Tutorial Mendapatkan Dollar dengan LinkShrink

Internet bukan hanya sekedar untuk mencari Informasi atau hanya bermain media sosial, karena dengan Internet maka bukan tidak mungkin uang akan mengalir ke kantong kita

Tutorial Buat RDP Windows 10 di Digital Ocean

sebelum instalasi kita sudah memiliki akun DigitalOcean, jika belum bisa membeli akun digitalocean atau membuat sendiri akun digitalocean menggunakan kartu kredit atau paypal.

Langkah memakai OBS

Langkah memakai OBS untuk screen recording tidak sepanjang untuk streaming. Relatif lebih mudah..

Tutorial Membuat Aplikasi Android

Cara Membuat Aplikasi Android
Membuat Aplikasi Android
Pada Tutorial kali ini penulis akan mencoba membagikan tips mengenai Aplikasi Android, instalasi eclipse, layout android, linear layout, relativelayout sederhana, table layout, android dasar, menampilkan gambar, membuat teks autocomplete, membuat kotak dialog, android widget, membuat check box, radiobutton, menggunakan list view, menu pada android, memanggil activity, background service, multimedia audio, mengakses sound, multimedia video, membuat database, android gps, google map, android dan php, login menggunakan php, login menggunakan database, android dan mysql, compass android, analog compass, sensor android, camera android, bluetooth android dan masih banyak lagi hal yang berbau android, insyallah semua tips diatas akan penulis coba bagikan sedetail mungkin, jika dirasa pusing tuk membaca nya satu persatu silahkan subscribe, penulis akan kirimkan ke emailnya masing masing untuk kelanjutan tutorial tips android zaman now.

Dengan mengikuti Tutorial kali ini dijamin kita semua akan dapat informasi mengenai kesulitan mencari source code, jadi penulis mohon maaf, jika nanti tutorial ini bersambung karena banyaknya informasi seputar android, mulai dari nol sampai menghasilkan dollar tentunya :)

Penulis tidak bisa memberikan garansi akan berhasil nantinya, itu semua tergantung ketekunan dan usaha dari kita masing-masing dalam memanfaatkan apa yang sudah dibagikan ini. Jika butuh support dan mau belajar insentif lebih lanjut tentang aplikasi android. silahkan cari di menu searching sesuai keyword yang diinginkan.
Kita mulai dulu dari pengertian makhluk yang bernama Android..
Apa itu Android..?

Menurut Wikipedia, Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet, jadi Android merupakan sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS.

Penampakan nya bisa dilihat seperti berikut ini:
Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.

untuk lebih detailnya silahkan baca disini, hehehehe

Sekarang kita mulai tutorial pertama, yaitu Reskin Android

Apa itu Reskin Aplikasi Android? Secara mudahnya Reskin itu adalah mengganti asset gambar, asset suara bahkan iconnya dari Source Code aslinya. 

Trusss.. Kenapa Harus Reskin? 

Karena kalau mau membangun sebuah aplikasi dari nol itu membutuhkan amat banyak waktu, tenaga dan pikiran, belum lagi dengan banyak bug yang bermunculan dan harus di benahi Jadi dengan Reskin maka kita tak perlu lagi membangun sebuah Aplikasi android dari nol dan kita hanya mengganti kulitnya saja. setelah kulit terganti kita bisa masukkan kode iklan dari akun adomb kita, selanjutnya saat aplikasi / game hasil reskin kita didownload orang dan dibuka, iklan akan muncul di aplikasi tersebut, wueeeedaaannn
saat iklan di klik, tentu saja dapat uang dari sana. 

Reskin app adalah cara yang berhasil dan terbukti menghasilkan bagi penulis, yaaa, meskipun untuk penghasilan pertama dari admob/adsense butuh waktu 4 bulan. Tapi penulis yakin ini bakal berkelanjutan, karena app/game bakal kita tambah terus di playstore. 

Adapun Kunci dari reskin adalah harus sabar dan tekun, karena belum tentu berhasil hanya dari 1 aplikasi yang kita upload di playstore. Kalau cara penulis, bermain quantity. Artinya tekun reskin tiap minggu untuk upload di playstore, aplikasi tersebut sudah direskin include dengan kode iklan dari 1 akun id admob yang sama. rata rata ada 4 aplikasi yang penulis upload tiap minggu, dari banyaknya aplikasi yang di reskin dan upload, insyallah ada duitnya. sedikit demi sedikit lama lama jadi sembelit.

Tapi penulis punya beberapa aplikasi yang terkumpul terkumpul hasil impresi dan duitnya. hahahaha 

Apa kah admob? tanya lagi kan...

Admob adalah salah satu layanan periklanan google yang dikhususkan untuk aplikasi mobile, Android ataupun IOS. Cara Mendaftar Admob sangat mudah jika dibandingkan mendaftar Google adsense. kita hanya menyiapkan akun gmail baru dan kemudian langsung mendaftar Google Admob. Trus... 

Apakah wujud dari Android Studio, Eclipse, Unity 3D? 

Android Studio dan Eclipse adalah IDE java dikhususkan untuk pembuatan aplikasi android. Dan disini kita akan menggunakannya untuk reskin, yaitu membuka dan mengedit SourceCode android. Sedangkan unity dikhususkan untuk pembuatan game 3D. Lantas kita harus mulai darimana? 

Yang pertama kita lakukan adalah mempelajari materi-materi tentang reskin, bisa nyolong di blog penulis ini, atau nyolong do blog tetangga, seterah, yang penting halal, hihihihihi

E-book atau video akan penulis bagikan dibawah artikel ini. Jadi jangan lupa belajar langsung dari mbahnya admob, alias Google, perpustakaan terbesar yang paling lengkap. Kita cari apa yang ingin diketahui disana. 

Siap Praktek? 

Penulis sudah kumpulkan ratusan source code premium dan berkualitas yang siap kita reskin. jika BC (Butuh Cepat) Callme Masri

Langkah langkah nya: 

  1. Install Android Studiod atau Eclipse atau Unity 3D sesuai dengan source code yang dipilih untuk di Reskin, cara instalnya silahkan cari di menu search dengan keyword: "cara install Eclipse”, “cara intall Android Studio” atau “cara install Unity3D”. 
  2. Daftar Akun Admob. Siapkan akun Google masing-masing, pinjam juga boleh, nanti hasilnya kita bagi rata ya..?, kemudian Klik https://apps.admob.com/signup/ 
  3. Daftar Akun Google Play Developer, akun ini tidak gratis, tapi berbayar $25 untuk selamanya. Daftar akun google play developer DISINI:  Untuk pembayarannya menggunakan Credit Card, jika tidak punya bisa cari jasa membuat akun google play developer, atau beli ke tetangga yang jualan akunnya.
  4. Reskin aplikasi yang dipilih hingga menjadi sebuah pack apk yang siap untuk di upload di Playstore. Silahkan ganti semua yang ada di pack source code sesuai selera masing masing, seperti nama aplikasi ,icon, package name serta asset2nya (gambar, background, dll). Saat reskin nanti ganti juga ID iklan admob dari akun masing masing. Untuk cara membuat id iklan silahkan cari di menus search di google. mudah kok, cukup ketik trus enter..... :)
  5. Setelah menjadi apk ambil capture dari apk yang telah reskin, untuk nanti di upload juga ke playstore. Siapkan juga icon yang menarik perhatian orang lain untuk penasaran dan klik/install aplikasi. 
  6. Siapkan deskripsi applikasi / game yang telah direskin. Langkah yang sangat penting karena deskripsi dapat menentukan aplikasi tampil di halaman pertama. 
  7. Setelah Apk, ScrrenShot, Icon, Deskripsi App/Game sudah ready, silahkan upload ke playstore
  8. Saat upload ke playstore perhatikan apakah app/game agan mengandung gambar copyright apa tidak. Karena sangat rawan kena suspend, pesan penulis, jangan asal comot gambar sembarangan dari google dengan copyright yang tinggi, seperti memasukkan gambar artis atau orang terkenal. Jika masih mau menggunakan gambar copyright, ada baiknya di edit dulu di sotosop. 
  9. Setelah aplikasi / game terupload di playstore, saatnya tunggu orang untuk mendownload dan membuka aplikasi / game kita. Saat orang tersebut klik iklan disana. Otomatis kita dapat penghasilan. Jika ingin aplikasi tersebut banyak di download. kita bisa optimasi, seperti dengan mnegiklankan di facebook atau Adword. minta bantuan rekan senasib seperjuangan, saudara, atau keluarga untuk mendownloadnya. dan yang paling terpenting, kita sendiri jangan download dan buka apalagi sampai klik sendiri di smartphone kita. Pasti bakalan kena banned. hmmmmm... Jadi Intinya harus rajin dan tekun, jangan malas untuk reskin. Pasang target misal seperti penulis, minimal dalam seminggu harus dapat 1 aplikasi atau game untuk di upload. dengan cara seperti itu, semakin banyak aplikasi yang kita upload, makin besar juga dollarnya mengalir.
  10. Duduk Standbye menunggu Update Tutorial selanjutnya.. hahahahaha
Pesan penulis, terus belajar, tetap tekun dan jangan mudah putus asa, apalagi putus data, jika gagal dengan apa yang telah dilakukan, segera cari tahu apa masalahnya dan usahakan dapat solusinya. Semoga

Tips Cari Dana Untuk Buat Film

Tips Cari Dana Untuk Buat Film
Film Dokumenter Jejak Kambang Muaralabuh
Membuat film itu diperlukan biaya yang cukup besar jika film itu dibuat untuk komersial atau bisa dibilang buat tayang dibioskop. Berbeda halnya dengan film pendek yang tidak memerlukan biaya sebesar yang film komersial, namun tetap sama membutuhkan biaya, dan biaya inilah yang menjadi penghadang terbesar saat ingin memproduksi sebuah film.
Bagaimana jika dana yang dimiliki masih kurang untuk mendanai biaya produksi mau tidak mau iya harus mencari dana lain
Berikut Penulis bagikan Tips Cari Dana Untuk Buat Film yang dirangkum dari berbagai sumber

  1. Nge-Pitch Ke Production House. sudah sering dibahas cara "How to Pitch" dan "Pitch Keterima! What's Next?” Jangan lupa siapkan beberapa project saat Pitch Meeting. jadi jangan cuma mengandalkan satu film saja.
    Pitch Ke Production House
  2. Pemerintah Daerah atau Pemerintah (in general). untuk tips ini pernah coba. Film-film yang biasa penulis produksi adalah film-film "anak sekolahan". tidak cocok untuk diajukan ke pemda. Tetapi banyak pemda yang punya anggaran untuk ngiklankan daerah mereka. Jadi cerita film kita biasanya harus ada korelasi dengan sejarah, budaya dan/atau wisata daerah itu.

    Pesisir Selatan
  3.  Orang Kaya Tapi Pengen Terkenal. Banyak orang jaman sekarang yang mau terkenal karena memang jadi orang terkenal itu banyak keuntungannya juga. Meskipun nanti kita kena kasus stresnya bisa minta ampun dan di caci orang sana sini. Tapi silahkan coba cari orang-orang yang seperti ini dengan cara cari informasi kemana-mana. Jadi orang yang sosial. Pergi ke event-event sana sini. Bukan hanya event film. Tapi event-event dimana banyak orang kaya khususnya di daerah luar kota. Kalo sudah dapat, kita buatkan cerita yang SEBAIKNYA meskipun mereka atau keluarga mereka akting juga di film itu, bisa juga film yang bercerita tentang kehidupan mereka atau bisa menceritakan tentang bisnis mereka. Silahkan cari ketertarikan mereka apa. Dari situ kita bisa tahu sebaiknya cerita apa ke mereka untuk film.
  4. Buat Sekolah Film Yang Mahal. Kalo pembaca jadi sutradara/penulis/produser yang sudah establish di industri, menggunakan nama kita untuk mendirikan sekolah film/akting terus ujungnya buatan murid-murid yang bayar puluhan sampai ratusan juta film layar lebar itu SANGAT SAH. Kan kita nggak maling uang mereka.
  5. Grand Festival. Kirimkan project dan skenario ke festival-festival dan film funding program di dunia. Kalau menang, bisa dapat penghasilan atau misalkan dapat free editing atau sound design dari sebuah post house yang menjadi sponsor di festival itu. Kebanyakan film arthouse. Salah satunya Hubert Bals Fund. Tapi ada juga buat film genre horror, fantasy, sci-fi. Salah satunya NAFF IT Project di Puchon International Film Festival. Masih banyak lagi, kita harus banyak riset dan google goggle aja.
  6. Pre-Sales. Jual film ke buyer dengan harga murah. Pembeli ini bisa di luar atau dalam negeri. Uang yang terkumpul dari pre-sales ini bisa dijadikan film. Kalau nggak salah The Night Come For Us adalah pre-sales. Tapi metode ini hanya berlaku buat yang udah punya tim penulis, sutradara, produser dan pemain. Lalu konsepnya juga sudah harus matang. Kalo nama kita sudah terkenal seperti Film Merantau dan Mo Brothers tentu akan lebih mudah. Jangan berkecil hati kalo masih pemula karena perjuangan mereka pun juga pastinya tidak semudah itu sampai sekarang. Semua melewati jalur proses yang sama.
  7. Co-Production. Kolaborasi bersama perusahaan lain. Bisa dalam dan luar negeri. Cari produser/perusahaan yang mau untuk kolaborasi bersama kita. Bisa ide kita tapi bisa juga ide mereka. Tinggal sepakat dengan subyek yang mau kita bikin bareng. Co-production itu bisa dengan 1 partner atau lebih. Dengan cara begitu uang yang dikeluarkan juga bisa patungan. Film pertama penulis, Jejak Kambang Muaralabuh, itu film co-production antara Organisasi PPAL, DD PH dan Pemda Pesisir Selatan. 1 produser di film itu perusahaan DD Production House dan ada penulis 1 orang yang turut bergabung dan ikut dalam penjelajahan Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Kita patungan bikin film bareng-bareng Organisasi dan di akomasi oleh Pemda. Dengan kolaborasi seperti ini, exposure film juga bisa lebih luas
  8. Product Placement atau Brand. Pernah nonton film Indonesia dan banyak iklannya? Nah, brand tersebut bayar dengan uang cukup besar untuk bisa produknya di pegang sama artis film yang mereka sponsorin. Ini disebut sebagai built-in. Tidak  semua brand yang sponsorin harus built-in scene. Banyak yang cuma naruh logonya di materi promo atau credits filmnya.
  9. Crowdfunding. Salah satu contoh film Indonesia yang crowdfunding dan berhasil tayang di bioskop adalah NAY (Dir. Djenar Maesa Ayu) dan DEMI UCOK (Dir. Sammaria Simanjuntak). Crowdfunding itu seperti  sumbangan dari orang-orang supaya kita bisa mewujudkan proyek elo. Caranya dengan kampanye se-kreatif mungkin dan minta bantuan temen-temen sekitar untuk nyumbang dan promosikan kampanye kita. Sebenarnya Jarang untuk bisa dapet orang yang mau nyumbang banyak duit. Tapi kalau mereka suka proyek kita, mereka bisa bantu sedikit. Kecil kalau banyak kan jadi lumayan juga dananya. Beberapa website crowdfunding di Indonesia adalah KitaBisa, Wujudkan, dll. Kalo diluar negeri ada Kickstarter, Indiegogo dan banyak lagi.
  10. Deferrals (Ngutang dulu!).Sebagai produser kita harus bisa meyakinkan banyak orang untuk kerja di film kita dan tidak dibayar (cuma transport dan makan biasanya, :) ). Untuk meyakinkan cara ini, kita harus jadi orang yang bisa dipercaya. Jaga nama baik penting sekali. kita berikan sejumlah persentase, kalau filmnya sukses dari penjualan otomatios gaji mereka lebih besar tapi kalau film rugi mereka bisa nggak dapet apa-apa. Nah, hal ini kadang bisa bikin banyak orang jadi berantem kalau filmnya rugi. Yah, itu harus di bicarakan pahit-pahitnya dulu dari awal. Tapi ada juga kasus dimana filmnya untung dari segi penjualan tapi produsernya kabur  dan ngantongin semua uangnya sendiri. Kalo kita  produser yang seperti ini, siap-siapa nggak bikin film lagi dalam beberapa tahun karena dunia perfilman itu sempit. Orangnya itu-itu aja. Sekali kita tidak melaksanakan kewajiban atau menipu. Itu bakal nyebar dimana-mana dan orang tidak akan mau kerjasama dengan kita lagi.
  11. Hadiah Ulang Tahun. Dengan perkembangan jaman, hadiah itu bukan hanya berupa barang yang dibungkus kado. Bisa juga bikin film bioskop buat orang tuanya tentang kisah orang tuanya atau keluarga mereka. Nah, ini salah satu cara financing film paling unik dan mungkin hanya ada di Indonesia karena di negara kita tidak ada sistem lewat “distributor” seperti negara-negara lainnya. Jadi produser langsung ke exhibitor dan siapa saja berhak untuk bikin film. Makanya bikin film buat tujuan hadiah saja itu bisa banget. Kalo kita bisa dapet investor yang seperti ini, Muantap Kaleeee!
Demikianlah 11 Tip dari penulis, mungkin masih banyak lagi cara-cara lainnya untuk Cari Dana Buat Film. Adapun cara di atas hanya garis besarnya saja dalam industri di Indonesia. Sampai Jumpa!

Film Dokumenter Jejak Kambang Muaralabuh Versi 2 (Versi 1 khusus buat Pemda, :) )

Panduan Live streaming di Facebook


Tool dan Panduan Live streaming di Facebook
Streaming Langsung di Facebook
Jika kita pada masa masa sebelumnya, mungkin kita tidak menyadari akan begitu cepatnya pertumbuhan dari Facebook Live dan streaming langsung.

Saya akan coba berbagi dengan apa yang perlu diketahui tentang Live streaming
Sebelumnya mari kita baca sejenak kiat dan taktik yang Anda butuhkan untuk Facebook Live streaming.

1.      Apa persyaratan bandwidth untuk streaming langsung?

Mari mulai dengan streaming di lokasi masing masing...
Koneksi internet akan memiliki kecepatan upload dan kecepatan download.

Untuk memeriksa kecepatan mari gunakan Speedtest
Berikut kecepatan unggahan dan unduhan untuk saluran kami (lihat baris teratas dalam diagram)
Tes Kecepatan Internet Speedtest
Tes Kecepatan Internet

Saat menonton streaming langsung, kita  ingin memiliki kecepatan unduh yang tinggi.
Saat streaming, kita juga ingin memiliki kecepatan unggah yang tinggi.

Livestream, yang berada di ruang streaming langsung, menyarankan bahwa jika kita streaming video HD (definisi tinggi), kita memerlukan kecepatan unggahan minimal 5Mbps tetapi idealnya cukup memiliki setidaknya 10Mbps. Apa pun yang dikatakan penyedia internet, kita selalu ada fluktuasi dalam bandwidth yang tersedia sehingga lebih baik memiliki sebanyak mungkin.

Berikut adalah tabel dari Livestream yang menunjukkan persyaratan bandwidth yang direkomendasikan:
persyaratan bandwidth yang direkomendasikan untuk streaming
persyaratan bandwidth yang direkomendasikan
Kitadapat melihat dari atas bahwa kita juga dapat streaming langsung dengan tidak banyak bandwidth. Selama menyiarkan menggunakan SD (definisi standar) dan menerima kemungkinan akan ada beberapa masalah dan penundaan.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi jumlah data yang lota transmisikan saat melakukan streaming langsung. Saya berasumsi nanti sedang melakukan streaming langsung baik audio dan video!

Inilah faktor yang paling penting:
SD / HD - Perbedaan antara tampilan SD (standard definition) dan HD (display) benar-benar kualitas gambar. Kita akan mendapatkan gambar yang lebih tajam dengan HD tetapi SD masih berkualitas baik. Transmisi definisi standar biasanya 720 × 480 dan HD bisa naik ke 1920 x 1080. Jangan khawatir tentang video 4k !!

Frekuensi gambar - Ini adalah jumlah bingkai per detik yang ditransmisikan. Jika kita melakukan serangkaian wawancara, standar 30 bingkai per detik adalah sempurna tetapi jika ingin melakukan streaming langsung pertandingan sepak bola di mana ada banyak aktivitas yang bergerak cepat, kita akan menggunakan 60 bingkai per detik. Jadi ... Kita akan mendapatkan dua kali lipat.
Encoding - Ketika mengirimkan data, itu dikodekan. Pengkodean normal yang digunakan untuk streaming langsung adalah H.264. Ketika menggunakan ini, itu dapat ditampilkan di sebagian besar perangkat.

Ketika melakukan streaming langsung, kita akan melihat beberapa pengaturan ini di layanan streaming langsung sehingga penting untuk mengetahui dasar-dasarnya. Jika tidak ... maka mungkin akan mengirimkan HD menggunakan 60fps (frame per detik) di koneksi seluler yang lambat !!!
Perangkat keras apa yang Anda butuhkan untuk melakukan streaming langsung?
Ada banyak alat yang tersedia. Mari mulai dengan streaming langsung dari tempat kerja kita.

Pengaturan dasar
Yang dibutuhkan untuk bangun dan menjalankan adalah mic internal pada PC dan kamera internal. Kita mengeklik tombol dan mulai berfungsi. Tidak ada yang salah dengan pengaturan ini.

Menengah
Jika ingin meningkatkannya sedikit, kita dapat membeli mikrofon eksternal dan mungkin bahkan kamera eksternal. Kita dapat menggunakan mikrofon USB Blue Snowball dan kamera Logitech HD pro C920.
USB Blue Snowball

Advanced
Dengan penyiapan yang lebih canggih, Anda dapat berinvestasi dalam mikrofon berkualitas sangat bagus:
Dalam gambar diatas, dapat kita lihat :

Heil PR-40 Microphone
Heil PRSM-B Shock Mount
Heil PL2T Tugas Berat Mic Boom Arm w / C-Clamp
Focuswrite 2i2 - Mic saya terhubung ke ini dan ini terhubung ke Mac saya menggunakan USB 
Logitech HD Pro C920 - posisi di atas karena, ketika mulai merekam, kamera ini terlihat jauh lebih baik ketika kamera lebih tinggi dari kita.

Catatan: Tidak ada alat yang sempurna

Bagaimana dengan streaming langsung dari perangkat seluler ? 
Pengaturan yang paling mendasar adalah mengambil ponsel dan penyiaran tetapi kita mungkin ingin memiliki beberapa klip dan klip ekstra.

Untuk ini, kita akan merujuk ke daftar dari berbagai sumber, yang melakukan lebih banyak streaming langsung dari ponsel daripada orang lain .
  
Bagaimana dengan menyiapkan Green Screen atau layar hijau?
Jika kita merekam dengan layar hijau, beberapa aplikasi akan memungkinkan untuk mengubah latar belakang saat menyiarkan (misalnya Live Air). Berikut ini contoh menggunakan layar hijau dan mengganti latar belakang dengan demo aplikasi (perhatikan ini tidak langsung).

http://www.umn.ac.id/fasilitas/

Di studio saya juga menyiapkan sistem di mana dapat menampilkan layar hijau atau layar putih saat membutuhkannya. Latar belakang berada di penggulung jadi hanya menggulirkan set up yang dibutuhkan.

Layar hijau
Pengaturan layar hijau
Ketika ingin tampil di Facebook, ke mana tujuannya?
kita dapat membuka halaman Facebook, profil, atau grup di perangkat seluler.

Jika ingin menayangkan langsung dari perangkat seluler, cukup membuka pembaruan status dan memilih ‘video langsung’.

Jika ingin tampil di Halaman Facebook, pilih opsi menu ‘alat penerbitan’ di bagian kanan atas Halaman Facebook, lalu pilih opsi menu video dan akhirnya klik tombol ‘Langsung’.

Jika ingin melihat siapa yang tinggal di Facebook saat ini, ada peta yang menunjukkan siaran langsung.

Alat perangkat lunak mana yang dapat digunakan untuk membantu penyiaran?
Ada berbagai alat yang tersedia yang akan membantu Anda untuk hidup dengan menyediakan beberapa fungsi tambahan.

Istilah yang perlu Anda kenali: RTMP
RTMP adalah singkatan dari protokol pesan real-time.

Dan untuk alat-alat ini untuk bekerja dengan Facebook, kita juga perlu mendukung RTMP.

Ini hanyalah cara standar untuk bertukar informasi langsung antara dua layanan.

Saat menyiapkan alat untuk terhubung dengan Facebook, kita perlu mencari tahu informasi seperti streaming. Ini adalah cara Facebook mengetahui siapa data yang mereka peroleh dari server lain milik.

Fungsionalitas yang akan Anda lihat di alat ini
Saat menggunakan Facebook secara langsung, kita dibatasi dalam kaitannya dengan apa yang dapat kita lakukan. kita dapat menampilkan kamera depan dan kamera belakang tetapi itu saja.

Apa lagi yang ingin dilakukan:

  • Tambahkan lapisan - di layar kita mungkin ingin menambahkan pada lapisan tambahan. Misalnya, ketika kita menyiarkan mungkin ingin logo muncul atau informasi tentang acara di bagian bawah layar.
  • Tunjukkan desktop - Daripada melakukan video sendiri, kita mungkin ingin menampilkan desktop 
  • Tambahkan gambar - Saat kita menyiarkan, mungkin berguna untuk menampilkan gambar pada waktu tertentu. Misalnya, jika memiliki kesepakatan untuk produk, kita dapat mengklik tombol dan menampilkan gambar ini.
  • Beberapa penyiar - Facebook sedang menguji fungsi ini sehingga kita akan dapat melakukan hal ini segera. kita mungkin ingin memiliki banyak orang di Facebook Live dari berbagai lokasi.
  • Perekaman - Rekam secara otomatis apa yang kita streamingkan.
  • Konfigurasi lebih lanjut - Facebook menyediakan konfigurasi default untuk streaming langsung tetapi kita mungkin ingin menyesuaikan beberapa pengaturan.
Ada banyak alat yang tersedia, misalnya:

Huzza
OBS
Studio Switcher
Platform live streaming Huzza
Huzza adalah platform live-streaming yang memungkinkan untuk live streaming langsung di Huzza dan juga ke Facebook, secara bersamaan.

Fungsi streaming langsung untuk streaming ke Facebook saat ini dalam Beta. Pemeriksa Media Sosial menjalankan acara mingguan di Huzza tetapi menggunakan Wirecast (lihat nanti) untuk melakukan streaming langsung ke Facebook. Saya yakin mereka akan menghapus Wirecast ketika fungsionalitas Facebook Live keluar dari versi beta.

Beginilah cara streaming langsung di Huzza (ini adalah acara Penguji Media Sosial mingguan).

Pemasaran media sosial
Streaming di Huzza
Kita dapat melihat bahwa kita dapat memiliki banyak host sebagai bagian dari pertunjukan.

Di sebelah kanan, ada sesi obrolan dan tanya jawab. Ini hanya tersedia di Huzza sehingga kita tidak dapat melihatnya di Facebook.

Ini adalah bagaimana streaming langsung terlihat di Facebook saat disiarkan dari Huzza ke Wirecast (menggunakan RTMP).
https://www.krishna.me

Dapat melihat bahwa kita dapat memiliki banyak host sebagai bagian dari pertunjukan.

Di sebelah kanan, ada sesi obrolan dan tanya jawab. Ini hanya tersedia di Huzza sehingga Anda tidak dapat melihatnya di Facebook.

Ini adalah bagaimana streaming langsung terlihat di Facebook saat disiarkan dari Huzza ke Wirecast (menggunakan RTMP).

huzza
Saat Anda menggunakan Huzza, kita juga mendapatkan opsi berbagi layar sehingga dapat menghapus penyiar dan membagikan layar komputer dengan audiens

Baru-baru ini, mereka juga mengumumkan ruang biru, yang berarti kita dapat memastikan siaran langsung terlihat dan terdengar ok sebelum membukanya ke publik.

Pendapat tentang Huzza: 
Ini mudah digunakan dan berfungsi dengan baik. Jika ingin fungsi tambahan (mis., Bertukar iklan dengan lebih mudah), kita dapat menggunakannya bersama dengan perangkat lunak OBS (lihat di bagian  bawah), tetapi bagi kebanyakan orang, fungsionalitas yang disediakan akan cukup. Karena Facebook Live saat ini dalam versi beta, kita harus menunggu dan melihat.

Huzza telah berputar sekali sejak pendanaan putaran benih pada bulan Desember sehingga sulit untuk mengetahui di mana mereka akan berakhir dengan produk live-streaming mereka.

Inilah tagline sebelumnya:
"Huzza memungkinkan musisi untuk terlibat, menumbuhkan dan memonetisasi khalayak online mereka melalui pertunjukan video live-stream."

OBS - Buka Perangkat Lunak Broadcaster
OBS (Open Broadcaster Software) adalah perangkat lunak open-source gratis yang dapat digunakan untuk menyiarkan ke Live. Ada banyak konfigurasi yang berpotensi dapat dilakukan dengan itu tetapi kita dapat mengabaikan banyak opsi.

Ini adalah produk berbasis desktop.
Saat mengunduh OBS, kita akan memiliki opsi Classic atau Studio. Jangan pilih Klasik karena tidak mendukung Facebook Live!

Agar OBS dapat dialirkan ke Facebook, ikuti langkah-langkah berikut:

a) Dapatkan kunci streaming dari halaman bisnis Facebook. - Untuk mendapatkan kunci streaming, pilih menu ‘publishing tools’ di bagian atas Halaman Facebook dan kemudian pilih tombol Live. kemudian akan ditampilkan layar yang serupa dengan yang berikut, di mana dapat mengambil kunci streaming untuk OBS.

Tombol Stream Facebook
Di mana kita mengakses kunci aliran Facebook
 
b) Tambahkan ini di pengaturan untuk OBS. Pastikan layanan disetel ke Facebook Live karena OBS mendukung streaming ke layanan lain juga (mis. YouTube).

c) Mulai streaming dari OBS

d) Lihat preview langsung di Facebook

e) Klik tombol untuk tampil di Facebook.

Suara, video, dll. Semuanya berasal dari OBS dan ini dialirkan ke Facebook menggunakan RTMP (protokol pesan waktu nyata). Facebook mengambil ini dan menyiarkannya ke Halaman Facebook.

Fungsionalitas apa yang tersedia melalui OBS?

Jika berada di belakang layar di sebuah studio TV, kita akan mendengar staf produksi mengatakan hal-hal seperti ‘Ubah ke Kamera 2’, ‘Pilih musik’, ‘Ubah ke kamera 1’.
dapat melakukan hal serupa dengan OBS.

Kita mengatur berbagai adegan dan kemudian dapat bertukar dengan mudah di antara adegan saat kita menyiarkan. Berikut contoh adegan:

Adegan 1 - Video 1 & Audio 1 - Anda menampilkan salah satu kamera pada tamu dan ada audio yang tersedia.

Adegan 2 - Video 2 & Audio 2 - Dengan mengklik tombol dapat mengubah ke kamera yang berbeda (saat Anda tinggal)

Adegan 3 - Rekaman video dengan audio - Mungkin memiliki iklan yang ingin mainkan di antara semua yang kita tunjukkan

Adegan 4 - Gambar diam - kita memiliki gambar yang ditampilkan sebelum siaran langsung.

Silahkan tambahkan ide untuk eksperimen

Kami menjalankan tantangan blogging baru-baru ini dan langsung menyiarkan hasilnya ke Facebook. Itu saya di kamera dengan gambar di bagian bawah layar menunjukkan apa acara itu tentang. Selama presentasi, saya beralih ke berbagai gambar dan juga menunjukkan entri pemenang di browser saya. Semuanya bekerja dengan baik. Ini adalah pengaturan di OBS:

Berikut fungsi lain yang mungkin Anda gunakan:

OBS to OBS - menghubungkan satu versi OBS ke yang lain dan kemudian melakukan streaming ke Facebook. Misalnya, jika memiliki seseorang yang jauh kita ingin tambahkan sebagai tamu kita dapat menambahkan mereka sebagai sumber jarak jauh. Masalahnya adalah, sementara RTMP bagus, akan ada penundaan.
Keluaran file (rekaman) ke MP4, atau FLV - Simpan rekaman.

Bagaimana Anda bisa menggunakan OBS dengan Huzza?

Dengan cara yang sama dapat melakukan streaming OBS ke Facebook dapat melakukan hal yang sama ke Huzza. Huzza tidak memiliki semua fungsi yang dimiliki OBS, dengan banyak sumber masukan untuk dipilih, sehingga bisa mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia dengan menggunakan perangkat lunak dari keduanya.

Saat menyiapkan Huzza untuk ditayangkan, pilih 'tab lanjutan'.
Klik pada tombol untuk mengkonversi ke RTMP.

Catat ‘stream key’ yang sekarang ditampilkan. Ini akan terlihat seperti ini 'IanCleary-3561-hsmwdlx'.

Sekarang pergi ke OBS dan pilih Pengaturan -> Streaming. Pilih ‘server pengaliran khusus’ dan masukkan dalam detail berikut:
URL: rtmp: //publish.huzza.io/live
Tombol Stream:
Sekarang, tinggal dengan OBS dan, ketika membuka Huzza, ia akan mengambil aliran dari OBS.

Tonton videonya di OBS untuk mencari tahu cara mengatur sisanya !!

Pendapat saya
Kita mendapatkan banyak fungsi hebat secara gratis dan berfungsi dengan sangat baik. Saya suka itu!

Wirecast dari Telestream
Wirecast adalah perangkat lunak yang bagus tetapi harganya mahal - $ 495 untuk membelinya. kita dapat mencobanya tetapi hanya di lingkungan tes karena itu membuat suara-suara menjengkelkan selama siaran langsung !!

Tetapi perangkat lunaknya sangat hebat dan ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengannya.

Inilah Penampakan utama:



  1. Di sinilah kita melakukan konfigurasi untuk apa yang akan kita siarkan. Misalnya, menyesuaikan suara, atau mengubah tata letak layar.
  2. Kita juga dapat menambahkan sumber lain (mis. Gambar, video, dll.). Ketika mengeklik suatu sumber, inilah yang ingin kita tinggali. Ketika ingin mengubah sumber, cukup klik pada yang lain yang telah siapkan. Jika melihat di bawah ini, akan melihat ada lapisan lain yang dapat kita tambahkan ke sumber. Misalnya, memiliki sumber video dan kemudian memiliki sumber gambar yang menampilkan logo di video.
  3. Ini adalah layar pratinjau sebelum siaran langsung.
  4. Ini adalah tombol untuk ditayangkan.
  5. Ini adalah tombol yang Anda gunakan (yaitu panah) untuk pergi dari pratinjau untuk hidup.
Meskipun perangkat lunaknya $ 495, saya tidak bisa mengatakan itu tidak layak karena jumlah fungsi yang dimiliki tersedia. Ini benar-benar merupakan pengaturan profesional. Berikut beberapa fungsi teratas yang tersedia:

dari berbagai sumber

  • Tambahkan kamera, kamera nirkabel jarak jauh, gambar, desktop, dll. bahkan dapat menambahkan iPhone sebagai sumber kamera
  • Tarik umpan langsung dari internet langsung sebagai sumber
  • Sinkronkan sumber audio atau video apa pun
  • Tarik umpan Twitter langsung
  • Pengeditan sumber yang dinamis - memotong, mengubah ukuran, memfilter, dll.
  • Tombol Chroma - siapkan layar hijau Anda sehingga Anda dapat menampilkan latar belakang yang berbeda
  • Mixer audio internal
  • Pilih dari latar belakang virtual 3D mereka untuk digunakan sehingga tampak seperti satu set (ini melibatkan biaya tambahan karena bekerja dengan dengan beberapa perangkat lunak pihak ketiga)
  • Papan skor.
Pendapat saya

Perangkat lunak yang luar biasa dengan fungsionalitas yang luar biasa. Kehabisan anggaran untuk banyak orang, tetapi, jika memiliki anggaran, itu cukup sepadan.

Ringkasan
Streaming Facebook tidak memiliki cukup fungsi yang tersedia saat ini sehingga perlu menggunakan platform eksternal untuk mendapatkan produksi yang lebih baik. Artikel ini mencakup berbagai opsi. Silahkan ditambahkan?

Jenis Model Pembelajaran Kurikulum 2013


Untuk para pendidik sangat penting mengetahui berbagai jenis model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas mengajarnya dikelas. Berikut jenis-jenis model pembelajaran yang bisa dijadikan referensi mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar.

1. Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)

Model pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dengan menghubungkan antara materi ajar dengan situasi dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kontekstual dimulai dengan sajian atau tanya jawab.

Dengan tanya jawab lisan yang ramah, terbuka, negosiasi terkait dengan dunia nyata kehidupan siswa akan terasa manfaat dari materi yang akan disajkan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran siswa menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif, nyaman dan menyenangkan.

Mendorong siswa agar dapat menghubungkan antara pengetahuan yang diperolehnya dalam pembelajaran dengan kehidupan mereka sehari-hari merupakan tujuan model pembelajaran kontekstual.

Jadi, keterampilan dan pengetahuan siswa dalam model ini diperoleh dari usaha siswa itu sendiri dalam mengkonstruksi pengetahuan baru merekan ketika belajar dikelas.

Indikator pembelajaran kontekstual ada tujuh. Tujuh indikator ini bisa membedakan model pembelajaran kontekstual. dengan model lainnya. Tujuh Indikatornya yaitu:

Modeling

Modeling terkait bagaimana pemusatan perhatian, motivasi, penyampaian kompetensi tujuan, pengarahan petunjuk, rambu-rambu, serta contoh yang disajikan.

Questioning

Questioning mengenai bagaimana mengeksplorasi, membimbing, menuntun, mengarahkan, mengembangkan, evaluasi, inkuiri, serta generalisasi.


Learning Community

Learning Community yaitu terkait bagaimana seluruh siswa partisipatif dalam belajar kelompok atau individual, minds-on, hands-on, mencoba, mengerjakan.

Inquiry

Inquiry artinya menemukan. Inquiri dalam pembelajaran kontekstual terkait proses identifikasi, investigasi, hipotesis, konjektur, generalisasi, dan menemukan.

Constructivism

Seperti arti katanya, Constructivism yaitu tentang cara membangun pemahaman sendiri, mengkonstruksi konsep-aturan, dan analisis-sintesis dalam pembelajaran kontekstual.


Reflection

Reflection dalam model pembelajaran kontekstual berupa kegiatan reviu, rangkuman, serta tindak lanjut.

Authentic Assessment

Penilaian selama proses dan sesudah pembelajaran disebut Authentic Assessment, yaitu penilaian dengan berbagai cara terhadap setiap aktivitas dan usaha siswa, penilaian portofolio, penilaian seobjektif-objektifnya dari berbagai aspek.

2. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok kecil, sehingga mereka terdorong untuk saling membantu dalam mempelajarai materi pelajaran.

Manusia sebagai makhluk sosial adalah tidak bisa hidup sendiri serta memerlukan orang lain, sehingga pembelajaran koperatif menyesuaikan fitrah ini. Dalam model pembelajaran ini siswa mempunyai tujuan, tanggung jawab, dan pembagian tugas bersama.

Belajar berkelompok koperatif, siswa dibiasakan untuk saling membantu, berbagi (sharing) pengetahuan, pengalaman, tugas, dan tanggung jawab. Siswa berlatih beinteraksi, komunikasi, sosialisasi hidup bermasyarakat, dan belajar menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kompak dan partisipatif, maka tiap anggota kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang, siswa heterogen secara kemampuan, gender dan karekter, serta meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.

Berdasarkan hal tersebut maka Sintaks pembelajaran koperatif adalah informasi, pengarahan, strategi, membentuk kelompok heterogen, kerja kelompok, presentasi hasil kelompok, dan pelaporan.

Beberapa jenis model pembelajaran koperatif adalah sebagai berikut:

Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division)

Sintaks model pembelajaran Student Teams Achievement Division yaitu pengarahan, buat kelompok heterogen antara 4 sampai 5 orang, diskusikan bahan belajar, lembar kerja siswa (LKS) atau modul secara kolabratif.

Kemudian sajian presentasi kelompok sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa atau kelompok, umumkan rekor tim dan individual dan berikan reward.

Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)

Salah satu tipe dari pembelajaran koperatif lainnya adalah model pembelajaran Numbered Head Together. Sintaks model pembelajaran NHT adalah pengarahan, buat kelompok heterogen dan tiap siswa memiliki nomor tertentu.

Lalu berikan persoalan materi bahan ajar untuk tiap kelompok sama tapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama.

Siswa bekerja dengan kelompoknya, presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing. Dari kegiatan itu akan terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan jangan lupa beri reward.

Model Pembelajaran TPS (Think Pairs Share)

Model Pembelajaran Think Pairs Share merupakan model pembelajaran tipe koperatif dengan sintaks: Guru menyajikan materi klasikal, berikan persoalan kepada siswa.

Setelah itu siswa bekerja kelompok dengan cara berpasangan sebangku-sebangku (think-pairs), presentasi kelompok (share), kuis individual, buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan berikan reward.


Model Pembelajaran Jigsaw

Model pembelajaran jigsaw termasuk pembelajaran koperatif dengan sintaks: pengarahan, informasi bahan ajar, buat kelompok heterogen, berikan bahan ajar (LKS) yang terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan banyak siswa dalam kelompok.

Tiap anggota kelompok bertugas membahas salah satu bagian dari materi, tiap kelompok bahan belajar sama. Bentuk kelompok ahli sesuai bagian bahan ajar yang sama sehingga terjadi kerja sama dan terbentuk diskusi.

Anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal, pelaksanaan tutorial pada kelompok asal oleh anggota kelompok ahli, penyimpulan, evaluasi, dan terakhir lakukan refleksi.

3. Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning)

Model Pembelajaran Langsung merupakan model pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan pengetahuan yang bersifat informasi dan prosedural yang menjurus pada keterampilan dasar.

Sintak model pembelajaran langsung adalah menyiapkan siswa, sajian informasi dan prosedur, latihan terbimbing, refleksi, latihan mandiri, dan evaluasi. Cara ini sering disebut dengan metode ceramah atau ekspositori (ceramah bervariasi).

4. Model Pembelajaran Kuantum

Model pembelajran kuantum merupakan model pembelajaran yang dirancang dari berbagai teori kognitif yang menggunakan cara dan alat yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar siswa sehingga mereka dapat belajara dengan mudah.

5. Model Pembelajaran Realistik (Realistic Mathematics Education)

Model pembelajaran yang mempunyai pola guided reinvention dalam mengkontruksi konsep aturan melalui process of mathematization disebut model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME).

Yang merupakan Process of mathematization adalah matematika horizontal yaitu meliputi tools, fakta, konsep, prinsip, algoritma, aturan untuk digunakan dalam menyelesaikan persoalan, proses dunia empirik.

Selain horizontal, process of mathematization juga vertikal meliputi reoorganisasi matematik melalui proses dalam dunia rasio, pengembangan matematika.

Model pembelajaran realistik mempunyai prinsip aktivitas (doing) konstruksivis, realitas yaitu kebermaknaan proses aplikasi, pemahaman yaitu menemukan informal dalam konteks melalui refleksi, informal ke formal.

Inter-twinment (keterkaitan intekoneksi antar konsep), interaksi (pembelajaran sebagai aktivitas sosial, sharing), dan bimbingan (dari guru dalam penemuan) juga menajdi prinsip dalam model pembelajaran realistik ini.

6. Pembelajaran Berbasis masalah (Problem Based Learning)

Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajarn yang meyajikan masalah kontekstual. Model ini tidak banyak fokus pada apa yang sedang dikerjakan siswa tetapi pada apa yang siswa pikirkan selama mengerjakannya.

Model pembelajaran problem based learning merupakan model pembelajaran yang melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah otentik dari kehidupan aktual siswa.

Pada model pembelajaran problem based learning Guru hanya berperan sebagai fasilitator. Guru hanya membimbing siswa agar dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

Kondisi yang tetap harus tercipta dalam model pembelajaran ini adalah suasana kondusif, terbuka, negosiasi, demokratis, suasana nyaman dan menyenangkan agar siswa dapat berpikir optimal.

Model pembelajaran berbasis masalah merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi. Model pembelajaran ini mempunyai indikator yaitu metakognitif, elaborasi (analisis), interpretasi, induksi, identifikasi, investigasi, eksplorasi, konjektur, sintesis, generalisasi, dan inkuiri.


7. Model Pembelajaran Problem Solving

Problem solving adalah mencari atau menemukan cara penyelesaian (menemukan pola, aturan, atau algoritma). Dalam model pembelajaran problem solving masalah didefinisikan sebagai suatu persoalan yang belum dikenal cara penyelesaiannya.

Model pembelajaran problem solving mempunyai sintak: sajikan permasalahan yang memenuhi kriteria, siswa berkelompok atau individual mengidentifikasi aturan yang disajikan, siswa mengidentifkasi, mengeksplorasi, menginvestigasi, menduga, dan akhirnya menemukan solusi.

8. Model Pembelajaran Problem Posing

Model pembelajaran problem posing merupakan kegiatan pemecahan masalah melalui elaborasi, yaitu merumuskan kembali masalah menjadi bagian-bagian yang lebih simple sehingga dipahami.

Pemahaman, jalan keluar, identifikasi kekeliruan, menimalisasi tulisan hitungan, cari alternative, kemudian menyusun soal dan pertanyaan adalah sintak model pembelajaran problem solving.

9. Model Pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended)

Model pembelajaran dengan problem terbuka adalah pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa beragam atau multi jawab.

Melatih dan menumbuhkan keaslian ide, kreativitas, kognitif tinggi, kritis, komunikasi-interaksi, berbagi, keterbukaan, dan sosialisasi merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam model pembelajaran problem terbuka.

Dalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk mengembangkan metode, cara, atau pendekatan yang bervariasi dalam memperoleh jawaban yang beragam. Selanjutnya siswa juga diminta untuk menjelaskan proses mencapai jawaban tersebut.

Kesimpulannya, model pembelajaran ini lebih mementingkan proses dari pada produk (hasil). Karena proseslah yang akan membentuk pola pikir, keterpasuan, keterbukaan, dan ragam berpikir siswa.

Sajian masalah dalam model pembelajaran ini haruslah kontekstual kaya makna secara matematik dengan menggunakan gambar, diagram, dan table.

Pengembangan permasalahan model pembelajaran problem terbuka sesuai dengan kemampuan berpikir siswa, kaitkan dengan materi selanjutnya, siapkan rencana bimbingan, kemudian sedikit demi sedikit siswa dilepas mandiri.

Sintaknya model pembelajaran ini adalah menyajikan masalah, pengorganisasian pembelajaran, perhatikan dan catat respon siswa, bimbingan dan pengarahan, membuat kesimpulan.

10. Model Pembelajaran Probing Prompting

Model pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa disebut dengan model pembelajaran probing prompting.

Dengan model ini siswa mendapatkan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Setelah itu siswa mengkonstruksi konsep-prinsip-aturan menjadi pengetahuan baru, dengan demikian pengetahuan baru tidak diberitahukan.

Dengan model pembelajaran ini, proses tanya jawab dilakukan dengan menunjuk siswa secara acak sehingga setiap siswa mau tidak mau harus berpartisipasi aktif, setiap saat ia bisa dilibatkan dalam proses tanya jawab.

Untuk mengurangi ketegangan, guru hendaknya memberi pertanyaan disertai dengan wajah ramah, nada lembut, senyum, sehingga suasana menjadi nyaman, menyenangkan, dan ceria. Jawaban siswa yang salah harus dihargai karena salah adalah cirinya dia sedang belajar, ia telah berpartisipasi.

11. Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)

Model pembelajaran Teams Games Tournament merupakan model yang mempunyai cara penerapan mengelompokkan siswa heterogen, tugas tiap kelompok bisa sama bisa berbeda. Setelah memperoleh tugas, setiap kelompok bekerja sama dalam bentuk diskusi.

Dinamika kelompok dalam model ini harus kohesif dan kompak, serta tumbuh rasa kompetisi antar kelompok. Guru harus bersikap terbuka, ramah, santun sehingga suasana diskusi nyaman dan menyenangkan seperti dalam kondisi permainan (games).

Setelah selesai kerja kelompok sajikan hasil kelompok sehingga terjadi diskusi kelas.

Jika waktunya memungkinkan TGT bisa dilaksanakan dalam beberapa pertemuan. Sintaknya adalah sebagai berikut:

Bentuk kelompok siswa heterogen yang terdiri dari 4 orang, kemudian berikan informasi pokok materi dan mekanisme kegiatan pada semua kelompok.

Siapkan meja turnamen secukupnya, missal 10 meja dan untuk tiap meja ditempati 4 siswa yang berkemampuan setara.

Siswa dengan level tertinggi dari tiap kelompok mengisi meja I dan seterusnya sampai siswa yang levelnya paling rendah menempati meja ke-X. Penentuan tiap siswa yang duduk pada meja tertentu berdasarkan hasil kesepakatan kelompok.

kemudian pelaksanaan turnamen, setiap siswa mengambil kartu soal yang telah disediakan pada tiap meja dan mengerjakannya untuk jangka waktu tertentu, misalnya 3 menit.

Siswa bisa mengerjakan lebih dari satu soal dan hasilnya diperiksa dan dinilai, sehingga diperoleh skor turnamen untuk tiap individu dan sekaligus skor kelompok asal. Beri sebutan (gelar) superior, very good, good, medium kepada siswa pada tiap meja turnamen sesuai dengan skor yang diperolehnya.

Bumping, pada turnamen kedua dst dilakukan pergeseran tempat duduk pada meja turnamen sesuai dengan sebutan gelar tadi, siswa superior dalam kelompok meja turnamen yang sama, begitu pula untuk meja turnamen yang lainnya diisi oleh siswa dengan gelar yang sama.

Terkahir, hitunglah skor untuk tiap kelompok asal dan skor individual, setelah selesai berikan penghargaan kelompok dan individual.

12. Model Pembalajaran TTW (Think Talk Write)

Pembelajaran Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang dimulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan alternative solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi.

Setelah di presentasikan kemudian buat laporan hasil presentasi. Sintak dalam model pembelajaran ini adalah informasi, kelompok (membaca, mencatatat, menandai), presentasi, diskusi, melaporkan.

13. Model Pembalajaran TS-TS (Two Stay – Two Stray)

Model pembalajaran Two Stay – Two Stray adalah model pembelajaran dengan cara siswa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan kelompok lain. Sintak dalam pembelajaran ini adalah kerja kelompok.

Kerja kelompok dimulai dengan dua siswa bertamu ke kelompok lain dan dua siswa lainnya tetap di kelompoknya untuk menerima dua orang tamu dari kelompok lain. Mereke kerja kelompok lalu kembali ke kelompok asal dan membuat laporan kelompok.

14. Model Pembalajaran Debate

Model pembalajaran debate memiliki sisntaks: siswa dibagi menjadi 2 kelompok kemudian duduk berhadapan, siswa membaca materi bahan ajar untuk dicermati oleh masing-masing kelompok.

Perwakilan salah satu kelompok menyajikan presentasi hasil bacaan, kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya secara bergantian, begitu seterusnya. Guru membimbing membuat kesimpulan.

15. Model Pembalajaran Role Playing

Sintak dari model pembalajaran role playing adalah guru menyiapkan skenario pembelajaran, menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario tersebut, pembentukan kelompok siswa, penyampaian kompetensi.

Kemudian siswa ditunjuk untuk melakonkan skenario yang telah dipelajarinya. Kelompok siswa membahas peran yang dilakukan oleh pelakon dan mempresentasikan hasil kelompok. Lalu bimbingan kesimpulan dan refleksi.

16. Model Pembalajaran Talking Stick

Sintak model pembalajaran talking stick yaitu guru menyiapkan tongkat, sajian materi pokok, siswa membaca materi lengkap pada wacana, guru mengambil tongkat dan memberikan tongkat kepada siswa.

Siswa yang diberi tongkat menjawab pertanyaan dari guru, tongkat diberikan kepada siswa lain dan guru memberikan pertanyaan lagi dan seterusnya. Lalu guru membimbing kesimpulan, refleksi, dan evaluasi.

17. Model Pembalajaran Snowball Throwing

Model pembalajaran snowball throwing sintaknya: informasi materi secara umum, membentuk kelompok, pemanggilan ketua dan diberi tugas membahas materi tertentu di kelompok, kemudian bekerja kelompok.

Setiap kelompok menuliskan pertanyaan dan pertanyaan itu diberikan kepada kelompok lain, kelompok lain menjawab secara bergiliran, serta melakukan penyimpulan, melakukan refleksi dan melakukan evaluasi.

18. Model Pembalajaran Demostration

Model pembalajaran demostration ini khusus untuk materi yang memerlukan peragaan media atau eksperimen.

Sintaksnya adalah: informasi kompetensi, sajian gambaran umum materi bahan ajar, membagi tugas pembahasan materi untuk tiap kelompok, menunjuk siswa atau kelompok untuk mendemonstrasikan bagiannya, dikusi kelas, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

19. Model Pembalajaran Make A Match

Yang harus dipersiapkan oleh guru pada model pembelajaran make a match adalah kartu yang berisi persoalan atau permasalahan dan kartu yang berisi jawabannya. Lalu setiap siswa mencari dan mendapatkan sebuah kartu soal dan berusaha menjawabnya.

Setiap siswa mencari kartu jawaban yang cocok dengan persoalannya siswa yang benar mendapat nilai reward, kartu dikumpul lagi dan dikocok, untuk babak berikutnya pembelajaran seperti babak pertama, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

20. Model Pembalajaran Mind Mapping

Model pembalajaran mind mapping sangat cocok untuk mereview pengetahuan awal siswa. Mind mapping dapat disajikan dengan membuat peta konsep dari materi yang akan diajarkan.

Sintak model pembalajaran mind mapping: informasi kompetensi, sajian permasalahan terbuka, siswa berkelompok untuk menanggapi dan membuat berbagai alternatif jawaban. Lalu hasil diskusi kelompok dipresentasikan, siswa membuat kesimpulan dari hasil setiap kelompok, evaluasi danserta melakukan refleksi.

21. Model Pembalajaran Examples Non Examples

Yang harus dipersiapkan dalam model pembalajaran Examples Non Examples adalah persiapkan gambar, diagram, atau tabel sesuai materi bahan ajar dan kompetensi, sajikan gambar ditempel atau pakai OHP.

Dengan petunjuk guru siswa mencermati sajian, kemudian melakukan diskusi kelompok tentang sajian gambar tadi, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi dan refleksi.

22. Model Pembalajaran Picture and Picture

Model Pembalajaran Picture and Picture harus memperhatikan sajian informasi kompetensi, sajian materi, perlihatkan gambar kegiatan berkaitan dengan materi, siswa mengurutkan gambar sehingga sistematik.

Setelah itu guru mengkonfirmasi urutan gambar tersebut, guru menanamkan konsep sesuai materi bahan ajar, penyimpulan, evaluasi dan lakukan merefleksi.

23. Model Pembalajaran Take and Give

Sesuai dengan arti katanya Take and Give merupakan model pembelajaran menerima dan memberi. Model pembelajaran ini dengan sintaks: siapkan kartu dengan yang berisi nama siswa, bahan belajar dan nama yang diberi, informasikan kompetensi, sajian materi.

Setiap siswa diperintahkan untuk berdiri mencari teman dan saling memberi informasi tentang materi atau pendalaman perluasannya kepada siswa lain pada tahap pemantapan. Kemudian mencatatnya pada kartu, dan seterusnya dengan siswa lain secara bergantian.

24. Model Pembalajaran Kumon

Model pembalajaran Kumon mungkin sudah tidak asing lagi kita kenal. Pembelajaran dengan model ini mengaitkan antar konsep, ketrampilan, kerja individual, dan menjaga suasana nyaman-menyenangkan.

Sintaksnya model pembelajaran ini adalah: menyajikan konsep, latihan, setiap siswa selesai tugas langsung diperiksa dan dinilai. jika latihan siswa salah, langsung dikembalikan untuk diperbaiki dan diperiksa lagi, lima kali salah guru harus membimbing.

25. Model Pembelajaran Terpadu

Model pembelajaran terpadu adalah model pembelajaran yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan untuk mendorong siswa aktif menggali, mencari, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik baik individual maupun kelompok.



Cara Membuat Website Movie Streaming / Nonton Film Online

Tutorial Cara Membuat Website Streaming
Cara Membuat Website Streaming
Pada postingan sebelumnya admin memposting artikel seputar website movie, ternyata pembaca cukup kurang semangat membacanya, hehehehe.. lantaran banyak yang bertanya tentang bagaimana cara membuat website atau situs nonton film online? baca sedikit, tanya nya banyak...

Mari kita mulai pembahasan tutorial pagi ini, yaitu tentang "Cara Membuat Website Streaming" Sebenarnya teknis pembuatan web movie bisa saja kamu pasrahkan ke penyedia jasa pembuatan website, kalau tentang harga tentunya berbeda-beda tiap layanan. Tapi kita bisa membuat sendiri situs nonton film online ini, meskipun kita mulai secara otodidak. 

Cara Membuat Website Streaming

Pada tutorial kali ini tidak akan menjelaskan bagaimana teknis detailnya, tapi memberikan langkah dan gambaran umum saja. Kalau teknis cara membuat nanti bisa coba search sendiri, adapun langkah Membuat Website Streaming seperti berikut ini: 

1. Pilih hosting dan domain bisa baca disini

Pada awal pembuatan website, kita bisa memilih paket hosting yang murah pun tidak jadi masalah. Karena nantinya kalau visitor web kita sudah naik, kita bisa upgrade ke paket yang lebih tinggi atau pindah ke layanan hosting lain pun bisa. 
Website dengan VPS silahkan baca disini
Saya sebenarnya menyarankan menggunakan hosting atau VPS dari luar negeri. Perlu diketahui bahwa website movie ada sisi negatifnya, yakni pelanggaran hak cipta yang bisa saja web hosting dalam negeri Indonesia tercinta ini ada yang tidak memperbolehkannya. 

Nanti takutnya ketika website sudah berjalan malahan di bunuh sama penyedia hosting, seperti pengalaman admin di M****r Web kemarin yang langsung di suspend begitu saja tanpa di berikan backup file webnya., huuuu kacian

Rekomendasi hosting luar negeri yang bisa kita coba seperti Hostgator, Hawkhost, iPage, BlueHost dan lain sebagainya. Sementara untuk domain bisa beli dimana saja, penulis rekomendasikan Namecheap. pastikan memilih nama domain yang unik dan keren ya? 

2. Install WordPress 

WordPress merupakan solusi bagi yang memang tak paham bagaimana membangun website dengan coding sendiri. Nantinya kita dapat install WordPress melalui kontrol panel hosting, gampang kok tinggal klik saja. 
Buat Website dengan Wordpress
3. Pilih dan install theme Movie 

Setelah berhasil install WordPres selanjutnya adalah dengan install theme movie. Beberapa theme movie yang cukup populer seperti Keremiya dan Grifus, kita bisa membeli salah satu dari theme tersebut. Untuk harga sebenarnya sedikit lebih mahal, karena memang fitur di dalamnya berbeda dengan theme WordPress biasa. Theme tersebut di desain untuk pembaca agar lebih mudah dalam memposting movie. 

4. Tempat penyimpanan / upload file movie 
Detail Upload ke Hosting baca disini
Sebenarnya tidak disarankan untuk upload file movie di hosting sendiri, karena pasti butuh space yang sangat besar. Ini cukup menyulitkan ketika hendak berpindah hosting atau ingin melakukan backup secara manual. 

Beberapa cloud storage tempat penyimpanan film yang cukup di rekomendasikan adalah Google Drive premium, kenapa harus premium? karena yang free kapasitasnya terbatas dan ada limit view videonya. Selain itu Google Drive juga bebas tanpa iklan, sehingga penonton lebih nyaman. 
Cara buat email Gmail Unlimited

Beberapa penyimpanan file movie lainnya seperti Openload dan Videomega, selain gratis dan ‘unlimited’ setiap movie yang di tonton ada di download kamu akan mendapatkan bayaran. 

Selain itu dengan menyimpan file movie di server lain maka akan lebih hemat bandwidth hosting, karena setahu penulis ketika memutar video dari sumber lain maka sumber dimana file video itu disimpan lah yang kena bandwidthnya. 

5. Lalu bagaimana cara memutar file movie di website? 

Caranya cukup dengan menggunakan iframe, nanti bisa memasukkan video dari sumber lain seperti Google Drive, YouTube, Openload dan lain sebagainya untuk bisa di putar di website. 

contohnya
kode: 

 


seperti ini contohnya: 

Kita bisa menyesuaikan ukuran panjang dan lebar iframe sendiri. 


6. Kelebihan dan kekurangan web movie 

Kelebihan: website nonton film online cukup banyak peminatnya, selain itu sangat mudah sekali mendapatkan pengiklan, kalau soal penghasilan web movie ini sangat menggiurkan. Kekurangan: rawan di blokir oleh operator Indonesia, tapi bisa mengakalinya dengan redirect ke domain baru. 

Demikianlah secara garis besar cara membuat website movie online, mohon maaf penulis belum bisa membahasnya dengan detail. Jika nanti merasa kesulitan dalam membuat website movie ini, bisa menggunakan jasa penulis untuk membuat webnya sekaligus optimasi SEO web tersebut, plus suport konsultasi sampai bisa.
Salam

Tips Membuat Paspor Online Menggunakan Android

Selain melalui website, pembuatan paspor secara online juga bisa dilakukan lewat aplikasi. Semenjak, bulan Mei lalu kantor imigrasi sudah mulai menerapkan permohonan aplikasi melalui aplikasi yang dinamakan Antrian Paspor. Saat ini, Antrian Paspor baru tersedia di Android.

Untuk bisa menggunakan layanan tersebut, pemohon harus mengunduh aplikasi ‘Antrian Paspor’ di Play Store. Setelah itu, bisa langsung masuk ke aplikasi. Namun, sebelumnya pemohon diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa melakukan tahap demi tahap Antrian Paspor.


Kita juga harus mengisi data pribadi dari mulai username hingga nomor induk kependudukan. Setelah data terisi lengkap maka kita telah berhasil dan akan melalui proses validisi. Dengan demikian, secara resmi telah terdaftar dalam aplikasi ini.

Selanjutnya, dapat mengisi kolom username dan password yang nantinya akan terhubung ke halaman permohonan antrean. Pada tahapan tersebut, kita akan memilih Kantor Imigrasi yang akan menjadi tempat proses pembuatan paspor. Setelah dipilih, ada halaman antrean paspor dan apabila telah selesai tinggal diklik tombol lanjut. Nantinya akan mendapatkan email konfirmasi waktu pembuatan paspor di kantor imigrasi.

Aplikasi Antrian Paspor hanya bisa digunakan oleh pemohon di seluruh Kantor Imigrasi, tapi  ada kemungkinan tidak bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia karena layanan ini masih dalam tahap pengembangan.