Tutorial Mendapatkan Dollar dengan LinkShrink

Internet bukan hanya sekedar untuk mencari Informasi atau hanya bermain media sosial, karena dengan Internet maka bukan tidak mungkin uang akan mengalir ke kantong kita

Tutorial Buat RDP Windows 10 di Digital Ocean

sebelum instalasi kita sudah memiliki akun DigitalOcean, jika belum bisa membeli akun digitalocean atau membuat sendiri akun digitalocean menggunakan kartu kredit atau paypal.

Langkah memakai OBS

Langkah memakai OBS untuk screen recording tidak sepanjang untuk streaming. Relatif lebih mudah..

Sampingan Guru Menjadi Blogger Sukses

Apa salahnya seorang guru menjadi blogger? Bukan hal yang aneh, sebab ini bisa menjadi kerja sampingan guru yang menjanjikan. Karena pekerjaan seorang blogger bisa di lakukan siapa saja, kapan saja dan di mana saja.

Termasuk seorang guru yang notabene mempunyai hobi menulis atau menyampaikan mata pelajaran kepada muridnya, bisa di tuangkan kedalam tulisan ke dalam blog dan menjadi sebuah arsip yang bisa dibuka kapan saja.

Lantas apakah hal ini bisa menjadi sumber uang sebagai penghasilan tambahan? Tentu saja bisa banget..Baiklah, mari kita lanjutkan artikel ini.

Merupakan moment yang sangat tepat jika kerja sampingan guru adalah membuat blog, sebab sebagian materi sudah barang tentu di kuasai. Seorang guru setiap hari sudah bergumul dengan mata pelajaran yang di sampaikan sehingga materi tersebut terkadang hafal di luar kepala.

Alangkah baiknya jika di arsipkan dan dikumpulkan dalam satu wadah yang di sebut dengan blog. Dengan begitu seorang guru bisa berkarya dan memberikan penghasilan tambahan.
Lantas bagaimana seorang guru menghasilkan uang dengan blog?

Sebagai seorang pembelajar tentunya sudah sangat akrab sekali dengan hal menulis, apakah anda tahu jika setiap tulisan yang anda buat bisa di jadikan uang?

Baiklah, setiap tulisan yang dikumpulkan setiap hari akan berkembang menjadi sebuah kumpulan artikel. Dan jika artikel tersebut sudah banyak akan berpeluang memancing pengunjung untuk datang dan mencari artikel yang di butuhkan.

Semakin banyak artikel yang bermanfaat, akan semakin banyak mendatangkan pengunjung. Dari sinilah akan tercipta trafik sehingga kondisi blog akan menjadi ramai oleh visitor. Dari trafik inilah uang akan dihasilkan.
Kok bisa?? Dibawah ini penjelasannya.
Menghasilkan uang dari monetisasi blog

Salah satu hal yang berpotensi untuk menghasilkan uang dari blog dan sebagai kerja sampingan guru adalah memonetize blog tersebut. Silahkan daftarkan blog anda ke Google adsense dan jika blog di setujui, anda sudah bisa memulai mendulang dolar dari blog anda sendiri. Ini adalah peluang usaha baru .

Tentunya blog yang di daftarkan harus memenuhi kriteria dan ketentuan dari google adsense dan tidak melanggar TOS. Jika artikel yang dimuat adalah bahan pembelajaran dan seputar ilmu pengetahuan, maka kemungkinan besar akan segera mendapat persetujuan dari Tim Adsense.
Apakah seorang guru mempunyai banyak waktu untuk mengelola blog?

Untuk menjadi seorang blogger sukses tidaklah dibutuhkan waktu seharian penuh buat mengurus blog, kita bisa mengerjakan blog manakala ada waktu luang atau waktu longgar setelah tugas utama menjadi guru.

Bahan atau materi posting bisa berkembang dengan sendirinya berdasarkan pengalaman mengajar atau pengalaman lain yang berhubungan dengan sekolah.
Mengapa saya begitu antusias bahwa menjadi blogger adalah kerja sampingan guru yang menjanjikan?

Saya mempunyai paman, dia setiap hari mengajar di sebuah sekolah swasta di kota saya. Hobinya memang menulis dan dia salurkan melalui blog, saat ini rutinitas tersebut sudah di jalani selama hampir 3 tahun.

Dan sampai saat ini pula sudah menerima beberapa kali pembayaran dari google adsense. Jumlahnya cukup fantastis, sehingga saat ini beliau bertambah rajin untuk menulis artikel setiap hari.
Penutup

Kerja sampingan guru menjadi seorang blogger sebenarnya bukan menjadi keharusan, tetapi jika mempunyai waktu luang bisa kita manfaatkan untuk hal hal positif dan tentunya menghasilkan.

Saya dulu juga seorang murid, dan ingin berbagi pengalaman bermain google adsense untuk ibu atau bapak guru, semoga ada seorang guru saya yang membaca artikel ini.

Hormat saya kepada beliau… yang telah mendidik untuk hal hal yang berguna bagi banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Orang IT.. Bisnis ini layak dicoba

Beberapa bisnis teknologi dibawah ini yang paling menjanjikan di tahun 2018. Mungkin saja ada yang cocok dihati untuk diperjuangkan nih.

1. CONSULTANT SOSIAL MEDIA
Banyak pengusaha memakai sosial media untuk membuat bisnis mereka meledak. Pada tahun 2016 saja pengguna internet di Indonesia mencapai angka hampir 80 juta jiwa. Masyarakat Indonesia bukan lagi masyarakat yang buta akan teknologi. Pemilik bisnis ini membutuhkan konsultan sosial media untuk bisnis mereka. sosial media mampu meningkatkan brand awareness dan kualitas bisnis. Dari soscial media perusahaan menjadi lebih dekat dengan konsumennya. Untuk membuat sosial media ini bekerja tepat sasaran dan mampu memperluas pangsa pasar maka dibutuhkan kemampuan konsultan sosial media untuk bisnis anda.


2. SERVER BUILDING

Bisnis teknologi yang peminatnya masih minim walaupun peluangnya amatlah besar. Server building dibutuhkan untuk membangun penyimpanan perangkat lunak dan perangkat jaringan milik sekolah, perusahaan atau institusi apapun yang menggunakan koneksi internet dan telepon. Sayangnya hingga kini jarang ada perusahaan yang menyediakan jasa server room. Tentu perlu kemampuan komputasi yang mumpuni untuk membangun bisnis jenis ini.


3.WEB DEVELOPER

Sama halnya dengan sosial media, kebutuhan akan website juga sangat tinggi. Walaupun sudah menyediakan laman sosial media sendiri untuk kebutuhan promosi namun dengan adanya website khusus produk anda akan meningkatkan reputasi produk dimata konsumen. Inilah yang membuat peluang bisnis sebagai web developer juga terbuka lebar. Web developer merupakan seseorang yang menciptakan aplikasi web dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini bisa berupa javascript, python,C++ dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun harga setiap website dipatok cukup tinggi bahkan ada yang sampai puluhan juta. Sayangnya waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan sebuah website ini lumayan lama tergantung fitur – fitur yang dibutuhkan dan tampilannya. Seorang web developer paling tidak harus memahami database Oracle, MySQL dan server side PHP,Ruby dan masih banyak lagi lainnya.


4. E-COMMERCE

Bisnis yang satu ini merupakan perdagangan elektronik berupa penjualan, pembelian, penyebaran hingga pemasaran barang dan jasa dengan sistem elektronik. Manfaatnya banyak sekali mulai dari mempermudah penjualan dan pembelian juga mempermudah pembayaran karena berbasis online. Ada beberapa jenis e-commerce yang dikenal saat ini diantaranya ialah business to consumer (B2C) yakni bisnis yang dilakukan oleh pemilik bisnis dengan konsumen seperti menjual produk secara online. Ada pula e-commerce business to business (B2B) yaitu bisnis yang dilakukan oleh dua instansi dimana keduanya saling mengetahui proses bisnis yang dilakukan seperti ketika dua perusahaan melakukan transaksi jual beli online.


5. CONSULTANT IT SECURITY

Bisa juga disebut konsultan keamanan khusus IT yang tak kalah penting dibanding bisnis teknologi lainnya. Apalagi jika perusahaan anda sekelas perbankan yang membutuhkan keamana n tingkat tinggi untuk menjaga keamanan rekening nasabahnya dari hacker yang berusaha mencuri uang nasabah. Konsultan keamanan IT juga berperan penting dalam melindungi data yang menyangkut identitas konsumen agar tidak disalah gunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Virus Komputer dan Cara Mencegahnya

Virus Komputer adalah program / aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan dirinya pada program dan data lainnya . biasanya user tidak mengetahui jika komputer yang di milikinya terjangkit virus sampai salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer tidak bisa di jalankan.

Cara Pencegahan Virus Komputer
Simpan data pribadi anda di layanan penyimpanan cloud
Simpan data pribadi anda di email dengan enkripsi Two Factor Authentication

Berikut merupakan beberapa langkah pencegahan yang dapat anda lakukan dibawah ini:

1. Simpan data pribadi anda di layanan penyimpanan cloud

Banyak langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan hacker yang akan menimbulkan kerugian besar pada aset yang telah anda rahasiakan selama ini. Dan salah satu cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi yaitu, dengan menyimpan data pribadi anda di layanan penyimpanan cloud seperti google drive, dropbox, dan sebagainya. Dan untuk menjamin keamanan data anda di google drive, maka anda dapat menambahkan enkripsi Two Factor Authentication, yang merupakan layanan yang menawarkan perlindungan ketat dari para hacker yang ingin menyusupi akun google drive anda.

2. Simpan data pribadi anda di email dengan enkripsi Two Factor Authentication

Pada poin pertama dalam langkah pencegahan diatas, kita sudah membahas tentang enkripsi Two Factor Authentication yang terintegrasi dengan google drive. Dan langkah selanjutnya anda juga dapat menyimpan data pribadi anda di akun gmail yang telah anda buat. Dalam hal ini, mungkin anda akan merasa penasaran dengan apa yang kami maksud, dan mengapa kami merekomendasikan layanan penyimpanan yang terintegrasi dengan enkripsi Two Factor Authentication. Tapi sebelumnya, tahukah anda bahwa google memiliki sistem verifikasi dua langkah yang dapat membuat akun gmail, maupun google drive anda menjadi aman? Jika anda belum mengetahui secara jelas apa yang kami maksud, maka anda dapat membaca ketentuan yang terdapat pada google 2 step verification

Nah, itulah beberapa jenis virus yang dilancarkan oleh hacker beserta langkah pencegahan yang dapat anda lakukan untuk mengamankan data anda. Dan kami berharap bahwa artikel ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca. Dan atas perhatian dari para pembaca, maka kami mengucapkan banyak terima kasih. Good luck guys. Semoga hari anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Jenis Virus Komputer :

  • Trojan. 
  • Worm. 
  • Memory Resident Virus. 
  • Multipartite Virus. 
  • FAT Virus. 
  • Directory Virus. 
  • Macro Virus. ...
  • Boot Sector Virus.

Pengertian Mind Map atau Peta Konsep dan Aplikasinya


Peta pikiran adalah cara mudah untuk melakukan brainstorming pikiran secara organik tanpa mengkhawatirkan ketertiban dan struktur. 

Ini memungkinkan untuk menyusun ide-ide secara visual untuk membantu analisis dan mengingat. Peta pikiran adalah diagram untuk mewakili tugas, kata-kata, konsep, atau item yang terkait dengan dan disusun di sekitar konsep sentral atau subjek menggunakan tata letak grafis non-linear yang memungkinkan pengguna untuk membangun kerangka kerja intuitif di sekitar konsep sentral. 

Peta pikiran dapat mengubah daftar panjang informasi monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat teratur yang bekerja sesuai dengan cara alami otak kita dalam melakukan berbagai hal. Peta pikiran dapat digunakan sebagai sistem manajemen konten yang disederhanakan (CMS). Ini memungkinkan untuk menyimpan semua data di lokasi terpusat untuk tetap teratur. 
Dengan berbagai program perangkat lunak pemetaan pikiran hari ini, kita dapat melampirkan file ke cabang yang berbeda untuk fleksibilitas yang lebih tinggi. dan kita juga dapat mengubah ke berbagai tampilan berbeda untuk menemukan yang paling sesuai menurut selera masing masing.

Contoh Peta Konsep :


Apapun profesinya: pelajar, manager, penulis, mahasiswa, pengusaha, atau profesi-profesi lainnya, kita bisa mengambil banyak manfaat dari penggunaan metode mind mapping ini untuk meraih kesuksesan.

Beriklut Aplikasi Mind Mapping yang bisa digunakan secara gratis beseerta dengan contoh mind map nya :


Xmind merupakan mind mapping software yang memiliki fitur lengkap. Software ini sangat mudah untuk digunakan. Walaupun XMind merupakan versi gratis dari XMind Pro, namun fiturnya terbilang paling lengkap dari software mind mapping gratis lainnya. Dengan XMind, bisa membuat Mind Map, Fishbone Diagram, serta spreadsheet. Dilengkapi dengan fitur markers, inline notes, serta hyperlink/attachments..XMind sangat mempermudah dalam melakukan brainstorming.


Setelah selesai membuat mind map, kita bisa mengupload mind map di xmind share. juga bisa mengembed mind map di situs atau blog yang dimiliki. Selain itu, mind map yang dobuat di XMind juga bisa di ekspor ke format software mind mapping populer lainnya seperti FreeMind atau MindManager. Menarik sekali bukan? 
Silahkan download XMind secara gratis disini

XMind tersedia dalam versi Windows, Mac OS, Debian/Ubuntu, serta versi portabel.


Banyak para profesional yang menggunakan FreeMind sebagai software mind map mereka. Hal ini tidaklah mengherankan karena fungsi dan fitur dari FreeMind sangatlah lengkap. Namun demikian, memang secara tampilan software ini masih lebih sederhana jika dibandingkan software mind map gratis lainnya.


Software mind map yang sangat populer ini didownload oleh lebih dari 4000 orang setiap harinya. Hal ini membuktikan bahwa FreeMind bisa menjadi software mind mapping gratis. 
Silahkan download FreeMind disini. FreeMind tersedia dalam versi Windows, Linux, Mac OS, serta binary untuk sistem operasi lainnya.


Cara membuat mind map dengan Edraw MindMap tergolong sangat mudah. Hal ini karena Edraw MindMap merupakan software pembuat mind map instan yang dilengkapi dengan fitur Smart Drawing Guide. Dilengkapi dengan banyak sekali template, style, efek dan banyak contoh mind map dalam berbagai topik, membuat Edraw MindMap menjadi software Mind Mapping yang cocok bagi pemula.


Sebenarnya MindMeister bukanlah sebuah software, tetapi merupakan sebuah web aplikasi yang menyediakan layanan Mind Mapping online. Dengan mendaftarkan diri secara gratis, kita bisa menikmati fitur import, collaborate, share serta layanan MindMeister hingga 3 mind map.

Kelebihan layanan Mind Map online dibandingkan dengan software Mind Map adalah kemampuannya untuk mengkolaborasikan Mind Map dengan teman atau tim kerja. MindMeister mendukung juga untuk beberapa perangkat mobile seperti iPad, iPhone serta Android.

Bagi yang ingin menikmati layanan mind mapping online dari MindMeister, cukup daftarkan di layanan MindMeister Basic disini.

Demikianlah Pengertian Mind Map atau Peta Konsep dan Aplikasinya semoga bermanfaat. Bagi saya, metode mind mapping sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan dan project yang sedang saya kerjakan.

Tutorial Membuat Aplikasi Android

Cara Membuat Aplikasi Android
Membuat Aplikasi Android
Pada Tutorial kali ini penulis akan mencoba membagikan tips mengenai Aplikasi Android, instalasi eclipse, layout android, linear layout, relativelayout sederhana, table layout, android dasar, menampilkan gambar, membuat teks autocomplete, membuat kotak dialog, android widget, membuat check box, radiobutton, menggunakan list view, menu pada android, memanggil activity, background service, multimedia audio, mengakses sound, multimedia video, membuat database, android gps, google map, android dan php, login menggunakan php, login menggunakan database, android dan mysql, compass android, analog compass, sensor android, camera android, bluetooth android dan masih banyak lagi hal yang berbau android, insyallah semua tips diatas akan penulis coba bagikan sedetail mungkin, jika dirasa pusing tuk membaca nya satu persatu silahkan subscribe, penulis akan kirimkan ke emailnya masing masing untuk kelanjutan tutorial tips android zaman now.

Dengan mengikuti Tutorial kali ini dijamin kita semua akan dapat informasi mengenai kesulitan mencari source code, jadi penulis mohon maaf, jika nanti tutorial ini bersambung karena banyaknya informasi seputar android, mulai dari nol sampai menghasilkan dollar tentunya :)

Penulis tidak bisa memberikan garansi akan berhasil nantinya, itu semua tergantung ketekunan dan usaha dari kita masing-masing dalam memanfaatkan apa yang sudah dibagikan ini. Jika butuh support dan mau belajar insentif lebih lanjut tentang aplikasi android. silahkan cari di menu searching sesuai keyword yang diinginkan.
Kita mulai dulu dari pengertian makhluk yang bernama Android..
Apa itu Android..?

Menurut Wikipedia, Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet, jadi Android merupakan sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS.

Penampakan nya bisa dilihat seperti berikut ini:
Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.

untuk lebih detailnya silahkan baca disini, hehehehe

Sekarang kita mulai tutorial pertama, yaitu Reskin Android

Apa itu Reskin Aplikasi Android? Secara mudahnya Reskin itu adalah mengganti asset gambar, asset suara bahkan iconnya dari Source Code aslinya. 

Trusss.. Kenapa Harus Reskin? 

Karena kalau mau membangun sebuah aplikasi dari nol itu membutuhkan amat banyak waktu, tenaga dan pikiran, belum lagi dengan banyak bug yang bermunculan dan harus di benahi Jadi dengan Reskin maka kita tak perlu lagi membangun sebuah Aplikasi android dari nol dan kita hanya mengganti kulitnya saja. setelah kulit terganti kita bisa masukkan kode iklan dari akun adomb kita, selanjutnya saat aplikasi / game hasil reskin kita didownload orang dan dibuka, iklan akan muncul di aplikasi tersebut, wueeeedaaannn
saat iklan di klik, tentu saja dapat uang dari sana. 

Reskin app adalah cara yang berhasil dan terbukti menghasilkan bagi penulis, yaaa, meskipun untuk penghasilan pertama dari admob/adsense butuh waktu 4 bulan. Tapi penulis yakin ini bakal berkelanjutan, karena app/game bakal kita tambah terus di playstore. 

Adapun Kunci dari reskin adalah harus sabar dan tekun, karena belum tentu berhasil hanya dari 1 aplikasi yang kita upload di playstore. Kalau cara penulis, bermain quantity. Artinya tekun reskin tiap minggu untuk upload di playstore, aplikasi tersebut sudah direskin include dengan kode iklan dari 1 akun id admob yang sama. rata rata ada 4 aplikasi yang penulis upload tiap minggu, dari banyaknya aplikasi yang di reskin dan upload, insyallah ada duitnya. sedikit demi sedikit lama lama jadi sembelit.

Tapi penulis punya beberapa aplikasi yang terkumpul terkumpul hasil impresi dan duitnya. hahahaha 

Apa kah admob? tanya lagi kan...

Admob adalah salah satu layanan periklanan google yang dikhususkan untuk aplikasi mobile, Android ataupun IOS. Cara Mendaftar Admob sangat mudah jika dibandingkan mendaftar Google adsense. kita hanya menyiapkan akun gmail baru dan kemudian langsung mendaftar Google Admob. Trus... 

Apakah wujud dari Android Studio, Eclipse, Unity 3D? 

Android Studio dan Eclipse adalah IDE java dikhususkan untuk pembuatan aplikasi android. Dan disini kita akan menggunakannya untuk reskin, yaitu membuka dan mengedit SourceCode android. Sedangkan unity dikhususkan untuk pembuatan game 3D. Lantas kita harus mulai darimana? 

Yang pertama kita lakukan adalah mempelajari materi-materi tentang reskin, bisa nyolong di blog penulis ini, atau nyolong do blog tetangga, seterah, yang penting halal, hihihihihi

E-book atau video akan penulis bagikan dibawah artikel ini. Jadi jangan lupa belajar langsung dari mbahnya admob, alias Google, perpustakaan terbesar yang paling lengkap. Kita cari apa yang ingin diketahui disana. 

Siap Praktek? 

Penulis sudah kumpulkan ratusan source code premium dan berkualitas yang siap kita reskin. jika BC (Butuh Cepat) Callme Masri

Langkah langkah nya: 

  1. Install Android Studiod atau Eclipse atau Unity 3D sesuai dengan source code yang dipilih untuk di Reskin, cara instalnya silahkan cari di menu search dengan keyword: "cara install Eclipse”, “cara intall Android Studio” atau “cara install Unity3D”. 
  2. Daftar Akun Admob. Siapkan akun Google masing-masing, pinjam juga boleh, nanti hasilnya kita bagi rata ya..?, kemudian Klik https://apps.admob.com/signup/ 
  3. Daftar Akun Google Play Developer, akun ini tidak gratis, tapi berbayar $25 untuk selamanya. Daftar akun google play developer DISINI:  Untuk pembayarannya menggunakan Credit Card, jika tidak punya bisa cari jasa membuat akun google play developer, atau beli ke tetangga yang jualan akunnya.
  4. Reskin aplikasi yang dipilih hingga menjadi sebuah pack apk yang siap untuk di upload di Playstore. Silahkan ganti semua yang ada di pack source code sesuai selera masing masing, seperti nama aplikasi ,icon, package name serta asset2nya (gambar, background, dll). Saat reskin nanti ganti juga ID iklan admob dari akun masing masing. Untuk cara membuat id iklan silahkan cari di menus search di google. mudah kok, cukup ketik trus enter..... :)
  5. Setelah menjadi apk ambil capture dari apk yang telah reskin, untuk nanti di upload juga ke playstore. Siapkan juga icon yang menarik perhatian orang lain untuk penasaran dan klik/install aplikasi. 
  6. Siapkan deskripsi applikasi / game yang telah direskin. Langkah yang sangat penting karena deskripsi dapat menentukan aplikasi tampil di halaman pertama. 
  7. Setelah Apk, ScrrenShot, Icon, Deskripsi App/Game sudah ready, silahkan upload ke playstore
  8. Saat upload ke playstore perhatikan apakah app/game agan mengandung gambar copyright apa tidak. Karena sangat rawan kena suspend, pesan penulis, jangan asal comot gambar sembarangan dari google dengan copyright yang tinggi, seperti memasukkan gambar artis atau orang terkenal. Jika masih mau menggunakan gambar copyright, ada baiknya di edit dulu di sotosop. 
  9. Setelah aplikasi / game terupload di playstore, saatnya tunggu orang untuk mendownload dan membuka aplikasi / game kita. Saat orang tersebut klik iklan disana. Otomatis kita dapat penghasilan. Jika ingin aplikasi tersebut banyak di download. kita bisa optimasi, seperti dengan mnegiklankan di facebook atau Adword. minta bantuan rekan senasib seperjuangan, saudara, atau keluarga untuk mendownloadnya. dan yang paling terpenting, kita sendiri jangan download dan buka apalagi sampai klik sendiri di smartphone kita. Pasti bakalan kena banned. hmmmmm... Jadi Intinya harus rajin dan tekun, jangan malas untuk reskin. Pasang target misal seperti penulis, minimal dalam seminggu harus dapat 1 aplikasi atau game untuk di upload. dengan cara seperti itu, semakin banyak aplikasi yang kita upload, makin besar juga dollarnya mengalir.
  10. Duduk Standbye menunggu Update Tutorial selanjutnya.. hahahahaha
Pesan penulis, terus belajar, tetap tekun dan jangan mudah putus asa, apalagi putus data, jika gagal dengan apa yang telah dilakukan, segera cari tahu apa masalahnya dan usahakan dapat solusinya. Semoga

Tips Cari Dana Untuk Buat Film

Tips Cari Dana Untuk Buat Film
Film Dokumenter Jejak Kambang Muaralabuh
Membuat film itu diperlukan biaya yang cukup besar jika film itu dibuat untuk komersial atau bisa dibilang buat tayang dibioskop. Berbeda halnya dengan film pendek yang tidak memerlukan biaya sebesar yang film komersial, namun tetap sama membutuhkan biaya, dan biaya inilah yang menjadi penghadang terbesar saat ingin memproduksi sebuah film.
Bagaimana jika dana yang dimiliki masih kurang untuk mendanai biaya produksi mau tidak mau iya harus mencari dana lain
Berikut Penulis bagikan Tips Cari Dana Untuk Buat Film yang dirangkum dari berbagai sumber

  1. Nge-Pitch Ke Production House. sudah sering dibahas cara "How to Pitch" dan "Pitch Keterima! What's Next?” Jangan lupa siapkan beberapa project saat Pitch Meeting. jadi jangan cuma mengandalkan satu film saja.
    Pitch Ke Production House
  2. Pemerintah Daerah atau Pemerintah (in general). untuk tips ini pernah coba. Film-film yang biasa penulis produksi adalah film-film "anak sekolahan". tidak cocok untuk diajukan ke pemda. Tetapi banyak pemda yang punya anggaran untuk ngiklankan daerah mereka. Jadi cerita film kita biasanya harus ada korelasi dengan sejarah, budaya dan/atau wisata daerah itu.

    Pesisir Selatan
  3.  Orang Kaya Tapi Pengen Terkenal. Banyak orang jaman sekarang yang mau terkenal karena memang jadi orang terkenal itu banyak keuntungannya juga. Meskipun nanti kita kena kasus stresnya bisa minta ampun dan di caci orang sana sini. Tapi silahkan coba cari orang-orang yang seperti ini dengan cara cari informasi kemana-mana. Jadi orang yang sosial. Pergi ke event-event sana sini. Bukan hanya event film. Tapi event-event dimana banyak orang kaya khususnya di daerah luar kota. Kalo sudah dapat, kita buatkan cerita yang SEBAIKNYA meskipun mereka atau keluarga mereka akting juga di film itu, bisa juga film yang bercerita tentang kehidupan mereka atau bisa menceritakan tentang bisnis mereka. Silahkan cari ketertarikan mereka apa. Dari situ kita bisa tahu sebaiknya cerita apa ke mereka untuk film.
  4. Buat Sekolah Film Yang Mahal. Kalo pembaca jadi sutradara/penulis/produser yang sudah establish di industri, menggunakan nama kita untuk mendirikan sekolah film/akting terus ujungnya buatan murid-murid yang bayar puluhan sampai ratusan juta film layar lebar itu SANGAT SAH. Kan kita nggak maling uang mereka.
  5. Grand Festival. Kirimkan project dan skenario ke festival-festival dan film funding program di dunia. Kalau menang, bisa dapat penghasilan atau misalkan dapat free editing atau sound design dari sebuah post house yang menjadi sponsor di festival itu. Kebanyakan film arthouse. Salah satunya Hubert Bals Fund. Tapi ada juga buat film genre horror, fantasy, sci-fi. Salah satunya NAFF IT Project di Puchon International Film Festival. Masih banyak lagi, kita harus banyak riset dan google goggle aja.
  6. Pre-Sales. Jual film ke buyer dengan harga murah. Pembeli ini bisa di luar atau dalam negeri. Uang yang terkumpul dari pre-sales ini bisa dijadikan film. Kalau nggak salah The Night Come For Us adalah pre-sales. Tapi metode ini hanya berlaku buat yang udah punya tim penulis, sutradara, produser dan pemain. Lalu konsepnya juga sudah harus matang. Kalo nama kita sudah terkenal seperti Film Merantau dan Mo Brothers tentu akan lebih mudah. Jangan berkecil hati kalo masih pemula karena perjuangan mereka pun juga pastinya tidak semudah itu sampai sekarang. Semua melewati jalur proses yang sama.
  7. Co-Production. Kolaborasi bersama perusahaan lain. Bisa dalam dan luar negeri. Cari produser/perusahaan yang mau untuk kolaborasi bersama kita. Bisa ide kita tapi bisa juga ide mereka. Tinggal sepakat dengan subyek yang mau kita bikin bareng. Co-production itu bisa dengan 1 partner atau lebih. Dengan cara begitu uang yang dikeluarkan juga bisa patungan. Film pertama penulis, Jejak Kambang Muaralabuh, itu film co-production antara Organisasi PPAL, DD PH dan Pemda Pesisir Selatan. 1 produser di film itu perusahaan DD Production House dan ada penulis 1 orang yang turut bergabung dan ikut dalam penjelajahan Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Kita patungan bikin film bareng-bareng Organisasi dan di akomasi oleh Pemda. Dengan kolaborasi seperti ini, exposure film juga bisa lebih luas
  8. Product Placement atau Brand. Pernah nonton film Indonesia dan banyak iklannya? Nah, brand tersebut bayar dengan uang cukup besar untuk bisa produknya di pegang sama artis film yang mereka sponsorin. Ini disebut sebagai built-in. Tidak  semua brand yang sponsorin harus built-in scene. Banyak yang cuma naruh logonya di materi promo atau credits filmnya.
  9. Crowdfunding. Salah satu contoh film Indonesia yang crowdfunding dan berhasil tayang di bioskop adalah NAY (Dir. Djenar Maesa Ayu) dan DEMI UCOK (Dir. Sammaria Simanjuntak). Crowdfunding itu seperti  sumbangan dari orang-orang supaya kita bisa mewujudkan proyek elo. Caranya dengan kampanye se-kreatif mungkin dan minta bantuan temen-temen sekitar untuk nyumbang dan promosikan kampanye kita. Sebenarnya Jarang untuk bisa dapet orang yang mau nyumbang banyak duit. Tapi kalau mereka suka proyek kita, mereka bisa bantu sedikit. Kecil kalau banyak kan jadi lumayan juga dananya. Beberapa website crowdfunding di Indonesia adalah KitaBisa, Wujudkan, dll. Kalo diluar negeri ada Kickstarter, Indiegogo dan banyak lagi.
  10. Deferrals (Ngutang dulu!).Sebagai produser kita harus bisa meyakinkan banyak orang untuk kerja di film kita dan tidak dibayar (cuma transport dan makan biasanya, :) ). Untuk meyakinkan cara ini, kita harus jadi orang yang bisa dipercaya. Jaga nama baik penting sekali. kita berikan sejumlah persentase, kalau filmnya sukses dari penjualan otomatios gaji mereka lebih besar tapi kalau film rugi mereka bisa nggak dapet apa-apa. Nah, hal ini kadang bisa bikin banyak orang jadi berantem kalau filmnya rugi. Yah, itu harus di bicarakan pahit-pahitnya dulu dari awal. Tapi ada juga kasus dimana filmnya untung dari segi penjualan tapi produsernya kabur  dan ngantongin semua uangnya sendiri. Kalo kita  produser yang seperti ini, siap-siapa nggak bikin film lagi dalam beberapa tahun karena dunia perfilman itu sempit. Orangnya itu-itu aja. Sekali kita tidak melaksanakan kewajiban atau menipu. Itu bakal nyebar dimana-mana dan orang tidak akan mau kerjasama dengan kita lagi.
  11. Hadiah Ulang Tahun. Dengan perkembangan jaman, hadiah itu bukan hanya berupa barang yang dibungkus kado. Bisa juga bikin film bioskop buat orang tuanya tentang kisah orang tuanya atau keluarga mereka. Nah, ini salah satu cara financing film paling unik dan mungkin hanya ada di Indonesia karena di negara kita tidak ada sistem lewat “distributor” seperti negara-negara lainnya. Jadi produser langsung ke exhibitor dan siapa saja berhak untuk bikin film. Makanya bikin film buat tujuan hadiah saja itu bisa banget. Kalo kita bisa dapet investor yang seperti ini, Muantap Kaleeee!
Demikianlah 11 Tip dari penulis, mungkin masih banyak lagi cara-cara lainnya untuk Cari Dana Buat Film. Adapun cara di atas hanya garis besarnya saja dalam industri di Indonesia. Sampai Jumpa!

Film Dokumenter Jejak Kambang Muaralabuh Versi 2 (Versi 1 khusus buat Pemda, :) )

Panduan Live streaming di Facebook


Tool dan Panduan Live streaming di Facebook
Streaming Langsung di Facebook
Jika kita pada masa masa sebelumnya, mungkin kita tidak menyadari akan begitu cepatnya pertumbuhan dari Facebook Live dan streaming langsung.

Saya akan coba berbagi dengan apa yang perlu diketahui tentang Live streaming
Sebelumnya mari kita baca sejenak kiat dan taktik yang Anda butuhkan untuk Facebook Live streaming.

1.      Apa persyaratan bandwidth untuk streaming langsung?

Mari mulai dengan streaming di lokasi masing masing...
Koneksi internet akan memiliki kecepatan upload dan kecepatan download.

Untuk memeriksa kecepatan mari gunakan Speedtest
Berikut kecepatan unggahan dan unduhan untuk saluran kami (lihat baris teratas dalam diagram)
Tes Kecepatan Internet Speedtest
Tes Kecepatan Internet

Saat menonton streaming langsung, kita  ingin memiliki kecepatan unduh yang tinggi.
Saat streaming, kita juga ingin memiliki kecepatan unggah yang tinggi.

Livestream, yang berada di ruang streaming langsung, menyarankan bahwa jika kita streaming video HD (definisi tinggi), kita memerlukan kecepatan unggahan minimal 5Mbps tetapi idealnya cukup memiliki setidaknya 10Mbps. Apa pun yang dikatakan penyedia internet, kita selalu ada fluktuasi dalam bandwidth yang tersedia sehingga lebih baik memiliki sebanyak mungkin.

Berikut adalah tabel dari Livestream yang menunjukkan persyaratan bandwidth yang direkomendasikan:
persyaratan bandwidth yang direkomendasikan untuk streaming
persyaratan bandwidth yang direkomendasikan
Kitadapat melihat dari atas bahwa kita juga dapat streaming langsung dengan tidak banyak bandwidth. Selama menyiarkan menggunakan SD (definisi standar) dan menerima kemungkinan akan ada beberapa masalah dan penundaan.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi jumlah data yang lota transmisikan saat melakukan streaming langsung. Saya berasumsi nanti sedang melakukan streaming langsung baik audio dan video!

Inilah faktor yang paling penting:
SD / HD - Perbedaan antara tampilan SD (standard definition) dan HD (display) benar-benar kualitas gambar. Kita akan mendapatkan gambar yang lebih tajam dengan HD tetapi SD masih berkualitas baik. Transmisi definisi standar biasanya 720 × 480 dan HD bisa naik ke 1920 x 1080. Jangan khawatir tentang video 4k !!

Frekuensi gambar - Ini adalah jumlah bingkai per detik yang ditransmisikan. Jika kita melakukan serangkaian wawancara, standar 30 bingkai per detik adalah sempurna tetapi jika ingin melakukan streaming langsung pertandingan sepak bola di mana ada banyak aktivitas yang bergerak cepat, kita akan menggunakan 60 bingkai per detik. Jadi ... Kita akan mendapatkan dua kali lipat.
Encoding - Ketika mengirimkan data, itu dikodekan. Pengkodean normal yang digunakan untuk streaming langsung adalah H.264. Ketika menggunakan ini, itu dapat ditampilkan di sebagian besar perangkat.

Ketika melakukan streaming langsung, kita akan melihat beberapa pengaturan ini di layanan streaming langsung sehingga penting untuk mengetahui dasar-dasarnya. Jika tidak ... maka mungkin akan mengirimkan HD menggunakan 60fps (frame per detik) di koneksi seluler yang lambat !!!
Perangkat keras apa yang Anda butuhkan untuk melakukan streaming langsung?
Ada banyak alat yang tersedia. Mari mulai dengan streaming langsung dari tempat kerja kita.

Pengaturan dasar
Yang dibutuhkan untuk bangun dan menjalankan adalah mic internal pada PC dan kamera internal. Kita mengeklik tombol dan mulai berfungsi. Tidak ada yang salah dengan pengaturan ini.

Menengah
Jika ingin meningkatkannya sedikit, kita dapat membeli mikrofon eksternal dan mungkin bahkan kamera eksternal. Kita dapat menggunakan mikrofon USB Blue Snowball dan kamera Logitech HD pro C920.
USB Blue Snowball

Advanced
Dengan penyiapan yang lebih canggih, Anda dapat berinvestasi dalam mikrofon berkualitas sangat bagus:
Dalam gambar diatas, dapat kita lihat :

Heil PR-40 Microphone
Heil PRSM-B Shock Mount
Heil PL2T Tugas Berat Mic Boom Arm w / C-Clamp
Focuswrite 2i2 - Mic saya terhubung ke ini dan ini terhubung ke Mac saya menggunakan USB 
Logitech HD Pro C920 - posisi di atas karena, ketika mulai merekam, kamera ini terlihat jauh lebih baik ketika kamera lebih tinggi dari kita.

Catatan: Tidak ada alat yang sempurna

Bagaimana dengan streaming langsung dari perangkat seluler ? 
Pengaturan yang paling mendasar adalah mengambil ponsel dan penyiaran tetapi kita mungkin ingin memiliki beberapa klip dan klip ekstra.

Untuk ini, kita akan merujuk ke daftar dari berbagai sumber, yang melakukan lebih banyak streaming langsung dari ponsel daripada orang lain .
  
Bagaimana dengan menyiapkan Green Screen atau layar hijau?
Jika kita merekam dengan layar hijau, beberapa aplikasi akan memungkinkan untuk mengubah latar belakang saat menyiarkan (misalnya Live Air). Berikut ini contoh menggunakan layar hijau dan mengganti latar belakang dengan demo aplikasi (perhatikan ini tidak langsung).

http://www.umn.ac.id/fasilitas/

Di studio saya juga menyiapkan sistem di mana dapat menampilkan layar hijau atau layar putih saat membutuhkannya. Latar belakang berada di penggulung jadi hanya menggulirkan set up yang dibutuhkan.

Layar hijau
Pengaturan layar hijau
Ketika ingin tampil di Facebook, ke mana tujuannya?
kita dapat membuka halaman Facebook, profil, atau grup di perangkat seluler.

Jika ingin menayangkan langsung dari perangkat seluler, cukup membuka pembaruan status dan memilih ‘video langsung’.

Jika ingin tampil di Halaman Facebook, pilih opsi menu ‘alat penerbitan’ di bagian kanan atas Halaman Facebook, lalu pilih opsi menu video dan akhirnya klik tombol ‘Langsung’.

Jika ingin melihat siapa yang tinggal di Facebook saat ini, ada peta yang menunjukkan siaran langsung.

Alat perangkat lunak mana yang dapat digunakan untuk membantu penyiaran?
Ada berbagai alat yang tersedia yang akan membantu Anda untuk hidup dengan menyediakan beberapa fungsi tambahan.

Istilah yang perlu Anda kenali: RTMP
RTMP adalah singkatan dari protokol pesan real-time.

Dan untuk alat-alat ini untuk bekerja dengan Facebook, kita juga perlu mendukung RTMP.

Ini hanyalah cara standar untuk bertukar informasi langsung antara dua layanan.

Saat menyiapkan alat untuk terhubung dengan Facebook, kita perlu mencari tahu informasi seperti streaming. Ini adalah cara Facebook mengetahui siapa data yang mereka peroleh dari server lain milik.

Fungsionalitas yang akan Anda lihat di alat ini
Saat menggunakan Facebook secara langsung, kita dibatasi dalam kaitannya dengan apa yang dapat kita lakukan. kita dapat menampilkan kamera depan dan kamera belakang tetapi itu saja.

Apa lagi yang ingin dilakukan:

  • Tambahkan lapisan - di layar kita mungkin ingin menambahkan pada lapisan tambahan. Misalnya, ketika kita menyiarkan mungkin ingin logo muncul atau informasi tentang acara di bagian bawah layar.
  • Tunjukkan desktop - Daripada melakukan video sendiri, kita mungkin ingin menampilkan desktop 
  • Tambahkan gambar - Saat kita menyiarkan, mungkin berguna untuk menampilkan gambar pada waktu tertentu. Misalnya, jika memiliki kesepakatan untuk produk, kita dapat mengklik tombol dan menampilkan gambar ini.
  • Beberapa penyiar - Facebook sedang menguji fungsi ini sehingga kita akan dapat melakukan hal ini segera. kita mungkin ingin memiliki banyak orang di Facebook Live dari berbagai lokasi.
  • Perekaman - Rekam secara otomatis apa yang kita streamingkan.
  • Konfigurasi lebih lanjut - Facebook menyediakan konfigurasi default untuk streaming langsung tetapi kita mungkin ingin menyesuaikan beberapa pengaturan.
Ada banyak alat yang tersedia, misalnya:

Huzza
OBS
Studio Switcher
Platform live streaming Huzza
Huzza adalah platform live-streaming yang memungkinkan untuk live streaming langsung di Huzza dan juga ke Facebook, secara bersamaan.

Fungsi streaming langsung untuk streaming ke Facebook saat ini dalam Beta. Pemeriksa Media Sosial menjalankan acara mingguan di Huzza tetapi menggunakan Wirecast (lihat nanti) untuk melakukan streaming langsung ke Facebook. Saya yakin mereka akan menghapus Wirecast ketika fungsionalitas Facebook Live keluar dari versi beta.

Beginilah cara streaming langsung di Huzza (ini adalah acara Penguji Media Sosial mingguan).

Pemasaran media sosial
Streaming di Huzza
Kita dapat melihat bahwa kita dapat memiliki banyak host sebagai bagian dari pertunjukan.

Di sebelah kanan, ada sesi obrolan dan tanya jawab. Ini hanya tersedia di Huzza sehingga kita tidak dapat melihatnya di Facebook.

Ini adalah bagaimana streaming langsung terlihat di Facebook saat disiarkan dari Huzza ke Wirecast (menggunakan RTMP).
https://www.krishna.me

Dapat melihat bahwa kita dapat memiliki banyak host sebagai bagian dari pertunjukan.

Di sebelah kanan, ada sesi obrolan dan tanya jawab. Ini hanya tersedia di Huzza sehingga Anda tidak dapat melihatnya di Facebook.

Ini adalah bagaimana streaming langsung terlihat di Facebook saat disiarkan dari Huzza ke Wirecast (menggunakan RTMP).

huzza
Saat Anda menggunakan Huzza, kita juga mendapatkan opsi berbagi layar sehingga dapat menghapus penyiar dan membagikan layar komputer dengan audiens

Baru-baru ini, mereka juga mengumumkan ruang biru, yang berarti kita dapat memastikan siaran langsung terlihat dan terdengar ok sebelum membukanya ke publik.

Pendapat tentang Huzza: 
Ini mudah digunakan dan berfungsi dengan baik. Jika ingin fungsi tambahan (mis., Bertukar iklan dengan lebih mudah), kita dapat menggunakannya bersama dengan perangkat lunak OBS (lihat di bagian  bawah), tetapi bagi kebanyakan orang, fungsionalitas yang disediakan akan cukup. Karena Facebook Live saat ini dalam versi beta, kita harus menunggu dan melihat.

Huzza telah berputar sekali sejak pendanaan putaran benih pada bulan Desember sehingga sulit untuk mengetahui di mana mereka akan berakhir dengan produk live-streaming mereka.

Inilah tagline sebelumnya:
"Huzza memungkinkan musisi untuk terlibat, menumbuhkan dan memonetisasi khalayak online mereka melalui pertunjukan video live-stream."

OBS - Buka Perangkat Lunak Broadcaster
OBS (Open Broadcaster Software) adalah perangkat lunak open-source gratis yang dapat digunakan untuk menyiarkan ke Live. Ada banyak konfigurasi yang berpotensi dapat dilakukan dengan itu tetapi kita dapat mengabaikan banyak opsi.

Ini adalah produk berbasis desktop.
Saat mengunduh OBS, kita akan memiliki opsi Classic atau Studio. Jangan pilih Klasik karena tidak mendukung Facebook Live!

Agar OBS dapat dialirkan ke Facebook, ikuti langkah-langkah berikut:

a) Dapatkan kunci streaming dari halaman bisnis Facebook. - Untuk mendapatkan kunci streaming, pilih menu ‘publishing tools’ di bagian atas Halaman Facebook dan kemudian pilih tombol Live. kemudian akan ditampilkan layar yang serupa dengan yang berikut, di mana dapat mengambil kunci streaming untuk OBS.

Tombol Stream Facebook
Di mana kita mengakses kunci aliran Facebook
 
b) Tambahkan ini di pengaturan untuk OBS. Pastikan layanan disetel ke Facebook Live karena OBS mendukung streaming ke layanan lain juga (mis. YouTube).

c) Mulai streaming dari OBS

d) Lihat preview langsung di Facebook

e) Klik tombol untuk tampil di Facebook.

Suara, video, dll. Semuanya berasal dari OBS dan ini dialirkan ke Facebook menggunakan RTMP (protokol pesan waktu nyata). Facebook mengambil ini dan menyiarkannya ke Halaman Facebook.

Fungsionalitas apa yang tersedia melalui OBS?

Jika berada di belakang layar di sebuah studio TV, kita akan mendengar staf produksi mengatakan hal-hal seperti ‘Ubah ke Kamera 2’, ‘Pilih musik’, ‘Ubah ke kamera 1’.
dapat melakukan hal serupa dengan OBS.

Kita mengatur berbagai adegan dan kemudian dapat bertukar dengan mudah di antara adegan saat kita menyiarkan. Berikut contoh adegan:

Adegan 1 - Video 1 & Audio 1 - Anda menampilkan salah satu kamera pada tamu dan ada audio yang tersedia.

Adegan 2 - Video 2 & Audio 2 - Dengan mengklik tombol dapat mengubah ke kamera yang berbeda (saat Anda tinggal)

Adegan 3 - Rekaman video dengan audio - Mungkin memiliki iklan yang ingin mainkan di antara semua yang kita tunjukkan

Adegan 4 - Gambar diam - kita memiliki gambar yang ditampilkan sebelum siaran langsung.

Silahkan tambahkan ide untuk eksperimen

Kami menjalankan tantangan blogging baru-baru ini dan langsung menyiarkan hasilnya ke Facebook. Itu saya di kamera dengan gambar di bagian bawah layar menunjukkan apa acara itu tentang. Selama presentasi, saya beralih ke berbagai gambar dan juga menunjukkan entri pemenang di browser saya. Semuanya bekerja dengan baik. Ini adalah pengaturan di OBS:

Berikut fungsi lain yang mungkin Anda gunakan:

OBS to OBS - menghubungkan satu versi OBS ke yang lain dan kemudian melakukan streaming ke Facebook. Misalnya, jika memiliki seseorang yang jauh kita ingin tambahkan sebagai tamu kita dapat menambahkan mereka sebagai sumber jarak jauh. Masalahnya adalah, sementara RTMP bagus, akan ada penundaan.
Keluaran file (rekaman) ke MP4, atau FLV - Simpan rekaman.

Bagaimana Anda bisa menggunakan OBS dengan Huzza?

Dengan cara yang sama dapat melakukan streaming OBS ke Facebook dapat melakukan hal yang sama ke Huzza. Huzza tidak memiliki semua fungsi yang dimiliki OBS, dengan banyak sumber masukan untuk dipilih, sehingga bisa mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia dengan menggunakan perangkat lunak dari keduanya.

Saat menyiapkan Huzza untuk ditayangkan, pilih 'tab lanjutan'.
Klik pada tombol untuk mengkonversi ke RTMP.

Catat ‘stream key’ yang sekarang ditampilkan. Ini akan terlihat seperti ini 'IanCleary-3561-hsmwdlx'.

Sekarang pergi ke OBS dan pilih Pengaturan -> Streaming. Pilih ‘server pengaliran khusus’ dan masukkan dalam detail berikut:
URL: rtmp: //publish.huzza.io/live
Tombol Stream:
Sekarang, tinggal dengan OBS dan, ketika membuka Huzza, ia akan mengambil aliran dari OBS.

Tonton videonya di OBS untuk mencari tahu cara mengatur sisanya !!

Pendapat saya
Kita mendapatkan banyak fungsi hebat secara gratis dan berfungsi dengan sangat baik. Saya suka itu!

Wirecast dari Telestream
Wirecast adalah perangkat lunak yang bagus tetapi harganya mahal - $ 495 untuk membelinya. kita dapat mencobanya tetapi hanya di lingkungan tes karena itu membuat suara-suara menjengkelkan selama siaran langsung !!

Tetapi perangkat lunaknya sangat hebat dan ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengannya.

Inilah Penampakan utama:



  1. Di sinilah kita melakukan konfigurasi untuk apa yang akan kita siarkan. Misalnya, menyesuaikan suara, atau mengubah tata letak layar.
  2. Kita juga dapat menambahkan sumber lain (mis. Gambar, video, dll.). Ketika mengeklik suatu sumber, inilah yang ingin kita tinggali. Ketika ingin mengubah sumber, cukup klik pada yang lain yang telah siapkan. Jika melihat di bawah ini, akan melihat ada lapisan lain yang dapat kita tambahkan ke sumber. Misalnya, memiliki sumber video dan kemudian memiliki sumber gambar yang menampilkan logo di video.
  3. Ini adalah layar pratinjau sebelum siaran langsung.
  4. Ini adalah tombol untuk ditayangkan.
  5. Ini adalah tombol yang Anda gunakan (yaitu panah) untuk pergi dari pratinjau untuk hidup.
Meskipun perangkat lunaknya $ 495, saya tidak bisa mengatakan itu tidak layak karena jumlah fungsi yang dimiliki tersedia. Ini benar-benar merupakan pengaturan profesional. Berikut beberapa fungsi teratas yang tersedia:

dari berbagai sumber

  • Tambahkan kamera, kamera nirkabel jarak jauh, gambar, desktop, dll. bahkan dapat menambahkan iPhone sebagai sumber kamera
  • Tarik umpan langsung dari internet langsung sebagai sumber
  • Sinkronkan sumber audio atau video apa pun
  • Tarik umpan Twitter langsung
  • Pengeditan sumber yang dinamis - memotong, mengubah ukuran, memfilter, dll.
  • Tombol Chroma - siapkan layar hijau Anda sehingga Anda dapat menampilkan latar belakang yang berbeda
  • Mixer audio internal
  • Pilih dari latar belakang virtual 3D mereka untuk digunakan sehingga tampak seperti satu set (ini melibatkan biaya tambahan karena bekerja dengan dengan beberapa perangkat lunak pihak ketiga)
  • Papan skor.
Pendapat saya

Perangkat lunak yang luar biasa dengan fungsionalitas yang luar biasa. Kehabisan anggaran untuk banyak orang, tetapi, jika memiliki anggaran, itu cukup sepadan.

Ringkasan
Streaming Facebook tidak memiliki cukup fungsi yang tersedia saat ini sehingga perlu menggunakan platform eksternal untuk mendapatkan produksi yang lebih baik. Artikel ini mencakup berbagai opsi. Silahkan ditambahkan?

Jenis Model Pembelajaran Kurikulum 2013


Untuk para pendidik sangat penting mengetahui berbagai jenis model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas mengajarnya dikelas. Berikut jenis-jenis model pembelajaran yang bisa dijadikan referensi mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar.

1. Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)

Model pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dengan menghubungkan antara materi ajar dengan situasi dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kontekstual dimulai dengan sajian atau tanya jawab.

Dengan tanya jawab lisan yang ramah, terbuka, negosiasi terkait dengan dunia nyata kehidupan siswa akan terasa manfaat dari materi yang akan disajkan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran siswa menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif, nyaman dan menyenangkan.

Mendorong siswa agar dapat menghubungkan antara pengetahuan yang diperolehnya dalam pembelajaran dengan kehidupan mereka sehari-hari merupakan tujuan model pembelajaran kontekstual.

Jadi, keterampilan dan pengetahuan siswa dalam model ini diperoleh dari usaha siswa itu sendiri dalam mengkonstruksi pengetahuan baru merekan ketika belajar dikelas.

Indikator pembelajaran kontekstual ada tujuh. Tujuh indikator ini bisa membedakan model pembelajaran kontekstual. dengan model lainnya. Tujuh Indikatornya yaitu:

Modeling

Modeling terkait bagaimana pemusatan perhatian, motivasi, penyampaian kompetensi tujuan, pengarahan petunjuk, rambu-rambu, serta contoh yang disajikan.

Questioning

Questioning mengenai bagaimana mengeksplorasi, membimbing, menuntun, mengarahkan, mengembangkan, evaluasi, inkuiri, serta generalisasi.


Learning Community

Learning Community yaitu terkait bagaimana seluruh siswa partisipatif dalam belajar kelompok atau individual, minds-on, hands-on, mencoba, mengerjakan.

Inquiry

Inquiry artinya menemukan. Inquiri dalam pembelajaran kontekstual terkait proses identifikasi, investigasi, hipotesis, konjektur, generalisasi, dan menemukan.

Constructivism

Seperti arti katanya, Constructivism yaitu tentang cara membangun pemahaman sendiri, mengkonstruksi konsep-aturan, dan analisis-sintesis dalam pembelajaran kontekstual.


Reflection

Reflection dalam model pembelajaran kontekstual berupa kegiatan reviu, rangkuman, serta tindak lanjut.

Authentic Assessment

Penilaian selama proses dan sesudah pembelajaran disebut Authentic Assessment, yaitu penilaian dengan berbagai cara terhadap setiap aktivitas dan usaha siswa, penilaian portofolio, penilaian seobjektif-objektifnya dari berbagai aspek.

2. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok kecil, sehingga mereka terdorong untuk saling membantu dalam mempelajarai materi pelajaran.

Manusia sebagai makhluk sosial adalah tidak bisa hidup sendiri serta memerlukan orang lain, sehingga pembelajaran koperatif menyesuaikan fitrah ini. Dalam model pembelajaran ini siswa mempunyai tujuan, tanggung jawab, dan pembagian tugas bersama.

Belajar berkelompok koperatif, siswa dibiasakan untuk saling membantu, berbagi (sharing) pengetahuan, pengalaman, tugas, dan tanggung jawab. Siswa berlatih beinteraksi, komunikasi, sosialisasi hidup bermasyarakat, dan belajar menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kompak dan partisipatif, maka tiap anggota kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang, siswa heterogen secara kemampuan, gender dan karekter, serta meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.

Berdasarkan hal tersebut maka Sintaks pembelajaran koperatif adalah informasi, pengarahan, strategi, membentuk kelompok heterogen, kerja kelompok, presentasi hasil kelompok, dan pelaporan.

Beberapa jenis model pembelajaran koperatif adalah sebagai berikut:

Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division)

Sintaks model pembelajaran Student Teams Achievement Division yaitu pengarahan, buat kelompok heterogen antara 4 sampai 5 orang, diskusikan bahan belajar, lembar kerja siswa (LKS) atau modul secara kolabratif.

Kemudian sajian presentasi kelompok sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa atau kelompok, umumkan rekor tim dan individual dan berikan reward.

Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)

Salah satu tipe dari pembelajaran koperatif lainnya adalah model pembelajaran Numbered Head Together. Sintaks model pembelajaran NHT adalah pengarahan, buat kelompok heterogen dan tiap siswa memiliki nomor tertentu.

Lalu berikan persoalan materi bahan ajar untuk tiap kelompok sama tapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama.

Siswa bekerja dengan kelompoknya, presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing. Dari kegiatan itu akan terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan jangan lupa beri reward.

Model Pembelajaran TPS (Think Pairs Share)

Model Pembelajaran Think Pairs Share merupakan model pembelajaran tipe koperatif dengan sintaks: Guru menyajikan materi klasikal, berikan persoalan kepada siswa.

Setelah itu siswa bekerja kelompok dengan cara berpasangan sebangku-sebangku (think-pairs), presentasi kelompok (share), kuis individual, buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan berikan reward.


Model Pembelajaran Jigsaw

Model pembelajaran jigsaw termasuk pembelajaran koperatif dengan sintaks: pengarahan, informasi bahan ajar, buat kelompok heterogen, berikan bahan ajar (LKS) yang terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan banyak siswa dalam kelompok.

Tiap anggota kelompok bertugas membahas salah satu bagian dari materi, tiap kelompok bahan belajar sama. Bentuk kelompok ahli sesuai bagian bahan ajar yang sama sehingga terjadi kerja sama dan terbentuk diskusi.

Anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal, pelaksanaan tutorial pada kelompok asal oleh anggota kelompok ahli, penyimpulan, evaluasi, dan terakhir lakukan refleksi.

3. Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning)

Model Pembelajaran Langsung merupakan model pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan pengetahuan yang bersifat informasi dan prosedural yang menjurus pada keterampilan dasar.

Sintak model pembelajaran langsung adalah menyiapkan siswa, sajian informasi dan prosedur, latihan terbimbing, refleksi, latihan mandiri, dan evaluasi. Cara ini sering disebut dengan metode ceramah atau ekspositori (ceramah bervariasi).

4. Model Pembelajaran Kuantum

Model pembelajran kuantum merupakan model pembelajaran yang dirancang dari berbagai teori kognitif yang menggunakan cara dan alat yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar siswa sehingga mereka dapat belajara dengan mudah.

5. Model Pembelajaran Realistik (Realistic Mathematics Education)

Model pembelajaran yang mempunyai pola guided reinvention dalam mengkontruksi konsep aturan melalui process of mathematization disebut model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME).

Yang merupakan Process of mathematization adalah matematika horizontal yaitu meliputi tools, fakta, konsep, prinsip, algoritma, aturan untuk digunakan dalam menyelesaikan persoalan, proses dunia empirik.

Selain horizontal, process of mathematization juga vertikal meliputi reoorganisasi matematik melalui proses dalam dunia rasio, pengembangan matematika.

Model pembelajaran realistik mempunyai prinsip aktivitas (doing) konstruksivis, realitas yaitu kebermaknaan proses aplikasi, pemahaman yaitu menemukan informal dalam konteks melalui refleksi, informal ke formal.

Inter-twinment (keterkaitan intekoneksi antar konsep), interaksi (pembelajaran sebagai aktivitas sosial, sharing), dan bimbingan (dari guru dalam penemuan) juga menajdi prinsip dalam model pembelajaran realistik ini.

6. Pembelajaran Berbasis masalah (Problem Based Learning)

Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajarn yang meyajikan masalah kontekstual. Model ini tidak banyak fokus pada apa yang sedang dikerjakan siswa tetapi pada apa yang siswa pikirkan selama mengerjakannya.

Model pembelajaran problem based learning merupakan model pembelajaran yang melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah otentik dari kehidupan aktual siswa.

Pada model pembelajaran problem based learning Guru hanya berperan sebagai fasilitator. Guru hanya membimbing siswa agar dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

Kondisi yang tetap harus tercipta dalam model pembelajaran ini adalah suasana kondusif, terbuka, negosiasi, demokratis, suasana nyaman dan menyenangkan agar siswa dapat berpikir optimal.

Model pembelajaran berbasis masalah merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi. Model pembelajaran ini mempunyai indikator yaitu metakognitif, elaborasi (analisis), interpretasi, induksi, identifikasi, investigasi, eksplorasi, konjektur, sintesis, generalisasi, dan inkuiri.


7. Model Pembelajaran Problem Solving

Problem solving adalah mencari atau menemukan cara penyelesaian (menemukan pola, aturan, atau algoritma). Dalam model pembelajaran problem solving masalah didefinisikan sebagai suatu persoalan yang belum dikenal cara penyelesaiannya.

Model pembelajaran problem solving mempunyai sintak: sajikan permasalahan yang memenuhi kriteria, siswa berkelompok atau individual mengidentifikasi aturan yang disajikan, siswa mengidentifkasi, mengeksplorasi, menginvestigasi, menduga, dan akhirnya menemukan solusi.

8. Model Pembelajaran Problem Posing

Model pembelajaran problem posing merupakan kegiatan pemecahan masalah melalui elaborasi, yaitu merumuskan kembali masalah menjadi bagian-bagian yang lebih simple sehingga dipahami.

Pemahaman, jalan keluar, identifikasi kekeliruan, menimalisasi tulisan hitungan, cari alternative, kemudian menyusun soal dan pertanyaan adalah sintak model pembelajaran problem solving.

9. Model Pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended)

Model pembelajaran dengan problem terbuka adalah pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa beragam atau multi jawab.

Melatih dan menumbuhkan keaslian ide, kreativitas, kognitif tinggi, kritis, komunikasi-interaksi, berbagi, keterbukaan, dan sosialisasi merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam model pembelajaran problem terbuka.

Dalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk mengembangkan metode, cara, atau pendekatan yang bervariasi dalam memperoleh jawaban yang beragam. Selanjutnya siswa juga diminta untuk menjelaskan proses mencapai jawaban tersebut.

Kesimpulannya, model pembelajaran ini lebih mementingkan proses dari pada produk (hasil). Karena proseslah yang akan membentuk pola pikir, keterpasuan, keterbukaan, dan ragam berpikir siswa.

Sajian masalah dalam model pembelajaran ini haruslah kontekstual kaya makna secara matematik dengan menggunakan gambar, diagram, dan table.

Pengembangan permasalahan model pembelajaran problem terbuka sesuai dengan kemampuan berpikir siswa, kaitkan dengan materi selanjutnya, siapkan rencana bimbingan, kemudian sedikit demi sedikit siswa dilepas mandiri.

Sintaknya model pembelajaran ini adalah menyajikan masalah, pengorganisasian pembelajaran, perhatikan dan catat respon siswa, bimbingan dan pengarahan, membuat kesimpulan.

10. Model Pembelajaran Probing Prompting

Model pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa disebut dengan model pembelajaran probing prompting.

Dengan model ini siswa mendapatkan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Setelah itu siswa mengkonstruksi konsep-prinsip-aturan menjadi pengetahuan baru, dengan demikian pengetahuan baru tidak diberitahukan.

Dengan model pembelajaran ini, proses tanya jawab dilakukan dengan menunjuk siswa secara acak sehingga setiap siswa mau tidak mau harus berpartisipasi aktif, setiap saat ia bisa dilibatkan dalam proses tanya jawab.

Untuk mengurangi ketegangan, guru hendaknya memberi pertanyaan disertai dengan wajah ramah, nada lembut, senyum, sehingga suasana menjadi nyaman, menyenangkan, dan ceria. Jawaban siswa yang salah harus dihargai karena salah adalah cirinya dia sedang belajar, ia telah berpartisipasi.

11. Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)

Model pembelajaran Teams Games Tournament merupakan model yang mempunyai cara penerapan mengelompokkan siswa heterogen, tugas tiap kelompok bisa sama bisa berbeda. Setelah memperoleh tugas, setiap kelompok bekerja sama dalam bentuk diskusi.

Dinamika kelompok dalam model ini harus kohesif dan kompak, serta tumbuh rasa kompetisi antar kelompok. Guru harus bersikap terbuka, ramah, santun sehingga suasana diskusi nyaman dan menyenangkan seperti dalam kondisi permainan (games).

Setelah selesai kerja kelompok sajikan hasil kelompok sehingga terjadi diskusi kelas.

Jika waktunya memungkinkan TGT bisa dilaksanakan dalam beberapa pertemuan. Sintaknya adalah sebagai berikut:

Bentuk kelompok siswa heterogen yang terdiri dari 4 orang, kemudian berikan informasi pokok materi dan mekanisme kegiatan pada semua kelompok.

Siapkan meja turnamen secukupnya, missal 10 meja dan untuk tiap meja ditempati 4 siswa yang berkemampuan setara.

Siswa dengan level tertinggi dari tiap kelompok mengisi meja I dan seterusnya sampai siswa yang levelnya paling rendah menempati meja ke-X. Penentuan tiap siswa yang duduk pada meja tertentu berdasarkan hasil kesepakatan kelompok.

kemudian pelaksanaan turnamen, setiap siswa mengambil kartu soal yang telah disediakan pada tiap meja dan mengerjakannya untuk jangka waktu tertentu, misalnya 3 menit.

Siswa bisa mengerjakan lebih dari satu soal dan hasilnya diperiksa dan dinilai, sehingga diperoleh skor turnamen untuk tiap individu dan sekaligus skor kelompok asal. Beri sebutan (gelar) superior, very good, good, medium kepada siswa pada tiap meja turnamen sesuai dengan skor yang diperolehnya.

Bumping, pada turnamen kedua dst dilakukan pergeseran tempat duduk pada meja turnamen sesuai dengan sebutan gelar tadi, siswa superior dalam kelompok meja turnamen yang sama, begitu pula untuk meja turnamen yang lainnya diisi oleh siswa dengan gelar yang sama.

Terkahir, hitunglah skor untuk tiap kelompok asal dan skor individual, setelah selesai berikan penghargaan kelompok dan individual.

12. Model Pembalajaran TTW (Think Talk Write)

Pembelajaran Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang dimulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan alternative solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi.

Setelah di presentasikan kemudian buat laporan hasil presentasi. Sintak dalam model pembelajaran ini adalah informasi, kelompok (membaca, mencatatat, menandai), presentasi, diskusi, melaporkan.

13. Model Pembalajaran TS-TS (Two Stay – Two Stray)

Model pembalajaran Two Stay – Two Stray adalah model pembelajaran dengan cara siswa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan kelompok lain. Sintak dalam pembelajaran ini adalah kerja kelompok.

Kerja kelompok dimulai dengan dua siswa bertamu ke kelompok lain dan dua siswa lainnya tetap di kelompoknya untuk menerima dua orang tamu dari kelompok lain. Mereke kerja kelompok lalu kembali ke kelompok asal dan membuat laporan kelompok.

14. Model Pembalajaran Debate

Model pembalajaran debate memiliki sisntaks: siswa dibagi menjadi 2 kelompok kemudian duduk berhadapan, siswa membaca materi bahan ajar untuk dicermati oleh masing-masing kelompok.

Perwakilan salah satu kelompok menyajikan presentasi hasil bacaan, kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya secara bergantian, begitu seterusnya. Guru membimbing membuat kesimpulan.

15. Model Pembalajaran Role Playing

Sintak dari model pembalajaran role playing adalah guru menyiapkan skenario pembelajaran, menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario tersebut, pembentukan kelompok siswa, penyampaian kompetensi.

Kemudian siswa ditunjuk untuk melakonkan skenario yang telah dipelajarinya. Kelompok siswa membahas peran yang dilakukan oleh pelakon dan mempresentasikan hasil kelompok. Lalu bimbingan kesimpulan dan refleksi.

16. Model Pembalajaran Talking Stick

Sintak model pembalajaran talking stick yaitu guru menyiapkan tongkat, sajian materi pokok, siswa membaca materi lengkap pada wacana, guru mengambil tongkat dan memberikan tongkat kepada siswa.

Siswa yang diberi tongkat menjawab pertanyaan dari guru, tongkat diberikan kepada siswa lain dan guru memberikan pertanyaan lagi dan seterusnya. Lalu guru membimbing kesimpulan, refleksi, dan evaluasi.

17. Model Pembalajaran Snowball Throwing

Model pembalajaran snowball throwing sintaknya: informasi materi secara umum, membentuk kelompok, pemanggilan ketua dan diberi tugas membahas materi tertentu di kelompok, kemudian bekerja kelompok.

Setiap kelompok menuliskan pertanyaan dan pertanyaan itu diberikan kepada kelompok lain, kelompok lain menjawab secara bergiliran, serta melakukan penyimpulan, melakukan refleksi dan melakukan evaluasi.

18. Model Pembalajaran Demostration

Model pembalajaran demostration ini khusus untuk materi yang memerlukan peragaan media atau eksperimen.

Sintaksnya adalah: informasi kompetensi, sajian gambaran umum materi bahan ajar, membagi tugas pembahasan materi untuk tiap kelompok, menunjuk siswa atau kelompok untuk mendemonstrasikan bagiannya, dikusi kelas, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

19. Model Pembalajaran Make A Match

Yang harus dipersiapkan oleh guru pada model pembelajaran make a match adalah kartu yang berisi persoalan atau permasalahan dan kartu yang berisi jawabannya. Lalu setiap siswa mencari dan mendapatkan sebuah kartu soal dan berusaha menjawabnya.

Setiap siswa mencari kartu jawaban yang cocok dengan persoalannya siswa yang benar mendapat nilai reward, kartu dikumpul lagi dan dikocok, untuk babak berikutnya pembelajaran seperti babak pertama, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

20. Model Pembalajaran Mind Mapping

Model pembalajaran mind mapping sangat cocok untuk mereview pengetahuan awal siswa. Mind mapping dapat disajikan dengan membuat peta konsep dari materi yang akan diajarkan.

Sintak model pembalajaran mind mapping: informasi kompetensi, sajian permasalahan terbuka, siswa berkelompok untuk menanggapi dan membuat berbagai alternatif jawaban. Lalu hasil diskusi kelompok dipresentasikan, siswa membuat kesimpulan dari hasil setiap kelompok, evaluasi danserta melakukan refleksi.

21. Model Pembalajaran Examples Non Examples

Yang harus dipersiapkan dalam model pembalajaran Examples Non Examples adalah persiapkan gambar, diagram, atau tabel sesuai materi bahan ajar dan kompetensi, sajikan gambar ditempel atau pakai OHP.

Dengan petunjuk guru siswa mencermati sajian, kemudian melakukan diskusi kelompok tentang sajian gambar tadi, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi dan refleksi.

22. Model Pembalajaran Picture and Picture

Model Pembalajaran Picture and Picture harus memperhatikan sajian informasi kompetensi, sajian materi, perlihatkan gambar kegiatan berkaitan dengan materi, siswa mengurutkan gambar sehingga sistematik.

Setelah itu guru mengkonfirmasi urutan gambar tersebut, guru menanamkan konsep sesuai materi bahan ajar, penyimpulan, evaluasi dan lakukan merefleksi.

23. Model Pembalajaran Take and Give

Sesuai dengan arti katanya Take and Give merupakan model pembelajaran menerima dan memberi. Model pembelajaran ini dengan sintaks: siapkan kartu dengan yang berisi nama siswa, bahan belajar dan nama yang diberi, informasikan kompetensi, sajian materi.

Setiap siswa diperintahkan untuk berdiri mencari teman dan saling memberi informasi tentang materi atau pendalaman perluasannya kepada siswa lain pada tahap pemantapan. Kemudian mencatatnya pada kartu, dan seterusnya dengan siswa lain secara bergantian.

24. Model Pembalajaran Kumon

Model pembalajaran Kumon mungkin sudah tidak asing lagi kita kenal. Pembelajaran dengan model ini mengaitkan antar konsep, ketrampilan, kerja individual, dan menjaga suasana nyaman-menyenangkan.

Sintaksnya model pembelajaran ini adalah: menyajikan konsep, latihan, setiap siswa selesai tugas langsung diperiksa dan dinilai. jika latihan siswa salah, langsung dikembalikan untuk diperbaiki dan diperiksa lagi, lima kali salah guru harus membimbing.

25. Model Pembelajaran Terpadu

Model pembelajaran terpadu adalah model pembelajaran yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan untuk mendorong siswa aktif menggali, mencari, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik baik individual maupun kelompok.