Pengertian Mind Map atau Peta Konsep dan Aplikasinya


Peta pikiran adalah cara mudah untuk melakukan brainstorming pikiran secara organik tanpa mengkhawatirkan ketertiban dan struktur. 

Ini memungkinkan untuk menyusun ide-ide secara visual untuk membantu analisis dan mengingat. Peta pikiran adalah diagram untuk mewakili tugas, kata-kata, konsep, atau item yang terkait dengan dan disusun di sekitar konsep sentral atau subjek menggunakan tata letak grafis non-linear yang memungkinkan pengguna untuk membangun kerangka kerja intuitif di sekitar konsep sentral. 

Peta pikiran dapat mengubah daftar panjang informasi monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat teratur yang bekerja sesuai dengan cara alami otak kita dalam melakukan berbagai hal. Peta pikiran dapat digunakan sebagai sistem manajemen konten yang disederhanakan (CMS). Ini memungkinkan untuk menyimpan semua data di lokasi terpusat untuk tetap teratur. 
Dengan berbagai program perangkat lunak pemetaan pikiran hari ini, kita dapat melampirkan file ke cabang yang berbeda untuk fleksibilitas yang lebih tinggi. dan kita juga dapat mengubah ke berbagai tampilan berbeda untuk menemukan yang paling sesuai menurut selera masing masing.

Contoh Peta Konsep :


Apapun profesinya: pelajar, manager, penulis, mahasiswa, pengusaha, atau profesi-profesi lainnya, kita bisa mengambil banyak manfaat dari penggunaan metode mind mapping ini untuk meraih kesuksesan.

Beriklut Aplikasi Mind Mapping yang bisa digunakan secara gratis beseerta dengan contoh mind map nya :


Xmind merupakan mind mapping software yang memiliki fitur lengkap. Software ini sangat mudah untuk digunakan. Walaupun XMind merupakan versi gratis dari XMind Pro, namun fiturnya terbilang paling lengkap dari software mind mapping gratis lainnya. Dengan XMind, bisa membuat Mind Map, Fishbone Diagram, serta spreadsheet. Dilengkapi dengan fitur markers, inline notes, serta hyperlink/attachments..XMind sangat mempermudah dalam melakukan brainstorming.


Setelah selesai membuat mind map, kita bisa mengupload mind map di xmind share. juga bisa mengembed mind map di situs atau blog yang dimiliki. Selain itu, mind map yang dobuat di XMind juga bisa di ekspor ke format software mind mapping populer lainnya seperti FreeMind atau MindManager. Menarik sekali bukan? 
Silahkan download XMind secara gratis disini

XMind tersedia dalam versi Windows, Mac OS, Debian/Ubuntu, serta versi portabel.


Banyak para profesional yang menggunakan FreeMind sebagai software mind map mereka. Hal ini tidaklah mengherankan karena fungsi dan fitur dari FreeMind sangatlah lengkap. Namun demikian, memang secara tampilan software ini masih lebih sederhana jika dibandingkan software mind map gratis lainnya.


Software mind map yang sangat populer ini didownload oleh lebih dari 4000 orang setiap harinya. Hal ini membuktikan bahwa FreeMind bisa menjadi software mind mapping gratis. 
Silahkan download FreeMind disini. FreeMind tersedia dalam versi Windows, Linux, Mac OS, serta binary untuk sistem operasi lainnya.


Cara membuat mind map dengan Edraw MindMap tergolong sangat mudah. Hal ini karena Edraw MindMap merupakan software pembuat mind map instan yang dilengkapi dengan fitur Smart Drawing Guide. Dilengkapi dengan banyak sekali template, style, efek dan banyak contoh mind map dalam berbagai topik, membuat Edraw MindMap menjadi software Mind Mapping yang cocok bagi pemula.


Sebenarnya MindMeister bukanlah sebuah software, tetapi merupakan sebuah web aplikasi yang menyediakan layanan Mind Mapping online. Dengan mendaftarkan diri secara gratis, kita bisa menikmati fitur import, collaborate, share serta layanan MindMeister hingga 3 mind map.

Kelebihan layanan Mind Map online dibandingkan dengan software Mind Map adalah kemampuannya untuk mengkolaborasikan Mind Map dengan teman atau tim kerja. MindMeister mendukung juga untuk beberapa perangkat mobile seperti iPad, iPhone serta Android.

Bagi yang ingin menikmati layanan mind mapping online dari MindMeister, cukup daftarkan di layanan MindMeister Basic disini.

Demikianlah Pengertian Mind Map atau Peta Konsep dan Aplikasinya semoga bermanfaat. Bagi saya, metode mind mapping sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan dan project yang sedang saya kerjakan.

0 Comments: