Kepala Sekolah sebagai Pendidik (Educator)
Membimbing guru dalam hal menyusun dan melaksanakan program pengajaran, mengevaluasi hasil belajar dan melaksanakan program pengajaran dan remedial.
Membimbing karyawan dalam hal menyusun program kerja dan melaksanakan tugas sehari-hari.
Membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler, OSIS dan mengikuti lomba diluar sekolah.
Mengembangkan staf melalui pendidikan/latihan, melalui pertemuan, seminar dan diskusi, menyediakan bahan bacaan, memperhatikan kenaikan pangkat, mengusulkan kenaikan jabatan melalui seleksi calon Kepala Sekolah.
Mengikuti perkembangan iptek melalui pendidikan/latihan, pertemuan, seminar, diskusi dan bahan-bahan.
Kepala Sekolah sebagai Manajer (Manager)
Mengelola administrasi kegiatan belajar dan bimbingan konseling dengan memiliki data lengkap administrasi kegiatan belajar mengajar dan kelengkapan administrasi bimbingan konseling.
Mengelola administrasi kesiswaan dengan memiliki data administrasi kesiswaan dan kegiatan ekstra kurikuler secara lengkap.
Mengelola administrasi ketenagaan dengan memiliki data administrasi tenaga guru dan Tata Usaha.
Mengelola administrasi keuangan Rutin, BOS, dan Komite.
Mengelola administrasi sarana/prasarana baik administrasi gedung/ruang, mebelair, alat laboratorium, perpustakaan.
Kepala Sekolah sebagai Pengelola Administrasi (Administrator)
Menyusun program kerja, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
Menyusun organisasi ketenagaan disekolah baik Wakasek, Pembantu Kepala Sekolah, Walikelas, Kasubag Tata Usaha, Bendahara, dan Personalia Pendukung misalnya pembina perpustakaan, pramuka, OSIS, Olah raga. Personalia kegiatan temporer, seperti Panitia Ujian, panitia peringatan hari besar nasional atau keagamaan dan sebagainya.
Menggerakkan staf/guru/karyawan dengan cara memberikan arahan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas.
Mengoptimalkan sumberdaya manusia secara optimal, memanfaatkan sarana / prasarana secara optimal dan merawat sarana prasarana milik sekolah.
Kepala Sekolah sebagai Penyelia (Supervisor)
Menyusun program supervisi kelas, pengawasan dan evaluasi pembelajaran.
Melaksanakan program supervisi.
Memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja guru/karyawan dan untuk pengembangan sekolah.
Kepala Sekolah sebagai Pemimpin (Leader)
Memiliki kepribadian yang kuat, jujur, percaya diri, bertanggungjawab, berani mengambil resiko dan berjiwa besar.
Memahami kondisi guru, karyawan dan anak didik.
Memiliki visi dan memahami misi sekolah yang diemban.
Mampu mengambil keputusan baik urusan intern maupun ekstern.
Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tertulis.
Kepala Sekolah sebagai Pembaharu (Inovator)
Mampu mencari, menemukan dan mengadopsi gagasan baru dari pihak lain.
Mampu melakukan pembaharuan di bagian kegiatan belajar mengajar dan bimbingan konseling, pengadaan dan pembinaan tenaga guru dan karyawan. Kegiatan ekstra kurikuler dan mampu melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya manusia di Komite dan masyarakat.
Kepala Sekolah sebagai Pendorong (Motivator)
Mampu mengatur lingkungan kerja.
Mampu mengatur pelaksanaan suasana kerja yang memadai.
Mampu menerapkan prinsip memberi penghargaan maupun sanksi hukuman yang sesuai dengan aturan yang berlaku.
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) WAKIL KEPALA SEKOLAH
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
Menyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan program pelaksanaan
Identifikasi dan pengumpulan data
Mewakili Kepala Sekolah untuk menghadiri rapat khususnya yang berkaitan dengan masalah pendidikan
Membuat laporan secara berkala
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) URUSAN KURIKULUM
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
Menyusun program pengajaran
Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
Menyusun jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir
Menerapkan kriteria persyaratan kenaikan kelas dan ketamatan
Mengatur jadwal penerimaan rapor dan STTB
Mengkoordinasikan, menyusun dan mengarahkan penyusunan kelengkapan mengajar
Mengatur pelaksaan program perbaikan dan pengayaan
Mengatur pengembangan MGMP/MGBP dan koordinator mata pelajaran
Melakukan supervisi administrasi akademis
Melakukan pengarsipan program kurikulum
Penyusunan laporan secara berkala
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) URUSAN KESISWAAN
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
Menyusun program pembinaan kesiswaan (OSIS), meliputi: Kepramukaan, PMR, KIR, UKS, PKS, Paskibraka, pesantren kilat
Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam rangka
menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS
Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi
Menyusun jadwal dan pembinaan serta secara berkala dan insidental
Membina dan melaksanakan koordinasi 9 K
Melaksanakan pemilihan calon siswa berprestasi dan penerima bea siswa
Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
Menyusun dan membuat kepanitiaan Penerimaan Siswa Baru dan pelaksanaan MOS
Menyusun dan membuat jadwal kegiatan akhir tahun sekolah
Menyelenggarakan cerdas cermat dan olah raga prestasi
Membuat laporan kegiatan kesiswaan secara berkala
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) URUSAN SARANA PRASARANA
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
Menyusun program pengadaan sarana dan prasarana
Mengkoordinasikan penggunaan sarana prasarana
Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran
Mengelola perawatan dan perbaikan sarana prasarana
Bertanggung jawab terhadap kelengkapan data sekolah secara keseluruhan
Melaksanakan pembukuan sarana dan prasarana secara rutin
Menyusun laporan secara berkala
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) URUSAN HUMAS
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan dewan sekolah
Membina hubungan antara sekolah dengan wali murid
Membina pengembangan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya
Membuat dan menyusun program semua kebutuhan sekolah
Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah
Menciptakan hubungan yang kondusif diantara warga sekolah
Melakukan koordinasi dengan semua staf dan bertanggung jawab untuk mewujudkan 9 K
8. Menyusun program kegiatan bakti sosial, karya wisata, dan pameran hasil pendidikan (gebyar pendidikan)
Mewakili Kepala Sekolah apabila berhalangan untuk mnghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum
Menyusun laporan secara berkala
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) KASUBAG TATA USAHA
Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam kegiatan:
Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
Pengelolaan dan pengarsipan surat-surat masuk dan keluar
Pengurusan dan pelaksanaan administrasi sekolah
Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
Penyusunan administrasi sekolah meliputi kurikulum, kesiswaan dan ketenagaan
Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah secara keseluruhan
Penyusunan tugas staf Tata Usaha dan tenaga teknis lainnya
Mengkoordinasikan dan melaksanakan 9 K
Penyusunan laporan pelaksanaan secara berkala
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) WALI KELAS
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
Mewakili orang tua dan kepala sekolah dalam lingkungan pendidikan
Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Membantu pengembangan keterampilan dan kecerdasan anak didik
Membina karakter, budi pekerti dan kepribadian anak didik
Mengetahui jumlah (Putra dan Putri) dan nama-nama anak didik
Mengetahui identitas lain dari anak didik
Mengetahui kehadiran anak didik setiap hari
Mengetahui masalah-masalah yang dihadapi anak didik
Tingkah laku anak didik sehari-hari di sekolah
Kerajinan, Kelakuan, dan Kedisiplinan anak
Mengambil Tindakan Bila Dianggap Perlu
Pemberitahuan , pembinaan, dan pengarahan
Peringatan secara lesan dan tertulis
Peringatan khusus yang terkait dengan BP/Kepala Sekolah
Memperhatikan buku nilai rapor anak didik
Memperhatikan keberhasilan/kenaikan anak didik
Memperhatikan dan membina suasana kekeluargaan
Penyelenggaraan Administrasi Kelas,meliputi:
Denah tempat duduk anak didik
Daftar Pelajaran dan Daftar Piket
Penyusunan dan pembuatan statistik bulanan anak didik
Pembuatan catatan khusus tentang anak didik
Pencatatan mutasi anak didik
Pengisian dan pembagian buku laporan penilaian hasil belajar
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) GURU PEMBIMBING (BK)
Membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan:
Penyusunan dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling
Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi anak didik tentang kesulitan belajar
Membgerikan layanan dan bimbingan kepada anak didik agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
Memberikan saran dan pertimbangan kepada anak didik dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
Mengadakan penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling
Menyusun statistic hasil penilaian bimbingan dan konseling
Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling
Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan bimbingan dan koseling
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) PUSTAKAWAN SEKOLAH
Membantu Kepala sekolah dalam kegiatan:
Perencanaan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronika
Perencanaan pengembangan perpustakaan
Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
Inventarisasi dan pengadministrasian
Penyimpanan buku/bahan pustaka, dan media elektronika
Menyusun tata tertib perpustakaan
Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) LABORAN
Membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan:
Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium
Mengatur penyimpanan, pemeliharaan, dan perbaikan alat-alat laboratorium
Membuat dan menyusun daftar alat-alat laboratorium
Inventarisasi dan pengadministrasian alat-alat laboratorium
Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium secara berkala
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) G U R U
Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam melaksanakan KBM, meliputi:
Membuat kelengkapan mengajar dengan baik dan lengkap
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan, dan ujian.
Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
Mengisi daftar nilai anak didik
Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan), kepada guru lain dalam proses pembelajaran
Membuat alat pelajaran/alat peraga
Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
Mengadakan pengembangan program pembelajaran
Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar anak didik
Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum memulai pelajaran
Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya
Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkat
TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) GURU PIKET
Meningkatkan pelaksanaan 9 K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerindangan, kesehatan, keteladanan, dan keterbukaan)
Mengadakan pendataan dan mengisi buku piket
Menertibkan kelas-kelas yang kosong dengan jalan menginval
Pada jam ke 2 harus berusaha menghubungi orang tua siswa yang tidakmasuk tanpa keterangan. Melalui telepon, atau mengunjungi ke rumah bagi yang tidak memiliki telepon
Mencatat beberapa kejadian:
guru dan siswa yang terlambat,
guru dan siswa yang pulang sebelum waktunya,
kelas yang pulang / dipulangkan sebelum waktunya,
kejadian-kejadian penting lainnya
Mengawasi siswa sewaktu berada diluar kelas karena istirahat. Dan keliling kelas sambil mengingatkan siswa untuk beristirahat bagi siswa yang masih berada di dalam kelas
Petugas piket harus hadir paling sedikit 5 menit sebelum bel masuk.
Melaporkan kasus-kasus yang bersifat khusus kepada wali kelas atau guru pembimbing
Mengawasi berlakunya tata tertib sekolah
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Setia kepada Pancasila, UUD 1945, dan negara
Menjunjung tinggi harkat dan martabat peserta didik
Berbakti kepada peserta didik dalam membantu mereka mengembangkan diri
Bersikap ilmiah dan menjunjung tinggi pengetahuan, ilmu, teknologi, dan seni sebagai wahana dalam pengembangan peserta didik
Lebih mengutamakan tugas pokok dan atau tugas negara lainnya daripada tugas sampingan
Bertanggung jawab, jujur, berprestasi, dan akuntabel dalam bekerja
Dalam bekerja berpegang teguh kepada kebudayaan nasional dan ilmu pendidikan
Menjadi teladan dalam berperilaku
Memiliki sifat kepemimpinan
Menciptakan suasana belajar atau studi yang kondusif
Memelihara keharmonisan pergaulan dan komunikasi serta bekerja sama dengan baik dalam pendidikan
Mengadakan kerja sama dengan orang tua siswa dan tokoh- tokoh masyarakat
Taat kepada peraturan perundang-undangan dan kedinasan
Mengembangkan profesi secara kontinu
Secara bersama-sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi profesi
TATA TERTIB GURU DAN KARYAWAN
Hari Dinas selama 6 hari kerja
Mempersiapkan sarana dan kelengkapan proses pembelajaran
Mengisi daftar hadir saat datang dan pulang
Mengisi jurnal kegiatan pembelajaran sehari-hari
Mengumpulkan jurnal kegiatan pada akhir semester
Melaksanakan tugas piket sesuai jadwal yang telah disepakati
Melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawabnya
Memahami dan mengamalkan Wawasan Wiyata Mandala
Apabila berhalangan hadir dalam dinas, harus:
Ada pemberitahuan (surat / kurir / telepon / SMS)
Substansi izin harus jelas dan sesuai ketentuan kedinasan
Ada surat dokter (apabila sakit lebih dari 3 hari)
Memberikan/mengirimkan tugas untuk siswa melalui guru piket
Memakai seragam dengan atribut lengkap:
Hari Senin memakai PSH abu-abu (Guru) dan PDH Hansip (Karyawan)
Hari Selasa – Rabu memakai PSH warna bebas (Guru) dan PDH Coklat (Karyawan)
Hari Jum’at – Sabtu memakai pakaian bebas rapi
Setiap tanggal 17 Agustus memakai pakaian KORPRI
Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin/hari besar nasional
Melaksanakan tugas menjadi pembina upacara sesuai dengan jadwal