SOAL danJAWABAN URAIAN PLPG

II.  URAIAN
Petunjuk :
·         Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas !
1.     Perencanaan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) dimulai dari penilaian kinerja guru, melalui tes formatif awal tahun dan guru melakukan evaluasi diri, sebagai dasar penyusunan program dan kegiatan pengembangan guru. Pertanyaan sudahkah Saudara melakukan evaluasi diri ? Sebutkan kelebihan dan kekurangan Saudara terkait dengan kompetensi guru. Bagaimana uasaha Saudara untuk memperbaiki kekurangan Saudara dan mempertahankan kelebihan Saudara ?
2.     Penilaian proses pembelajaran pada kurikulum 2013, menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai hasil belajar siswa pada dominan sikap, pengetahuan dan keterampilan.
a.      Bagaimanakah gradasi proses pemerolehan hasil belajar pada dominan sikap ?
b.     Sebutkanlah hasil belajar yang berupa nilai-nilai karakter pada dominan sikap, sebagai individu ?
3.     Seorang guru akan memberikan pelajaran dengan tema berbagai pekerjaan dan sub temanya adalah jenis-jenis pekerjaan kepada siswa SD, dengan indikatornya sebagai berikut ;
a.      Menjelaskan sumber daya alam disuatu daerah dan menghubungkannya dengan jenis pekerjaan yang ada.
b.     Mengidentifikasi keberadaan jenis-jenis pekerjaan serta hubungannya dengan kondisi geografis.
c.      Mengolah informasi tentang proses pembuatan garam.
Kembangkan pembelajaran yang sesuai dengan indikator tersebut dengan pendekatan scientific.
4.     Seorang guru akan memberikan pelajaran dengan tema berbagai pekerjaan dan sub temanya adalah jenis-jenis pekerjaan kepada siswa SD, dengan indikatornya sebagai berikut :
a.      Menjelaskan sumber daya alam disuatu daerah dan menghubungkannya dengan jenis pekerjaan yang ada.
b.     Mengidentifikasi keberadaan jenis-jenis pekerjaan serta hubungannya dengan kondisi geografi.
c.      Mengolah informasi tentang proses pembuatan garam.
Kembangkan teknik penilaian (tes dan non tes) yang sesuai dengan indikator tersebut.


5.     Bacalah dan amati kedua wacana berikut :
Kemudian mobil meluncur kembali, Nyonya Marta tampak bersandar lesu. Tangannya dibalut dan terikat ke leher. Mobil berhenti di depan rumah. Lalu bawahan suaminya beserta istri-istri mereka pada keluar rumah menyongsong. Tuan Hasan memapah istrinya yang sakit. Sementara bawahan Tuan Hasan saling berlomba menyambut kedatangan Nyonya Marta.
Siang itu, Sabtu pekan lalu, Ramin bermain bagus. Mula-mula ia menyodorkan sebuah kontramelodi yang hebat, lalu bergantian dengan klarinet, meniupkan garis melodi utamanya. Ramin dan tujuh kawannya berbaris seperti serdadu masuk ke tangsi, mengiringi Ahmad, mempelai pria yang akan menyunting Mulyati, gadis yang rumahnya di Perumahan Kampung Meruyung. Mereka membawakan lagu “Mars Jalan” yang dirasa tepat untuk mengantar Ahmad, sang pengantin …
Pertanyaan :
a.      Adakah perbedaan antara kedua wacana itu, jelaskan ! Termasuk jenis wacana apa kedua bacaan tersebut !
b.     Bagaimanakah cara anada membelajarkannya pada siswa kelas IV SD !
6.     Ilustrasi berikut meneceritakan tentang dua orang yang sedang menanamkan konsep segitiga pada peserta didiknya. Guru pertama memberikan bermacam-macam model segitiga tersebut dari kertas kemudian siswa diminta mengamati bahwa bangun tersebut berbentuk segitiga.
Guru kedua memberikan bermacam-macam segitiga yang terbuat dari kawat kemudian siswa segitiga mac memberikan berbagi dan diminta mengamati bahwa bangun tersebut berbentuk segitiga.
Menurut Anda manakah yang lebih tepat peragaan yang dilakukan oleh dua guru tersebut. Berikan alasannya.
7.     Di negara Indonesia, sistem demokrasi yang dikembangkan serta penerapannya selalu disesuaikan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam ke-5 sila dari Pancasila. Berikan contoh bentuk perilaku demokrasi yang bertentangan dengan sila-sila Pancasila (Untuk setiap sila minimal 3 contoh)

Jawaban :
1.       Sudahkah melakukan evaluasi diri ? sudah
Kelebihan dan kekurangan ?
a.      Kelebihan
-        Mampu menggunakan TIK
-        Mampu menggunakan model-model pembelajaran
-        Membuat alat peraga sesuai dengan RPP
b.     Kekurangan
-        Belum mampu membuat bahan ajar sendiri masih menggunakan rental.
Cara memperbaikinya :
-        Berusaha mencari bahan-bahan ajar dari sumber-sumber yang memanfaatkan lingkungan sekitar.
-        Mempertahankan : membuat secara berkala dan rutin.
2.     Penilaian Autentik
a.      Penilaian autentik harus mampu menggambarkannya sikap ketrampilan dan pengetahuan apa yang sudah atau belum dimiliki oleh PS


3.     Langkah pembelajaran
a.      Kegiatan Awal
-        Siswa diminta menyanyi lagu nenek moyangku
-        Siswa diminta menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan syair lahu di atas
-        Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan proses pembuatan garam.
b.     Kegiatan Inti
-        Siswa mengamati gambar laut
-        Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan wilayah lingkungan laut
-        Siswa diminta diskusi tentang jenis pekerjaan proses pembuatan garam
-        Siswa diminta melaporkan atau menyampaikan hasil diskusi
-        Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi tentang pembuatan garam.
c.      Kegiatan Akhir
-        Siswa mampu menyimpulkan hasil belajar tentang pembuatan garam.
-        Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari untuk mengetahui hasil tercapainya materi
-        Melakukan penilaian hasil belajar
-        Guru memberikan tugas
-        Guru mengajak siswa berdo’a menurut agamanya masing-masing.
4.     Non Tes
Proses
Produk : - pengamatan
                                                                   - portofolio
                                                                    - menanya
                                                                   - membentuk
- Mengamati
- Menanya
- Menalar
- Mencoba
- Membuat jaring.

5.    Bacaan paragraf 1 : Narasi
Tidak ada
Jenis wacana Narasi
Cara mengajarkan dengan gambar seri.
a.   Adakah perbedaan antara wacana paragraf dengan paragraf dua : tidak ada
Karena kedua berusaha menyampaikan menurut urutan terjadinya (kronologis) dengan maksud memberi arti kepada sebuah kejadian atau serentetan kejadeian sehingga pembaca dapat mengerti hikmah dari bacaan tersebut.
Wacana di atas termasuk jenis wacana Narasi
b.   Bagaimana cara anda mebelajarkan pada siswa kelas IV SD ?
Cara saya mengajarkan wacana Narasi pada siswa kelas IV SD dengan menggunakan 1. Gambar Seri
                        2. dengan pengalaman pribadi.

6.       Menurut saya yang lebih baik pakai kawat yaitu guru kedua karena segitiga adalah gabungan dari ketiga ruas garis hubung, dua buah titik dari ketiga titik yang tidak segaris. Berdasarkan konsep tersebut jelas bahwa segitiga hanya berupa gabungan tiga ruas garis yang berarti hanya berupa titik-titik pada   kawat atau keliling saja dan tidak termasuk daerah dalamnya. Segitiga tidak mempunyai luar yang dia punyai hanyalah panjang atau keliling saja. Sedang luas dimiliki oleh daerah segitiga oleh karena itu menurut saya yang paling cocok adalah guru nomor dua.

7.       Menurut

Sila ke 1 ; Ketuhanan yang Maha Esa
         Penistaan Agama
Contohnya:  pelarangan salah satu aliran di Indonesia
1.     Ahmadiyah dilarang berkembang di Indonesia oleh salah satu organisasi agama di Indonesia
2.     Mencampur adukan atau memeluk beberapa agama
Sila ke 2 : Kemanusiaan yang adil dan beradab
Contohnya : 1. Kekerasan dalam rumah tangga
                     2. Melakukan Aborsi
                  3. penggusuran pedagang kaki lima / PKL
Sila ke 3 : Persatuan Indonesia
Contoh : Tawuran antar pelajar
    Tawuran penduduk
    GAM, POM,  Pemekaran wilayah

Sila ke 4 : Kemanusiaan yang adil dan beradab
Contohnya : Demonstrasi anarkhis
                    Kepemimpinan otoriter
                    Sidang paripurna memaksakan kehendak

Sila ke 5 :
Contohnya : - Pemanfaatan sumber daya alam yang tidak merata
                     - Pembangunan yang tidak merata
                     - Mementingkan salah satu golongan.





0 Comments: