Tutorial Mendapatkan Dollar dengan LinkShrink

Internet bukan hanya sekedar untuk mencari Informasi atau hanya bermain media sosial, karena dengan Internet maka bukan tidak mungkin uang akan mengalir ke kantong kita

Tutorial Buat RDP Windows 10 di Digital Ocean

sebelum instalasi kita sudah memiliki akun DigitalOcean, jika belum bisa membeli akun digitalocean atau membuat sendiri akun digitalocean menggunakan kartu kredit atau paypal.

Langkah memakai OBS

Langkah memakai OBS untuk screen recording tidak sepanjang untuk streaming. Relatif lebih mudah..

6 Aplikasi Absensi Online Berbasis Cloud

Absensi online biasanya digunakan oleh perusahaan ini menggunakan sebuah sistem dan disebut dengan cloud. Sistem cloud (cloud computing) ini merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer.


Memilih sistem cloud untuk mengelola keperluan perusahaan dapat memberikan keuntungan tersendiri. Ingin tahu apa saja keuntungan yang bisa perusahaan Anda dapatkan? Berikut ulasannya beserta beragam aplikasi absensi online yang dapat Anda gunakan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online Berbasis Cloud

Bagi sebuah perusahaan, terutama perusahaan besar, keamanan data perusahaan dan karyawan tentunya merupakan hal sangat penting yang harus dilindungi. Untuk itu sistem cloud menggunakan jaringan internasional dengan data yang terpusat dan dapat di-back up, sehingga data dapat dipulihkan kembali jika rusak maupun hilang. Beberapa server yang digunakan untuk sistem cloud ini adalah Amazon Web Service (AWS) dan Windows Azure.

Menghemat Biaya

Dengan menggunakan aplikasi berbasis cloud, Anda dapat menghemat biaya operasional karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hardware atau software. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya ektra untuk tenaga ahli IT untuk mengelola, beserta biaya pemasangan dan maintenance.

Sangat Efisien

Penggunaan aplikasi absensi online berbasis cloud, memberikan kemudahan bagi HRD untuk melihat kinerja karyawan berdasarkan kehadirannya secara detail. Selain itu, HRD juga dapat dengan mudah melihat tunjangan dan gaji karyawan, hingga dapat memantau aset perusahaan yang diberikan pada karyawan seperti kendaraan dinas.

Tak hanya bagi HRD, aplikasi absensi online berbasis cloud juga memberikan kemudahan bagi karyawan. Pada aplikasi tersebut, karyawan dapat melihat riwayat kerjanya dan dapat mengajukan permohonan cuti dengan lebih praktis.

Software Absensi Online Berbasis Cloud


Aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2015 ini terdiri dari software HR dan akuntansi. Software HR dari Sleekr inilah yang digadang-gadang mampu mempermudah urusan pengelolaan absensi oleh HR maupun langsung oleh karyawan.

Sleekr dapat digunakan oleh HR Admin maupun HR Manager dalam mengelola absensi karyawan secara praktis dan mudah. Begitu pula dengan karyawan, mereka dapat dengan mudah mengetahui dan mengontrol absensi hingga mengurus cuti tahunan dalam satu aplikasi.

Selain dapat mengelola absensi karyawan, Sleekr juga menyediakan layanan perhitungan payroll, perhitungan pajak penghasilan hingga SPT, klaim, overtime atau lembur, dan database karyawan. Hingga saat ini, Sleekr sudah digunakan oleh ribuan perusahaan di Indonesia seperti Tokopedia, Halodoc, dan Go-Life.


Aplikasi absensi online yang kedua adalah KaryaONE. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam mengelola absensi dan kehadiran karyawan karena data dari mesin absensi seperti fingerprint scanner dan Radio-frequency identification (RFID) dapat langsung diimpor secara otomatis.

Selain itu, KaryaONE juga dapat digunakan untuk pengajuan cuti hingga penggajian dalam satu aplikasi, sehingga pihak HR dapat menghemat pengeluaran operasional. Untuk menggunakan aplikasi dari KaryaONE, perusahaan harus membayar sebesar Rp 15.000 per karyawan per bulan.


Selanjutnya adalah Hadirr, yang juga menawarkan beragam fitur untuk memudahkan pengelolaan absensi karyawan. Dengan menggunakan Hadirr, karyawan tidak perlu lagi melakukan absen di kantor, karena absen dapat dilakukan di lokasi manapun yang telah disetujui melalui telepon genggam masing-masing karyawan.

Menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS), Anda dapat mencatat banyak titik kehadiran dari karyawan Anda di manapun berada. Lalu sistem deteksi biometrik face recognition juga disematkan sebagai komplementer dari sistem GPS, yang dapat mencegah kecurang dilakukan oleh karyawan.



Menawarkan tampilan yang clean dan mudah untuk diakses, Talenta hadir dengan fitur absensi yang dapat diintegrasikan dengan mesin fingerprint. Melalui aplikasi Talenta, manager HR dapat dengan mudah menerima atau menolak permintaan cuti karyawan, beserta keperluan administrasi lain yang biasanya membutuhkan proses approval yang cukup memakan waktu.

Harga yang ditawarkan oleh Talenta pun beragam, sesuai dengan besarnya perusahaan. Talenta membagi harga dalam tiga paket, yaitu basic, mid-size, dan enterprise. Masing-masing paket tentunya memiliki keuntungan yang berbeda-beda dengan harga yang dipatok mulai dari Rp 2.500.000 sampai dengan Rp 10.000.000.


Tidak hanya menargetkan perusahaan, Smart Presence juga hadir untuk diimplementasikan di sekolah dan juga instansi pemerintah. Uniknya, pada penggunaannya di sekolah, yang dapat memiliki akses tak hanya guru dan siswa saja, tapi juga para orang tua siswa. Dengan menggunakan Smart Presence, orang tua siswa dapat dengan mudah mengontrol data kehadiran anak secara lebih lengkap dan realtime.

Memiliki kelebihan penggunaan di luar perusahaan, Smart Presence menawarkan harga berlangganan yang cukup terjangkau. Untuk menggunakan aplikasi ini, harga yang perlu dibayar hanya sebesar Rp 6.000 per bulan per user untuk pembayaran per bulan dan Rp 5.000 per bulan per user untuk pembayaran per tahun.


Aplikasi absensi online terakhir yang menggunakan sistem cloud adalan Waktoo. Aplikasi ini menawarkan beberapa kelebihan seperti penggunaan kamera, jaringan, dan lokasi yang memudahkan validasi absensi, dapat melacak karyawan secara realtime, dan penyediaan data report yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.