Tutorial Mendapatkan Dollar dengan LinkShrink

Internet bukan hanya sekedar untuk mencari Informasi atau hanya bermain media sosial, karena dengan Internet maka bukan tidak mungkin uang akan mengalir ke kantong kita

Tutorial Buat RDP Windows 10 di Digital Ocean

sebelum instalasi kita sudah memiliki akun DigitalOcean, jika belum bisa membeli akun digitalocean atau membuat sendiri akun digitalocean menggunakan kartu kredit atau paypal.

Langkah memakai OBS

Langkah memakai OBS untuk screen recording tidak sepanjang untuk streaming. Relatif lebih mudah..

Merubah Presentasi dari Power Point menjadi Video

Merubah Presentasi dari Power Point menjadi Video
Ketika kita membuat presentasi, semua elemen presentasi (narasi, animasi, gerakan penunjuk, pengaturan waktu, dan seterusnya) disimpan di presentasi itu sendiri. Pada dasarnya, presentasi menjadi video yang dapat ditonton oleh audiens Anda di PowerPoint.
Sehingga Anda memiliki dua opsi untuk mengubah presentasi menjadi video yang siap untuk ditampilkan:
  • Simpan/ekspor presentasi Anda ke format file video (. mp4 atau. wmv).
  • Simpan presentasi Anda sebagai file Peragaan PowerPoint (.ppsx). (Peragaan PowerPoint muncul layar penuh dalam peragaan slide, segera siap untuk menampilkan.)
Menyimpan sebagai file video




Setelah membuat slide dan merekam pengaturan waktu dan narasi apa punserta gerakan penunjuk laser yang ingin disertakan, Anda siap untuk membuat file video.

  1. Di menu File, pilih Simpan untuk memastikan semua pekerjaan terbaru Anda telah disimpan dalam format presentasi PowerPoint (.pptx).
  2. Klik File > Ekspor > Buat Video. (Atau, pada tab Perekaman di pita, klik Ekspor menjadi Video.)
  3. Dalam kotak daftar menurun pertama di bawah judul Buat Video, pilih kualitas video yang diinginkan, yang terkait dengan resolusi video yang telah selesai dibuat. Semakin tinggi kualitas video, semakin besar ukuran file. (Anda dapat mengujinya untuk menentukan kualitas yang sesuai kebutuhan.)
    Opsi
    Resolusi
    Untuk ditampilkan di
    Ultra HD (4k)*
    3840 x 2160, ukuran file terbesar
    Monitor besar
    Full HD (1080p)
    1920 x 1080, ukuran file besar
    Layar komputer dan HD
    HD (720p)
    1280 x 720, ukuran file sedang
    Internet dan DVD
    Standar (480p)
    852 x 480, ukuran file terkecil
    Perangkat portabel
    * Opsi ultra HD (4k) hanya tersedia jika anda menggunakan Windows 10.
  4. Kotak menurun kedua di bawah judul Buat Video memberi tahu apakah presentasi Anda menyertakan narasi dan pengaturan waktu. (Anda dapat mengganti pengaturan ini jika menginginkannya.)
    • Jika Anda belum merekam narasi berjangka waktu, secara default nilainya adalah Jangan Gunakan Pengaturan Waktu dan Narasi yang Direkam.
      Waktu default yang diperlukan setiap slide adalah 5 detik. Anda dapat mengubah pengaturan waktu dalam kotak Detik diperlukan di setiap slide. Di sebelah kanan kotak, klik panah atas untuk menambah durasi, atau klik panah bawah untuk mengurangi durasi.
    • Jika Anda sudah merekam narasi berjangka waktu, secara default nilainya adalah Gunakan Pengaturan Waktu dan Narasi yang Direkam.
  5. Klik Buat Video.
  6. Dalam kotak Nama file, masukkan nama file untuk video tersebut, cari folder yang akan diisi file ini, lalu klik Simpan.
  7. Dalam kotak Simpan sebagai tipe, pilih Video MPEG-4 atau Windows Media Video.
    Anda dapat melacak perkembangan pembuatan video dengan melihat bilah status di sisi bawah layar Anda. Proses pembuatan video dapat makan waktu sampai beberapa jam, tergantung pada durasi video dan kerumitan presentasi.
    Tips:   Untuk video berdurasi panjang, Anda dapat menyiapkannya untuk dibuat di malam hari. Dengan cara ini, video akan siap untuk Anda di pagi hari berikutnya.
  8. Untuk memutar video yang baru Anda buat, buka lokasi folder yang menampungnya, lalu klik ganda pada file.

Menyimpan sebagai Peragaan PowerPoint

Ketika seseorang membuka file Peragaan PowerPoint, file akan muncul dalam tampilan layar penuh di Peragaan Slide, bukan di mode edit file. Pemirsa akan segera mulai menonton presentasi.
  1. Di menu File, pilih Simpan untuk memastikan semua pekerjaan terbaru Anda telah disimpan dalam format presentasi PowerPoint (.pptx).
  2. Di menu File, pilih Simpan Sebagai.
  3. Pilih lokasi folder tempat Anda ingin menyimpan file Peragaan PowerPoint.
  4. Dalam kotak Simpan sebagai tipe, pilih Peragaan PowerPoint (*.ppsx).
    Daftar tipe file di PowerPoint menyertakan "PowerPoint Show (. ppsx)".
  5. Pilih Simpan.

Mengapa mengubah presentasi Anda menjadi video?

Ketika Anda ingin memberikan versi presentasi dengan fidelitas tinggi kepada kolega atau pelanggan (baik sebagai lampiran email, diterbitkan ke web, di CD atau DVD), simpan dan putar presentasi sebagai video
Anda dapat menyimpan presentasi Anda sebagai file video MPEG-4 (. mp4) atau file. wmv. Kedua format tersebut didukung secara luas dan Anda dapat melakukan streaming melalui internet.
Beberapa tips untuk diingat ketika merekam presentasi Anda sebagai video:
  • Anda dapat merekam dan mengatur waktu narasi suara serta gerakan penunjuk laser dalam video Anda.
  • Anda bisa mengontrol ukuran file multimedia dan kualitas video Anda.
  • Anda dapat menyertakan animasi dan transisi dalam film.
  • Pemirsa tidak perlu menginstal PowerPoint di komputer mereka untuk menonton video.
  • Jika presentasi Anda berisi video yang disematkan di dalamnya, video tersebut akan diputar dengan tepat tanpa perlu Anda kontrol.
  • Tergantung pada konten presentasi, membuat video kadang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Presentasi panjang dan presentasi dengan animasi, transisi, serta konten media jelas membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuat. Untungnya, Anda dapat tetap menggunakan PowerPoint saat video tersebut sedang dibuat.

Bagian presentasi mana yang tidak akan disertakan dalam video?

Item berikut ini tidak disertakan dalam video yang Anda buat menggunakan PowerPoint:
  • Media yang disisipkan di versi PowerPoint sebelumnya. Agar dapat mencakupkannya, Anda dapat mengonversi atau memutakhirkan objek media tersebut.
    Misalnya, jika menyisipkan media menggunakan PowerPoint 2007, media tersebut akan ditautkan dan diputar dalam presentasi.  Namun, ketika mengekspor file sebagai video, media tertaut tersebut akan dilepas.  Anda dapat mengonversikan file tersebut ke format file baru (klik tab File, dan di bawah Info, klik Konversi), atau klik kanan objek media, lalu klik untuk memutakhirkan; cara ini akan menyematkan dan mengekspor file dengan benar.
  • Media QuickTime (kecuali jika memiliki codec QuickTime pihak ketiga bernama ffdShow terinstal dan Anda telah mengoptimalkan untuk kompatibilitas)
  • Makro
  • Kontrol OLE/ActiveX

Yang harus dilakukan dengan video Anda setelah selesai dibuat

Setelah membuat video, Anda dapat membagikannya pada orang lain dengan menggunakan metode-metode berikut:
  • Unggah ke situs web berbagi video seperti YouTube
  • Mengirimkan presentasi kepada orang lain melalui email
  • Menyimpan ke file yang dibagikan atau ke lokasi lain
  • Menyalin presentasi Anda ke disk
  • Unggah ke situs berbagi video streaming Microsoft, seperti yang diuraikan di bagian berikutnya, "Simpan ke situs berbagi video."

Menyimpan ke situs berbagi video

Setelah membuat file video, Anda dapat mengunggahnya ke situs berbagi video. Microsoft Stream adalah layanan video perusahaan tempat orang-orang dalam organisasi dapat mengunggah, menampilkan, dan berbagi video. PelangganOffice 365 bisnis atau pendidikan memiliki akses ke layanan ini dari dalam PowerPoint untuk Office 365.
  1. Pilih File > Ekspor, lalu pilih Terbitkan ke Microsoft Stream.
    Tombol untuk menerbitkan video ke Microsoft Stream
  2. Ketikkan judul dan deskripsi untuk video.
  3. Atur opsi lainnya, termasuk apakah Anda ingin mengizinkan orang lain di dalam organisasi untuk melihat video:
    Opsi untuk menerbitkan video ke Microsoft Stream
  4. Pilih tombol Terbitkan.
    Pengunggahan dapat memakan waktu beberapa menit, tergantung pada durasi video. Bilah status di bagian bawah jendela PowerPoint melacak kemajuan, dan PowerPoint akan memperlihatkan pesan saat pengunggahan selesai:
    PowerPoint akan menampilkan pemberitahuan saat pengunggahan selesai
  5. Klik pesan untuk langsung masuk ke halaman pemutaran video di Microsoft Stream.
Untuk informasi selengkapnya silahkan berkkunjung ke Microsoft Stream? disana mencakup seluruh informasi tentang Video Office 365 vs. Microsoft Stream.
Berikut Sampel Video dengan menggunakan Power Point


Salam

Tip Presentasi dan Teknik Presentasi yang Baik

Sebelumnya mari kita ketahui dulu apa itu makhluk Presentasi 

Presentasi merupakan penyajian atau penyampaian karya tulis seseorang di depan peserta atau suatu kegiatan berbicara di depan masyarakat, dalam rangka mengajukan suatu ide atau gagasan untuk mendapatkan pemahaman atau kesepakatan bersama. Kehadiran peserta dalam presentasi bermanfaat untuk membuat presentasi secara lebih aktif dan lansar, serta efisien dalam jangka waktu yang ditentukan.
Orang yang menyampaikan presentasi disebut presentator atau presenter, sedangkan orang yang menghadiri presentasi disebut audience. supaya presentasi itu dapat berjalan secara selektif, ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan.
Berikut 5M Tip Presentasi dan Teknik Presentasi yang Baik :

  • Menarik minat dan perhatian peserta
  • Mengarahkan perhatian peserta
  • Mempertahankan minat dan perhatian peserta
  • Menjaga kefokusan pada presentasi yang disajikan
  • Menjaga etika atau kode etik presentasi


Adapun Teknik Yang baik adalah:
1. Pembuatan slide presentasi

  • Pilih tema desain yang relevan

Sebuah slide yang baik akan mampu menjelaskan ide dan gagasan yang ingin disampaikan oleh seorang presenter. Dengan demikian, audiens akan terbantu ketika melihat slide yang ditampilkan dan presenter lebih mudah dalam menjelaskan apa makna yang dikandung oleh slide tersebut. Tipe desain harus mengikuti prinsip relevansi artinya memiliki kesesuaian dengan topik yang dibicarakan misalnya presentasi ternak sapi dengan slide bergambar sapi.

  • Hindari sajian teks panjang

Pemakaian teks yang terlalu panjang dapat membuat slide tidak dapat terbaca oleh audiens. Apabila belum jelas, audien dapat membaca print out karya ilmiah tersebut, jika belum paham, audiens dapat bertanya pada sesi tanya jawab. Beberapa ahli presentasi menyarankan maksimum lima baris teks dalam sebuah slide. Dengan demikian jika Anda harus menampilkan teks dalam bentuk daftar, pastikan tidak lebih dari lima baris.

  • Alur yang teratur

Slide yang baik memiliki alur yang teratur, dari pendahuluan, penjelasan/isi, hingga penutup. Slide yang isinya melompat-lompat dari satu topik ke topik yang lain tanpa alur yang jelas akan menyulitkan audiens untuk memahaminya.

  • Berikan multimedia yang relevan

Untuk menambah daya tarik, slide dapat ditambahkan multimedia yang relevan, seperti gambar, animasi, audio, video. Kesesuaian multimedia dengan topik pembicaraan harus saling mendukung, bukan malah membingungkan audiens.

  • Satu slide, berisi satu pesan

Slide presentasi yang baik hanya terfokus pada satu pesan. Tiap slide sebaiknya mewakili sebuah ide yang ingin dijelaskan. Jangan mencampur beberapa ide berbeda ke dalam satu slide. Audiens akan bingung dan sulit mencernanya.

  • Perhatikan karakter huruf dan ukuran huruf

Karakter huruf dan ukuran huruf dalam slide harus proporsional dan sesuai dengan ilustrasi, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. 



2. Penyampaian presentasi

  • Persiapkan Diri

a. Sering latihan
Semakin banyak melakukan latihan, maka akan semakin mahir dalam presentasi. Suatu kebolehan atau skill bisa didapatkan jika sering berlatih.
b. Penampilan
Menjaga penampilan pada saat presentasi juga sangat penting. Penampilan seseorang dapat meningkatkan rasa percaya diri.

3. Persiapkan Materi dan Bahan
a. Tentukan point-point penting (bukan slide yang penuh tulisan)
b. Kuasai materi (menjabarkan secara lisan point tersebut)
c. Siapkan contoh pendukung
d. Susun materi dengan terstruktur
4. Cara Penyampaian
a. Santai, sopan, dan tidak terburu-buru
b. Intonasi dan bahasa tubuh
c. Interaksi
d. Bahasa yang mudah
e. Selipkan selingan atau humor

Cara Upload dan Download File menggunakan Mega Karena di Blokir Pasca Pemilu


Postinga kali ini akan share sebuat tutorial yang semoga saja dapat bermanfaat bagi kita semua khusunya yang sering upload files, gambar, foto, film, software, walpaper, dll. Hosting Mega.nz. artikel kali ini merupakan banyak hosting yang di blokir pasca rekapitulasi Pemilu
dan ini merupakan salah satu cara dari segian banyak cara lainnya, selamat mencoba

Mega merupakan revisi terbaru dari situs lamanya yaitu megaupload, karena megaupload dulu mengalami masalah karena server ilegal, namun tentang saja, sekarang situs mega sudah sangat aman, dan sangat menjaga keamanan dan kenyamanan user mega sendiri, seperti enskripsi pada files, dan masih banyak lagi, dan oleh sebab itu maka kita dapat satu kali lagi percaya dengan situs files storange gratis besutan kim dotcom, karena dari fitur, maupun yang lainya. pernahkan anda mempunyai pertanyaan “Bagaimana cara upload di mega” atau “Bagaimana cara upload dan share files di mega” dan pertanyaan lain yang memiliki inti sama yaitu cara upload files di mega, tidak di pungkiri memang mega, menjadi daya tarik sendiri karena memiliki kapasitas files yang besar untuk ukuran free user yaitu 50 GB per akun, dan ini sangat cocok untuk anda yang sering upload atau sharing, membagikan, atau berbagi berbagai files ke teman, atau ke siapapun, oke langsung saja kita masuk ke bagaimana Cara Upload dan Share Files di Mega.nz.

Cara Upload dan Share Files di Mega.nz :

1. Langsung saja buka situs mega yang beralamat di https://mega.nz/register| Silahkan lengkapi pendaftaran
Jika sukses mendaftar silahkan lanjut langkah 2

2. Klik “Login” yang berada di navigasi, lalu masukan “email” dan “password” akun mega anda. | jika anda menggunakan fasilitas umum seperti warnet, saya menyarankan untuk menghilangkan tanda centang yang ada di tulisan “Remember Me” (untuk mengingat kita dan auto login akun mega), tapi jika anda menggunakan pc/komputer/laptop pribadi biarkan tanda centang ada. jika suda selesai mengisi email dan password, silahkan klik tombol “login” bewarna merah.

tunggu proses sebentar. setelah masuk files manager, sekarang tinggal pilih “file Upload” untuk mengupload files atau “Folder Upload” untuk mengupload folder, beserta isinya. tapi disini saya akan mencontohkan “File Upload” untuk folder upload silahkan coba sendiri.

3. Klik File Upload, maka akan muncul window explorer, sekarang masuk ke directory files yang ingin diupload, tinggal pilih salah satu files yang ingin di upload. setelah memilih file klik “Open”

4. Tunggu proses upload selesai, jika sudah selesai maka tulisan proses upload bar akan “hilang” dan tulisan di files transfer juga akan hilang., setelah itu tinggal, cari files tadi yang sudah di upload, jika sudah ketemu klik kanan, lalu pilih “Get Link”


5. Maka akan muncul pop-up, yang memberi tahu link downloadnya, beserta file key dan decryption keys. pastikan anda mencentang “include file key” (kecuali jika anda memang ingin menjadikan files itu khusus untuk orang yang anda inginkan) | lalu langsung saja klik “copy to clipboard” untuk mengcopy linknya.

6. Terakhir silahkan share/bagikan link download meganya.

Selengkapnya silahkan lihat video berikut
Cara Upload dan Download File menggunakan Mega Karena di Blokir Pasca Pemilu



CCTV KEADAAN YG SEBENARNYA DI KPU, BAWASLU, DPR/MPR

UNTUK MEMANTAU KEADAAN YG SEBENARNYA DIJAKARTA, SEBAIKNYA CUKUP MELALUI CCTV BERIKUT INI....!!!

1. CCTV Jl. Imam Bonjol arah Kantor KPU :

2. CCTV JL.Tamrin depan BAWASLU :

KAMERA 1

KAMERA 2

KAMERA 3

KAMERA 4

3. CCTV depan gedung DPR/MPR :

KAMERA 1

KAMERA 2

KAMERA 3

KAMERA 4
SILAHKAN DISEBARKAN AGAR MASYARAKAT DAPAT MELIHAT KEADAAN YGSEBENARNYA BUKAN BERITA2 HOAX DGN VIDEO YG SDH DIEDIT DAN DIBUAT NARASI YG MENAKUT-NAKUTI

Menambah STB Useetv Bebas Biaya


Pada dasarnya bugs Cracking IndiHome: Menambah STB UseeTV bebas biaya tanpa berlangganan bulanan ini saya sudah ketahui sejak lama tetapi tidak saya buka secara public dan saya pribadi pun sebelum ini juga tidak menggunakannya, karena selain perangkat televisi dirumah hanya ada satu buah saja, dikarena kami bukan tipikal keluarga yang addicted dengan televisi. 
Akan tetapi karena kecurangan yang dilakukan telemarketing IndiHome baru-baru ini kepada saya, dalam hal ini UseeTV yang dengan secara kurangajar mengaktifkan Add On (subscribe) pada beberapa channel tertentu TANPA ijin kepada saya, maka dengan senang hati saya membuka trik dari bugs ini secara terbuka, paling tidak Telkom dalam hal ini Indihome merasakan bagaimana dikurangajarin secara sepihak. 

Bagaimana kurangajarnya telemarketing Indihome kepada saya? Dan bagaimana saya bisa tahu bahwa telemarketing Telkom melakukan kecurangan ini?

Okay, kita tahu, bahwa untuk menambah Add On (subscribe) pada channel UseeTV harus memasukkan password dan konfirmasi OTP melalui SMS ke nomor HandPhone pemilik (ditambah handPhone saya berikan dual password untuk menggunakannya, yaitu tapping dan scan sidik jari), JIKA hal ini dilakukan oleh pelanggan. Apalagi JIKA Anda mengaktifkan Parental Control pada STB maka hal ini tidak mungkin dari sisi pelanggan secara tidak sengaja, hanya Superuser yang bisa melakukan skipping (melewati) tahapan tanpa konfirmasi OTP tanpa konfirmasi Parental Control.

Dan saya mengetahui hal ini ketika akan membayar tagihan Indihome dan saya menemui tagihan yg membesar tidak seperti bulan-bulan sebelumnya padahal isolir (keterlambatan) sudah dibayar, justru tagihan malah lebih besar dibanding ketika masa isolir sebelumnya dikarenakan isolir akan mengenakan denda sebesar 5% dari total tagihan.


Kronologi Bugs
*Note:
Yang wajib diketahui pertama-kali sebelum kita setup adalah, yakinkan paket Telkom Indihome HARUS bundling dengan TV cable (USeeTV).

Jadi kalau langganan internet Indihome kita 2P1 (Dual Play) antara internet dan telepon saja maka bugs ini TIDAK BISA digunakan.

Bugs ini bisa digunakan pada paket apa saja? 
• Paket 3P (Triple Play) Internet + Telephone + UseeTV 
• Paket 2P2 (Dual Play) Internet + UseeTV 
• Paket 3P Gamers (Triple Play Gamers) Internet + Telephone + UseeTV 
• Paket 2P2 Gamers (Dual Play Gamers) Internet + UseeTV 

Secara default, untuk menambah fitur STB (Set Top Box) UseeTV IndiHome pelanggan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 80,000 per STB per bulan. Mahal yak?! Misal dalam satu rumah Anda ada 4 kamar saja dan masing-masing kamar ingin dipasang TV USeeTV, jadi paling tidak akan keluar biaya tambahan Rp. 80,000 x 4 per bulan.

Kita punya kos-kosan? nah fitur ini sangat bermanfaat buat menambah betah anak kos buat tinggal dan ngontrak di kosan kita . Tiap kamar akan memiliki fitur TV cable dan channel bisa di kontrol oleh mereka sendiri. Mangtabs bener.



Apa aja yang dibutuhkan?! 
• Wajib: STB (Set Top Box) Indihome untuk tambahan secukupnya tergantung kebutuhan kita mau menambah berapa STB lagi? satu? dua? lima? sepuluh? BISA!
Dimana beli STB Indihome? Tokopedia, Bukalapak, OLX, Kaskus banyak, ada yang bekas malah ada banyak yang masih baru, plastikan. Diutamakan STB Indihome yang kita beli BUKAN versi rooting atau sudah dioprek, lebih worthied JIKA memang bekas dari pelanggan yang sudah tidak dipakai lagi kemudian dijual. 
• Optional: Wifi Repeater dan atau modem bekas yang support untuk repeater.
Jika menggunakan repeater, usahakan antara repeater terkoneksi kabel RJ45 ke modem utama. Dikarenakan jika menggunakan WIFI bridging akan mengurangi performa wifi bahkan suka lag atau lemot. 

Sebagaimana kita ketahui, semua setting modem internet Indihome yang memiliki paket TV cable (UseeTV) menggunakan LAN 4 pada modem dengan setting default Router (bukan bridge/bridging) penghubung antara modem dan STB (Set Top Box) TV cable.

Login pada modem melalui browser, gunakan SUPERUSER login dan password BUKAN user admin dan password local.
User: Support
Password: theworldinyourhand

atau:

User: telecomadmin
Password: admintelecom

Kemudian kita masuk pada bagian LAN (Local Area Network)
LAN » LAN Port Work Mode
tambahkan centang pada setting Port LAN 4



Kemudian simpan (APPLY)

LAN 4 --> AP IP Statis --- (wifi) ---> STB IP statis (Static)

Lalu kita beralih ke setup perangkat STB-nya,
Diawali pada konfigurasi IP pada STB utama dahulu (bukan STB tambahan).
Konfigurasi IP samakan dengan ketika setting pake LAN
Pada STB setting IP adalah manual statis (Static), bukan DHCP (DHCP mengenerated IP dinamis mengikuti kekosongan slot terdekat), bedakan digit terakhir (buntut/ekor) IP aja... Gateway dan DNS tetap sama. 
Misalkan IP STB utama: 192.168.100.102
maka STB selanjutnya (lainnya) adalah 192.168.100.103
*Saya sengaja menggunakan IP dengan ekor yang besar guna menghindari konflik JIKA ada device lain seperti handphone, laptop dll yg masuk ke Wifi dikarenakan auto connect modem secara default menerapkan konsep DHCP (Static IP). Selain itu untuk juga untuk mempermudah management IP.

Jadi dari modem ke AP menggunakan mode Bridge

LAN 4 - AP ---- Repeater - STB
Jika kita menggunakan Wifi repeater untuk penguat sinyal, terutama untuk kos-kosan, koneksikan Wifi repeater (modem router repeater) pada LAN 3 modem. Settingan repeater tidak mengalami perubahan apapun hanya diperlukan utk mengkoneksikan antara STB ke AP menggunakan Wifi.

Seperti yang saya bilang diatas, bahwa koneksi untuk tambahan STB ini TIDAK menggunakan jaringan LAN 4 seperti standard setting IndiHome, tapi menggunakan Wifi untuk STB-STB tambahan selain STB utama yang sudah terkoneksi pada LAN 4 sebelumnya.

6 Aplikasi Absensi Online Berbasis Cloud

Absensi online biasanya digunakan oleh perusahaan ini menggunakan sebuah sistem dan disebut dengan cloud. Sistem cloud (cloud computing) ini merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer.


Memilih sistem cloud untuk mengelola keperluan perusahaan dapat memberikan keuntungan tersendiri. Ingin tahu apa saja keuntungan yang bisa perusahaan Anda dapatkan? Berikut ulasannya beserta beragam aplikasi absensi online yang dapat Anda gunakan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online Berbasis Cloud

Bagi sebuah perusahaan, terutama perusahaan besar, keamanan data perusahaan dan karyawan tentunya merupakan hal sangat penting yang harus dilindungi. Untuk itu sistem cloud menggunakan jaringan internasional dengan data yang terpusat dan dapat di-back up, sehingga data dapat dipulihkan kembali jika rusak maupun hilang. Beberapa server yang digunakan untuk sistem cloud ini adalah Amazon Web Service (AWS) dan Windows Azure.

Menghemat Biaya

Dengan menggunakan aplikasi berbasis cloud, Anda dapat menghemat biaya operasional karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hardware atau software. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya ektra untuk tenaga ahli IT untuk mengelola, beserta biaya pemasangan dan maintenance.

Sangat Efisien

Penggunaan aplikasi absensi online berbasis cloud, memberikan kemudahan bagi HRD untuk melihat kinerja karyawan berdasarkan kehadirannya secara detail. Selain itu, HRD juga dapat dengan mudah melihat tunjangan dan gaji karyawan, hingga dapat memantau aset perusahaan yang diberikan pada karyawan seperti kendaraan dinas.

Tak hanya bagi HRD, aplikasi absensi online berbasis cloud juga memberikan kemudahan bagi karyawan. Pada aplikasi tersebut, karyawan dapat melihat riwayat kerjanya dan dapat mengajukan permohonan cuti dengan lebih praktis.

Software Absensi Online Berbasis Cloud


Aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2015 ini terdiri dari software HR dan akuntansi. Software HR dari Sleekr inilah yang digadang-gadang mampu mempermudah urusan pengelolaan absensi oleh HR maupun langsung oleh karyawan.

Sleekr dapat digunakan oleh HR Admin maupun HR Manager dalam mengelola absensi karyawan secara praktis dan mudah. Begitu pula dengan karyawan, mereka dapat dengan mudah mengetahui dan mengontrol absensi hingga mengurus cuti tahunan dalam satu aplikasi.

Selain dapat mengelola absensi karyawan, Sleekr juga menyediakan layanan perhitungan payroll, perhitungan pajak penghasilan hingga SPT, klaim, overtime atau lembur, dan database karyawan. Hingga saat ini, Sleekr sudah digunakan oleh ribuan perusahaan di Indonesia seperti Tokopedia, Halodoc, dan Go-Life.


Aplikasi absensi online yang kedua adalah KaryaONE. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam mengelola absensi dan kehadiran karyawan karena data dari mesin absensi seperti fingerprint scanner dan Radio-frequency identification (RFID) dapat langsung diimpor secara otomatis.

Selain itu, KaryaONE juga dapat digunakan untuk pengajuan cuti hingga penggajian dalam satu aplikasi, sehingga pihak HR dapat menghemat pengeluaran operasional. Untuk menggunakan aplikasi dari KaryaONE, perusahaan harus membayar sebesar Rp 15.000 per karyawan per bulan.


Selanjutnya adalah Hadirr, yang juga menawarkan beragam fitur untuk memudahkan pengelolaan absensi karyawan. Dengan menggunakan Hadirr, karyawan tidak perlu lagi melakukan absen di kantor, karena absen dapat dilakukan di lokasi manapun yang telah disetujui melalui telepon genggam masing-masing karyawan.

Menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS), Anda dapat mencatat banyak titik kehadiran dari karyawan Anda di manapun berada. Lalu sistem deteksi biometrik face recognition juga disematkan sebagai komplementer dari sistem GPS, yang dapat mencegah kecurang dilakukan oleh karyawan.



Menawarkan tampilan yang clean dan mudah untuk diakses, Talenta hadir dengan fitur absensi yang dapat diintegrasikan dengan mesin fingerprint. Melalui aplikasi Talenta, manager HR dapat dengan mudah menerima atau menolak permintaan cuti karyawan, beserta keperluan administrasi lain yang biasanya membutuhkan proses approval yang cukup memakan waktu.

Harga yang ditawarkan oleh Talenta pun beragam, sesuai dengan besarnya perusahaan. Talenta membagi harga dalam tiga paket, yaitu basic, mid-size, dan enterprise. Masing-masing paket tentunya memiliki keuntungan yang berbeda-beda dengan harga yang dipatok mulai dari Rp 2.500.000 sampai dengan Rp 10.000.000.


Tidak hanya menargetkan perusahaan, Smart Presence juga hadir untuk diimplementasikan di sekolah dan juga instansi pemerintah. Uniknya, pada penggunaannya di sekolah, yang dapat memiliki akses tak hanya guru dan siswa saja, tapi juga para orang tua siswa. Dengan menggunakan Smart Presence, orang tua siswa dapat dengan mudah mengontrol data kehadiran anak secara lebih lengkap dan realtime.

Memiliki kelebihan penggunaan di luar perusahaan, Smart Presence menawarkan harga berlangganan yang cukup terjangkau. Untuk menggunakan aplikasi ini, harga yang perlu dibayar hanya sebesar Rp 6.000 per bulan per user untuk pembayaran per bulan dan Rp 5.000 per bulan per user untuk pembayaran per tahun.


Aplikasi absensi online terakhir yang menggunakan sistem cloud adalan Waktoo. Aplikasi ini menawarkan beberapa kelebihan seperti penggunaan kamera, jaringan, dan lokasi yang memudahkan validasi absensi, dapat melacak karyawan secara realtime, dan penyediaan data report yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.