomor telepon yang harus meraka panggil dan juga kode pin yang harus dimasukkan untuk otentikasi.

Layar tembus pandang yang mampu memahami tanda-tanda non-verbal

NTT, sebuah perusahaan komunikasi Jepang, berusaha untuk mengembangkan beberapa hardware baru yang dapat diterapkan dalam layanan teknlogi komunikasi conferece call ini. Perusahaan telah menyelidiki beberapa efek penambahan unsur dalam percakapan live, seperti kepala dan gerakan mata dari semua peserta, serta cara mereka bereaksi selama percakapan dan lingkungan di mana percakapan tersebut berlangsung.

Proyek ini menggabungkan penggunaan layar yang sangat tipis dan transparan yang mereproduksi resolusi tinggi dan gambar ukuran sebenarnya. Juga dilengkapi dengan serangkaian interpretasi dan respon sensor, baik untuk lingkungan juga untuk orang-orang yang menggunakannya. Sistem ini dapat menghilangkan latar belakang gambar masing-masing peserta dan melakukan desainan ulang tampilan lingkungan sekitar dengan ukuran besar.

Alat ini nantinya akan terus bereaksi terhadap gerakan masing-masing individu dan menafsirkan gerakan orang lain, lalu menggabungkannya dengan cara yang sama yang secara alami seperti layaknya melakukan percakapan secara berhadapan langsung.

Dengan demikian dapat diketahui dengan pasti siapa yang sedang melihat kearah kita dan pada saat yang samakita juga dapat melihat kearah di mana kita sedang diperhatikan dan dapat dirasakan oleh orang lain. Sesuatu yang jauh lebih dekat dan sesuai dengan konsep nyata telepresence, bila dibandingkan dengan apa yang kita miliki saat ini.


Set ini memungkinkan jenis percakapan jarak jauh di mana seseorang sensorik “diikuti” oleh peserta lain dengan bantuan peralatan. Di sini, gerakan alami dari masing-masing peserta bervariasi dan perubahan secara real time sesuai dengan dinamika yang berbeda dihasilkan selama percakapan, seperti sedang bercakap-cakap sambail bertatap muka langsung.
Sumber : ict-enterprise

Tutorial Mendapatkan Dollar dengan LinkShrink

Dollar dengan LinkShrink
Tutorial kali ini akan kita bahas tentang cara mendapatkan dollar dengan LinkShrink.net
Internet bukan hanya sekedar untuk mencari Informasi atau hanya bermain media sosial, karena dengan Internet maka bukan tidak mungkin uang akan mengalir ke kantong kita


Dan Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah Website Penghasil Dollar dengan Cara Memperpendek URL atau lebih Populernya Shorten URL, melalui situs mereka, nama Websitenya LinkShrink.net
Baca Juga : TUTORIAL POPCASH


Apa itu LinkShrink.net?

Sebelum lanjut tutorialnya ada baiknya kita mengenal nya terlebih dahulu. LinkShrink.net merupakan sebuah website untuk memperpendek URL seperti goo.ly, adf.ly, p.pw ataupun shorte.st. bila ada yang membuka link yang kita perpendek, dengan mengklik “Skip Ad”, maka dari situlah kita bisa mendapatkan pundi-pundi dollar, cukup ringkas dan mudah dipahami kan..

LinkShrink.net ini merupakan website Shorten URL yang membayar lebih tinggi bila dibandingkan dengan adf.ly , adfoc.us ataupun shortener lainya, dan tak kalah menariknya pembayaran dilakukan pada tanggal 1 dan tanggal 16, jika saldo akun LinkShrink.net kamu sudah mencapai batas minimal payout, yaitu $5. Pembayaran bisa melalui Paypal atau Payza.

Gimana.. Mau lanjut..?

1. Daftar dulu di LinkShrink.net?
    Klik Sign Up (Get Starter for Free)

2. Isi data-data dengan benar, email harus yang valid,
3. Cek email berupa link untuk konfirmasi pendaftaran,
4. klik link konfirmasi tersebut untuk meng-aktivasi akun LinkShrink.net Anda,
5. Edit Nama, Alamat, Nomor Telepon, serta alamat email untuk pembayarannya nanti,
6. Selesai

Untuk memperoleh pundi-pundi dollar dari LinkShrink.net, tentu kita harus mendapatkan banyak klik pada URL yang telah diperpendek tadi, caranya sebarkan link melalui blog, sosial media seperti facebook ataupun twitter,,serta mendapatkan dari referall, atau lebih extreme nya pasang Script pada Blog, supaya setiap link otomatis akan di ganti oleh Linkshrink..

Berikut Bukti Transaksi Via Paypal



Payment Complete
Cek Dollar di Paypal





Sekian dan semoga berhasil

CERITA JEJAK HUTAN KAMBANG MUARALABUH Part II

BAB II

Suara motor mulai memekakkan telinga Yudi melaju dengan kenjang melewati setiap yang menghalangi didepanya, sekali-kali dia menyelip diantara bus,truk yang satu arah dengannya menuju kota Padang, ransel dipingganya berisih penuh dengan bahan keperluanya untuk sekedar dua minggu di Kota Padang tapi Kota Padang bukan lah dekat dari kampungnya kira-kira tiga jam perjalanan. Namun hal itu bukan muda untuk dilewati kerena jalanya yang banyak tikungan dan tanjakan yang tajam disampingnya penuh dengan jurang dan laut. Namun bagi Yudi hal itu bukanlah terlalu sulit untuk dilewati kerena setiap tikunga dan tanjakan suda dalam perhitunganya bahkan jumlah lubang yang ada dijalan sampai ke Padang sudah di kepalanya.
Lebih kurang satu jam Yudi sampai di Painan dan berhenti sesaat ketika matanya tertuju kelaut disaat Matahari mulai terbenam.
Air laut begitu tenang, dengan warna biru terang. Angin berhembus sepoi dan langit penuh dengan cakrawala inda. Sementara warnah-warni dan goresan-goresan langit berwarna merah, kuning dan kebiru-biruan menyatu dalam sebuah lukisan yang tak mungkin seorang pelukis untuk mengambarkan diatas kampas, hanya lah Tangan-Tangan Tuhanlah yang bisah membuat hal seperti ini.
Sungguh suatu pemandangan yang mengagumkan bagi Yudi, dalam hati di berguman sendiri aku sungguh bangga punya Kampung seperti ini, kemanapun aku pergi Kempung ini tak akan bisa aku lupakan. Daerahnya subur, nyaman, elok, lautnya sangat bersahabat dan Masyarakatnya begitu sopan dan menjunjung tinggi Adat dan Agama.
Kembali Yudi menghidupkan mesin motornya melaju kencang menuju Kota Padang kerena sebentar lagi hari akan gelap dan magrib akan dating dengan kecepatan tinggi dan melewati setiab tikungan dan tanjakan sampai juga di Kota Padang langsung ke rumah kontrakannya Air Tawar Jln. Murai no, 36 A yang tak begitu jau dari Kampus UNP Padang, Rumah ini dihuni oleh Mahasiswa yang berasal dari Pessel kususnya anak Lengayang namun didalam rumah ini ada yang agak dituakan dianggap sebagai ketua, yang namanya Masri Mahasiswa Seni Rupa semester delapan dan langsung menyapa Yudi.
Dari mana kamu yud,?” Kemaren ada yang mencari mu kesini, anak sendratasik namanya Yeni. Dia suda coba menghubungi phon kamu tapi tak masuk-masuk”
“Kemaren Saya pulang Kampung da Mas. Jawab Yudi pelan kerena Masri merupakan senior dikampus dan juga dianggab kakak oleh Yudi jadi wajar aja kalau Yudi memanggil Uda pada Masri{istilah panngilan kakak dalam Bahasa Minang adalah Uda} dan Yudi balik bertanya pada Masri
“Yang lain kemana Da,? Kelihatan sepi.
“Tu lagi main Game dikamar Uda.” Kebetulan dikamar Masri ada dua computer dan kamar itu sering dijadikan ajang untuk main game dan bisa dikatakan penghuni kamar itu sering tidur menjelang subuh kadang membuat tugas dan main game.
Mendengar suara yudi dan masri yang lain pada keluar dari kamar dan serempak menyapa Yudi.
“dari mana yud” sahut mereka serempak
“habis dari kampong” jawab Yudi pelan
“apa kamu ada bawa sambal dari kampong Yud,? Kami belum makan, tapi nasi sudah kami masak di Mejigjer. Sala seorang yang bernama Dendi Siswa UNP Jurusan OLah Raga.
“kalau sambal ada…! “Tadi Mak dirumah ada membuatkan sambal rendang Ayam, Saya juga belum makan ni..!
“kalau begitu kita makan bersama-sama aja” patut ada bauh sambal rending. Seruh mereka serempak.
Yang lainnya segera mengeluarkan nasi didalam mejigjer dan satu persatu mereka mengambil piring diruangan makan dan Yudi mengeluarkan sambalnya didalam bungkusan yang dibungkus oleh Maknya tadi siang.

Bersambung... Bab III

Video Streaming

Bila kita searching di search enginge, maka kita akan mendapatkan pengertian bahwa, live streaming merupakan Proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya. 

Jadi kita tidak usah repor-repot menunggu untuk mendownload filenya, karena fasilitas tersebut sudah bisa langsung kita nikmati secara realtime atau pada saat itu juga, mantap kan?.

Video streaming itu sendiri bukan hal yang baru, sejak munculnya 3G (Generasi ke Tiga) pada sebuah telephone seluler video streaming bagaikan jamur bertumbuhan dimana-mana, hingga kepelosok tanah air.

Penggunaan video streaming telah lama kita lakukan, seperti penggunaan kita pada Yahoo Messenger, skype, youtoube dan lain lain, kita sudah lakukan sebelum 3G menjamur, sekitar tahun 2008 lebih kurangnya, mulai muncul media televisi di Indonesia yang menggunakan video streaming, seperti metrotv, antv, transtv, tvone.

Video streaming adalah teknologi yang mempermudah kita dalam mendapatkan informasi dalam bentuk tampilan video, apalagi perkembangan Internet kita makin mudah mendapatkan informasi dan menikmati hiburan tanpa membutuhkan media antena televisi biasa maupun parabola, kita dapat melihat televisi, kita dapat berkomunikasi dengan interaktif 3G atau melalui media Gtalk,Yahoo Messenger, Skype dan lainnya adalah sebuah manfaat dari sebuah teknologi video streaming.

Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari sebuah teleconference melalui video streaming, antara lain biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah "baca artikel manfaat Video Conference"

Dalam dunia internet, streaming itu mengacu pada teknologi yang mampu mengkompresi atau menyusutkan ukuran file audio dan video agar mudah ditransfer melalui jaringan internet. Sehingga ketika kita ingin menonton atau mendengarkan secara langsung, video atau audio tersebut tidak terlalu berat, karena filenya sudah dikecilkan atau di kompresikan.

Berdasarkan berbagai sumber ternyata  teknologi streaming pada Internet broadcasting  terdiri dari dua tipe, 
  1. Video On-Demand  : Merupakan Sistem Televisi Interaktif yang memfasilitasi khalayak untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton. Fungsi dari VOD itu seperti layaknya video rental, di mana pelanggan dapat memilih program atau tontonan yang ingin ditayangkan. Pilihan program dapat berupa sederet judul film, serial TV, acara realitas, dan program lainnya. tidak hanya menonton, khalayak pun dapat menyimpan serta mengunduh program semau mereka
  2. Video Live (RealTime). dikenal juga dengan istilah livecasting, menyiarkan suatu file media saat itu juga ketika suatu kejadian tengah berlangsung, jadi prosesnya real time. Nah  Salah satu stasiun televisi yang mengacu teknologi livecasting ini misalnya metrotvnews yang siarannya dapat dilihat langsung
ISTILAH STREAMING

  • Media Streaming

Sebuah teknologi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara Real Time melalui Internet. Media streaming merupakan pengiriman media digital berupa (video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server apllikasi dan di terima serta ditampilkan secara Real Time oleh aplikasi pada komputer klien.

  • Buffering

Proses atau kondisi yang terjadi saat sebuah player untuk media streaming sedang menyimpan bagian-bagian file media streaming ke tempat penyimpanan lokal. Kebanyakan player menyimpan hanya sebagian kecil dari sebuah presentasi streaming sebelum memulai streaming. Proses buffering juga bisa terjadi di tengah-tengah streaming, biasanya hal seperti ini terjadi jika bandwidth yang diperlukan untuk memainkan streaming kurang sesuai atau kurang memenuhi besar bandwidth dari yang seharusnya.

  • Bandwidth

Jumlah data yang bisa ditransmisikan dalam ukuran yang tidak pasti. Untuk peralatan digital, biasanya bandwidth dibuat dengan satuan bit per seken atau byte per seken – berbeda dengan peralatan analog yang memiliki standar ukuran cycle per seken atau hertz (Hz).

  • Broadcash

Sebuah proses saat data secara simultan dikirimkan ke semua stasiun dalam sebuah jaringan.

  • Buffer

Tempat penyimpanan sementara (penyangga) yang dialokasikan dalam sistem secara random untuk menyimpan data2 sebelum dikirim atau disimpan ke bagian lain dari sistem. Dalam aplikasi streaming, buffer menyimpan data audio atau video sampai semua inforamasi yang cukup untuk melakukan streaming terkumpul semua.

  • Video Digital

Kunci dari konten media streaming. Biasanya video digital dikonversi dari data-data video analog. Sinyal video digital direpresentasikan dengan bilangan 0 dan 1, sedangkan sinyal analognya direpresentasikan dengan flugtasi sinyal yang tersimpan di storage – perbedaan analog dan digital dalam sinyal video sama dengan perbedaan analog dan digital pada sinyal audio.

  • Encoder

Aplikasi perangkat keras atau software yang dipakai untuk mengkompresi sinyal-sinyal audio video untuk melakukan streaming.

Berikut Komponen yang dipakai dalam pembuatan Live Streaming

  • Data Source


Data source ini adalah representasi file film yang siap dikirimkan dalam format file yang sudah RTP (Real-Time Transfer Protocol) compliant. Misalnya frame MPEG harus di ubah menjadi format MPEG_RTP agar dapat dibaca oleh pihak penerima (receiver) Proses pengubahan dilakukan oleh processor, menggunakan codec-codec yg sesuai.

  • RTP Manager


RTP Manager ini berfungsi untuk menginisialisasi koneksi (menentukan port mana yg dibuka, IP address dan port yang menjadi tujuan pengiriman file), dan menciptakan Send Stream objek.

  • Send Stream


Membaca Data Source Objek, dan mengirimkan frameframe film, termasuk mengatur penggunaan buffer untuk mengirimkan frame-frame tersebut.

  • RTP Socket Adapter


Mengambil frame per frame dari data source, frame ini akan dikirimkan ke encryptor untuk dienkripsi.

  • Transmitter dan receiver


Transmitter melakukan proses enkripsi paket data. Sedangkan receiver melakukan proses dekripsi paket data yang diterima.  Kunci yang digunakan pada transmitter dan receiver harus sama. Jadi jika kunci tidak sama, maka receiver tidak dapat melakukan proses dekripsi paket data, yang mengakibatkan video tidak dapat ditampilkan di receiver.

  • Software


Software yang digunakan pada aplikasi ini adalah Internet broadcasting yaitu penyiaran audio ataupun video yang berbasis Internet Protocol (IP). Dengan Internet broadcasting ini stasiun radio atau televisi dapat melakukan siarannya menggunakan jalur Internet. Sedangkan software yang digunakan oleh receiver (termasuk saya) salah satunya adalah flash player.

Contoh Sinopsis Film Pendek

Judul : Keluarga Reot
Jenis : Serial Komedi
Durasi : 45 menit
Halaman : 35 halaman


KELUARGA REOT

Cerita dan skenario : Danrhama

SINOPSIS

Film Keluarga Reot
Contoh Sinopsis Film Pendek
Keluarga reot sama denga keluraga keluarga sederhana dan bahagia lainnya yang terdiri dari : Ayah, Ibu, anak. Tapi dalam kelurga reot semua diperankan oleh para manula

Pakaian dan tingkah laku mereka semua wajar sebagai sifat sifat tokoh diusiannya. Sebagai salah satu contoh MIRNA adalah anak perempuan NINI yang masih duduk dibangku SMU. Kegenitan dan gejolak puberitas ABGnya begitu menonjol. Tapi tidak menghilangkan sifat sifat manulanya sebagai bumbu komedi. Lingkungan dan teman teman KELUARGA REOT diparankan oleh beragam usia sesuai.

Profil Tokoh
AMAT : AYAH pengusaha muda. Pemeran aslinya USIA 70 TAHUN Tegas, menggunakan tongkat, tangannya selalu gemetaran

NINI : IBU MUDA. Pemeran aslinya USIA 70 TAHUNSensitif dan mudah marah, pemarah, pikun dan iri hati

MIRNA : ANAK PEREMPUAN SMA. Pemeran aslinya USIA 75TAHUNBudek, gampang masuk angin dan muntah
ARIL : ANAK LAKI LAKI KULIAH. Pemeran aslinya USIA 75 TAHUNPikun, rabun

NINING : ANAK PEREMPUAN SD. Pemeran aslinya USIA 75 TAHUNOmpong, pelupa, curang, jahil, bandel

MAYA : PEMBANTU PEREMPUAN. Pemeran aslinya 75 TAHUNRabun, osteoporosis

MAMAN : SUPIR. USIA 35 TAHUN Pemeran aslinya sudah tuaRabun, pelupa dan bungkuk menggunakan tongkat

01. INT. MOBIL SEDAN : DEPAN KEMUDI. SORE

ANDI. DIDI

ANDI

Sebenarnya gua sudah mulai bete pacaran sama MIRNA DI?

DIDI

Kenapa memang, gua rasa elu cocok sama MIRNA. Orangnya cantik, pinter dan funky lagi.

ANDI

“Ga tau, mungkin karena gua orangnya bosenan kali”

DIDI

“Ah karena elu sudah dapet yang yang baru kali”

ANDI

“Iya juga kali”

DIDI

“Gimana kalau MIRNA lu oper ke gua aja”

ANDI

“Ga masalah, rencananya sih ini malam MIRNA mau gua putusin. Sedikit ragu sih ada soalnya sebenarnya gua juga masih ada rasa sayang sedikit”

DIDI

“Yu..mari, sedikit”

FADE OUT

FADE IN

02. EXT. RUMAH KELUARGA REOT. MALAM

EXTABLISH

EXTABLISH. rumah keluarga reot.

CUT TO

03. INT. RUMAH KELUARGA REOT : RUANG KELUARGA

AMAT. NINI. NINING. MAYA

AMAT dan NINI sedang santai duduk disofa besar sambil menonton televisi.

NINING sedang belajar menggambar dengan menggunakan kaca mata tebal.

Sesekali NINING memperhatikan gambar buatannya, karena matanya tidak dapat fokus walaupun terhadap gambar besar sekalipun karena matanya rabun.

MAYA tergopoh gopoh berjalan dan tangannya gemetaran membawa nampan yang berisi dua gelas teh keatas kemeja.

MAYA

“Ini tehnya tuan, nyonya”

NINI

“Dasar pembantu lelet! Bawa dua gelas air saja gemetaran, apalagi mengangkat sekarung beras” memaki seraya mengambil segelas teh dengan tangan yang juga gemetaran.

MAYA tersenyum manis dan giginya sudah raib semua.

AMAT

“Makanya kalian itu harus sering sering minum susu kalsium seperti aku!” seraya mengambil segelas teh diatas meja yang juga dengan tangan yang sama saja gemetaran.

NINI

“NING, PR matematikanya sudah dikerjakan”

NINING

“Sudah mah”

VO. Bunyi bel beberapa kali

AMAT. MAYA. NINI dan NINING tenang tenang saja seperti tidak mendengar apapun.

AMAT

“Aku sepertinya mendengar suara bel?”

NINI

“Ah, aku tidak mendengar apa apa, kamu mendengar MAY?”

MAYA

“Apa nyah?”

NINI

“Kamu mendengar suara bel tidak!! Budek!!” teriak keras.

MAYA menggeleng

NINING

“Kita buka saja pintunya, kok segitu saja repot” seraya bangkit dan menuju pintu dapur.

NINI

“NINING!! Pintu depannya sebelah sana, dasar rabun!!”

NINING

“Oh ya, lupa” seraya berbalik arah menuju pintu depan dengan tergopoh gopoh.

NINI

“Pa, ini ruangan kok sepertinya gelap yah, lampunya 5 watt apa 10 watt sih?”

AMAT

“Ini bola lampu 100 watt mah!”

CUT TO

03. INT. RUMAH KELUARGA REOT : RUANG TAMU. MALAM

NINING. ANDI

NINING membuka pintu dan ANDI sudah berada dibalik pintu.

NINING menegaskan wajah ANDI dengan seksama.

NINING

“Siapa yah?”

ANDI

“Ini ANDI, NING”

NINING

“Oh pak RW, cari bapak yah. Silahkan masuk pak” seraya membalikan badan dan move.

ANDI

“NINING tunggu dulu” memanggil NINING tapi NINING terus ngeloyorkedalam.

CUT TO

04. INT. RUMAH KELUARGA REOT : RUANG KELUARGA. MALAM

NINI. AMAT. NINING

NINING kembali keruang keluarga.

NINING

“Papa, ada pak RW WANDI tuh”

AMAT

“Oh ya” seraya bangkit dan move.

CUT TO

05. INT. RUMAH KELUARGA REOT : RUANG TAMU. MALAM

AMAT. ANDI

AMAT langsung menghampiri ANDI

AMAT

“Pak RW, silahkan duduk pak, kok malah berdiri saja” seraya memberikan salam.

ANDI

“Saya ANDI pak”

AMAT

“Apa?” seraya mengambil kaca mata tebal dari saku bajunya kemudian memakainya.

AMAT mengamati dengan kaca mata tebalnya.

AMAT

“ANDI toh, dikira siapa, silahkan duduk DI. Sebentar bapak panggil MIRNAnya” seraya move.

ANDI

“Iya pak”

CUT TO

2. Keluarga Reot (serial II)

Judul : Keluarga Reot
Jenis : Serial Komedi
Durasi : 45 menit
Halaman : 38 halaman

Contoh Sinopsis pendek, dan scene ending.




KELUARGA REOT

Cerita dan skenario : Danrhama

SINOPSIS

Keluarga reot sama denga keluraga keluarga sederhana dan bahagia lainnya yang terdiri dari : Ayah, Ibu, anak. Tapi dalam kelurga reot semua diperankan oleh para manula

Pakaian dan tingkah laku mereka semua wajar sebagai sifat sifat tokoh diusiannya. Sebagai salah satu contoh MIRNA adalah anak perempuan NINI yang masih duduk dibangku SMU. Kegenitan dan gejolak puberitas ABGnya begitu menonjol. Tapi tidak menghilangkan sifat sifat manulanya sebagai bumbu komedi. Lingkungan dan teman teman KELUARGA REOT diparankan oleh beragam usia sesuai




20. EXT. RUMAH KELUARGA REOT : HALAMAN DEPAN. SORE

TUKANG BAKSO. PARA PEMBELI (PIGURAN)

TUKANG BAKSO berpakaian rapi dan mengenakan dasi.

TUKANG BAKSO memukul mukul mangkok dengan sendok dengan tak henti henti.

TUKANG BAKSO menengok rumah keluarga reot dengan gelisah

Datang seorang PEREMPUAN SEKSI pelanggan.

PEREMPUAN SEKSI

“Beli basonya mas”

TUKANG BAKSO

“Habis”

PEREMPUAN SEKSI

“Habis kok mangkuknya masih dipukul terus”

TUKANG BAKSO

“Biarin!!”

PEREMPUAN SEKSI

“Sinting!!” berbisik seraya move.

TUKANG BAKSO melanjutkan memukul mangkok.

CUT TO

21. INT. RUMAH KELUARGA REOT : KAMAR NINI. SORE

NINI

VO. Suara dentingan mangkuk yang tak kujung berhenti.

NINI sedang tidur.

NINI teganggu oleh suara dentingan itu.

NINI beranjak mengambil tongkat kemudian melemparkan tongkat itu dari jendela kamar kearah TUKANG BASO

VO. TUKANG BASO

“Aduh!!”

VO. Gerobak bakso yang juga tertimpa tongkat ajaib

“Gdubrak”

NINI

“Tukang bakso sinting!!”

FADE OUT

FADE IN

23. INT. RUMAH KELUARGA REOT ; RUANG KELUARGA. MALAM

AMAT

AMAT sedang asik menonton film TITANIC di televisi.

CUT TO

22. INT. RUMAH KELUARGA REOT : RUANG MAKAN. MALAM

ARIL. AMAT. NINING. RIA

ARIL sedang makan malam dimeja makan.

RIA mengantarkan air putih kemeja.

RIA

“Den PEPEN, ini air putihnya”

ARIL

“Terima kasih BI, eh ngomong ngomong jangan ngikutin mamah dong, pangil saya pake PEN segala”

RIA

“Iya, maaf”

AMAT datang dan langsung mengambil kursi dan duduk dekat ARIL.

AMAT

“RIA, buat kan saya susu yang gede yang”

RIA

“Baik pak PEPEN” seraya move kedapur.

ARIL

“Pak, susu apa yang gede?”

AMAT

“Maksudnya bikin susu murni, pakai gelasnya yang gede”

ARIL

“Saya pikir susu RIA yang…”

AMAT

“Hus!!, Pikiran mu itu ngeres tau” memotong omongan ARIL.

ARIL terdiam.

AMAT

“RIL kayaknya bapak lagi puber ke4 nih”

ARIL

“Memangnya kenapa?”

AMAT

“Kalau bapak melihat RIA, bapak ingat mamamu waktu masih muda. Apalagi kalau melihat RIA habis mandi dan hanya mengenakan handuk. Huh..!! bapak jadi terbayang body mama kamu waktu malam pertama”

ARIL

“Hus!! Ngeres”

AMAT

“He…he…lupa”

ARIL

“Pah, kening papa kenapa sih, kok diperban gitu?”

AMAT

“Papa juga sedikit lupa, kata mama kamu sih papa mulai minum lagi. Lalu disaat pulang kerumah papa jatuh dan terbentur pintu”

ARIL

“Apa benar begitu?”

AMAT

“Papa juga tidak yakin, sepertinya papa sama sekali tidak minum. Minum dimana yah” seraya menggaruk kepala mengingat ingat.

ARIL

“Coba ingat ingat”

AMAT

“Yang papa ingat sih, semalam papa berlayar dengan kapal TITANIC. Papa terjatuh dan kepala papa terbentur pecahan kapal ketika kapal TITANIC tenggelam. Papa sedih karena kekasih papa tenggelam dilaut”

ARIL

“Kapan papa berlayar dengan kapal TITANIC”

AMAT

“Semalam, rekan bisnis papa telpon dan dia bilang ada urusan bisnis dilampung. Jadi papa langsung kelampung naik pesawat kemarin siang”

ARIL

“Loh kok pesawat”

AMAT

“Iya...! pulangnya papa baru naik kapal laut sampai merak, dan ditengah lautan kapal TITANIC menabrak sekumpulan ikan ikan teri, kemudian tenggelam”

ARIL

“Memangnya TITANIC tenggelamnya dilaut mana sih pak?”

AMAT

“Aduh!! Kamu itu goblok banget sih, TITANIC itu tenggelamnya diselat sunda”

ARIL

“Ooo…, begitu, he…he…”

VO ARIL

“Elu yang bego!!” memaki.

AMAT

“Kamu ngomong apa RIL?!!” marah.

ARIL

“Apa?”

AMAT

“Walaupun papa sedikit bolot tapi bapak bisa membaca pikiranmu, dosa besar kalau kamu bicara bego, apalagi sama papamu!!” seraya beranjak (Kesal)

ARIL bengong seraya mangap, sampai sampai makanan yang sedang dikunyahnya bleberan didagunya.

AMAT

“Dasar luh, anak bego!!” move

ARIL

“Gila! Hebat juga ilmu bapak gua!!”

FADE OUT

FADE IN

23. INT. RUMAH KELUARGA REOT : RUANG KELUARGA. MALAM

ARIL. AMAT. NINING.NINI. MIRNA

ARIL, AMAT, NINING dan MIRNA sedang menonton acara televisi.

NINI datang.

ARIL

“Mah, filmnya bagus judulnya TITANIC. Mau nonton tidak”

NINI

“Ah, film itu sudah diputar 10 an kali kok, bosen”

VO. Suara bel.

NINING langsung beranjak.

NINING

“Biar aku yang buka pintunya”

CUT TO

24. INT. RUMAH KELUARGA REOT : RUANG DEPAN. MALAM

NINING. ANDI

NINING membuka pintu depan.

Dari balik pintu muncul sesosok lelaki dengan menggunakan helm, prisai pengki, skin pengaman kaki untuk main bola, sarung tangan dan pengaman tubuh lainnya.

NINING

“Oh.., kak ANDI, masuk kak”

ANDI hanya terbengong.

S E L E S A I



Internet sebagai Sarana Pendidikan

Internet khususnya video tidak hanya digunakan sekedar media senang-senang, tetapi perlu dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan yang jauh lebih bermanfaat, dengan internet masyarakat bisa memanfaatkan media tersebut sebagai sarana pendidikan.

Seperti yang kita ketahui bahwa Internet adalah singkatan dari "Inter Connected Network" yang banyak digunakan sebagai alat untuk mencari informasi,berkomunikasi, dan untuk  jejaring sosial. Tetapi bukan berarti internet tidak memiliki manfaat di dalam dunia pendidikan.


Contoh Internet dalam dunia pendidikan

  1. Mencari informasi : Mencari informasi tentang berbagai hal didunia pendidikan,seperti perubahan kurikulum disetiap tahunnya,berbagai contoh dan cara mengerjakan soal ulangan maupun UN untuk semua bidang studi.
  2. Berkomunikasi / Jejaring sosial: Berkomunikasi dengan orang di berbagai pelosok dunia,melalui jejaring social seperti:E-mail,facebook,twitter,dan lain-lain.
  3. Sebagai sarana pembelajaran: Belajar berbagai hal mulai dari materi yang dipelajari saat ini disekolah,yang telah berlalu,dan yang belum dipelajari
  4. Sebagai sarana untuk mencari Beasiswa : Mendapatkan informasi tentang Beasiswa yang dikeluarkan oleh Pemerintah disetiap tahun/semester, baik itu diluar sekolah maupun didalam sekolah.
  5. Internet sebagai sarana pendidikan jarak jauh : Pendidkan jarak jauh artinya kita tidak harus selalu berada disatu tempat untuk menyelenggarakan pendidikan. Dengan internet kita dapat mengakses situs Web selama 24 jam sehari, tak peduli dimana pun kita berada.

Internet dalam Kegiatan Belajar

Fred S Keller, teknolog pendidikan era tahun 1960-an mengkritik penerapan metode-metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik perharian peserta didik. Menurut dia, peserta didik harus diberi akses yang lebih luas dalam menentukan apa yang ingin mereka pelajari sesuai minat, kebutuhan, dan kemampuannya. Dikatakannya pula bahwa guru bukanlah satu-satunya pemegang otoritas pengetahuan di kelas. Siswa harus diberi kemandirian untuk belajar dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar.

Mungkin jika dilihat dari segala manfaatnya,kita terus berfikir internet itu sangat berarti dalam dunia pendidikan. Tapi pernakah dalam pikiran anda muncul pertanyaan, apakah internet itu dapat berdampak negatif juga di dunia pendidikan? Jawabnya : Ya, tentu sebab jika dilihat dari beberapa kasus, sudah banyak pelajar baik itu perempuan maupun laki-laki yang terjerumus dalam perilaku sewenang-wenang, pemerkosaan,pencurian,dan lain sebagainya.

Dengan kemajuan teknologi tersebut termasuk internet, bukan berarti kita harus lupa waktu  dalam belajar dan lupa untuk beribadah.dan kita juga harus ingat jangan sampai kita terjerumus untuk
mendownload dan melihat situs-situs yang tidak layak seperti situs porno dan lain-lain. Kita sebaiknya menggunakan internet dengan niat yang baik bukan untuk belajar dan terjerumus dalam pergaulan bebas.