Tutorial Mendapatkan Dollar dengan LinkShrink

Internet bukan hanya sekedar untuk mencari Informasi atau hanya bermain media sosial, karena dengan Internet maka bukan tidak mungkin uang akan mengalir ke kantong kita

Tutorial Buat RDP Windows 10 di Digital Ocean

sebelum instalasi kita sudah memiliki akun DigitalOcean, jika belum bisa membeli akun digitalocean atau membuat sendiri akun digitalocean menggunakan kartu kredit atau paypal.

Langkah memakai OBS

Langkah memakai OBS untuk screen recording tidak sepanjang untuk streaming. Relatif lebih mudah..

Panduan Live streaming di Facebook


Tool dan Panduan Live streaming di Facebook
Streaming Langsung di Facebook
Jika kita pada masa masa sebelumnya, mungkin kita tidak menyadari akan begitu cepatnya pertumbuhan dari Facebook Live dan streaming langsung.

Saya akan coba berbagi dengan apa yang perlu diketahui tentang Live streaming
Sebelumnya mari kita baca sejenak kiat dan taktik yang Anda butuhkan untuk Facebook Live streaming.

1.      Apa persyaratan bandwidth untuk streaming langsung?

Mari mulai dengan streaming di lokasi masing masing...
Koneksi internet akan memiliki kecepatan upload dan kecepatan download.

Untuk memeriksa kecepatan mari gunakan Speedtest
Berikut kecepatan unggahan dan unduhan untuk saluran kami (lihat baris teratas dalam diagram)
Tes Kecepatan Internet Speedtest
Tes Kecepatan Internet

Saat menonton streaming langsung, kita  ingin memiliki kecepatan unduh yang tinggi.
Saat streaming, kita juga ingin memiliki kecepatan unggah yang tinggi.

Livestream, yang berada di ruang streaming langsung, menyarankan bahwa jika kita streaming video HD (definisi tinggi), kita memerlukan kecepatan unggahan minimal 5Mbps tetapi idealnya cukup memiliki setidaknya 10Mbps. Apa pun yang dikatakan penyedia internet, kita selalu ada fluktuasi dalam bandwidth yang tersedia sehingga lebih baik memiliki sebanyak mungkin.

Berikut adalah tabel dari Livestream yang menunjukkan persyaratan bandwidth yang direkomendasikan:
persyaratan bandwidth yang direkomendasikan untuk streaming
persyaratan bandwidth yang direkomendasikan
Kitadapat melihat dari atas bahwa kita juga dapat streaming langsung dengan tidak banyak bandwidth. Selama menyiarkan menggunakan SD (definisi standar) dan menerima kemungkinan akan ada beberapa masalah dan penundaan.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi jumlah data yang lota transmisikan saat melakukan streaming langsung. Saya berasumsi nanti sedang melakukan streaming langsung baik audio dan video!

Inilah faktor yang paling penting:
SD / HD - Perbedaan antara tampilan SD (standard definition) dan HD (display) benar-benar kualitas gambar. Kita akan mendapatkan gambar yang lebih tajam dengan HD tetapi SD masih berkualitas baik. Transmisi definisi standar biasanya 720 × 480 dan HD bisa naik ke 1920 x 1080. Jangan khawatir tentang video 4k !!

Frekuensi gambar - Ini adalah jumlah bingkai per detik yang ditransmisikan. Jika kita melakukan serangkaian wawancara, standar 30 bingkai per detik adalah sempurna tetapi jika ingin melakukan streaming langsung pertandingan sepak bola di mana ada banyak aktivitas yang bergerak cepat, kita akan menggunakan 60 bingkai per detik. Jadi ... Kita akan mendapatkan dua kali lipat.
Encoding - Ketika mengirimkan data, itu dikodekan. Pengkodean normal yang digunakan untuk streaming langsung adalah H.264. Ketika menggunakan ini, itu dapat ditampilkan di sebagian besar perangkat.

Ketika melakukan streaming langsung, kita akan melihat beberapa pengaturan ini di layanan streaming langsung sehingga penting untuk mengetahui dasar-dasarnya. Jika tidak ... maka mungkin akan mengirimkan HD menggunakan 60fps (frame per detik) di koneksi seluler yang lambat !!!
Perangkat keras apa yang Anda butuhkan untuk melakukan streaming langsung?
Ada banyak alat yang tersedia. Mari mulai dengan streaming langsung dari tempat kerja kita.

Pengaturan dasar
Yang dibutuhkan untuk bangun dan menjalankan adalah mic internal pada PC dan kamera internal. Kita mengeklik tombol dan mulai berfungsi. Tidak ada yang salah dengan pengaturan ini.

Menengah
Jika ingin meningkatkannya sedikit, kita dapat membeli mikrofon eksternal dan mungkin bahkan kamera eksternal. Kita dapat menggunakan mikrofon USB Blue Snowball dan kamera Logitech HD pro C920.
USB Blue Snowball

Advanced
Dengan penyiapan yang lebih canggih, Anda dapat berinvestasi dalam mikrofon berkualitas sangat bagus:
Dalam gambar diatas, dapat kita lihat :

Heil PR-40 Microphone
Heil PRSM-B Shock Mount
Heil PL2T Tugas Berat Mic Boom Arm w / C-Clamp
Focuswrite 2i2 - Mic saya terhubung ke ini dan ini terhubung ke Mac saya menggunakan USB 
Logitech HD Pro C920 - posisi di atas karena, ketika mulai merekam, kamera ini terlihat jauh lebih baik ketika kamera lebih tinggi dari kita.

Catatan: Tidak ada alat yang sempurna

Bagaimana dengan streaming langsung dari perangkat seluler ? 
Pengaturan yang paling mendasar adalah mengambil ponsel dan penyiaran tetapi kita mungkin ingin memiliki beberapa klip dan klip ekstra.

Untuk ini, kita akan merujuk ke daftar dari berbagai sumber, yang melakukan lebih banyak streaming langsung dari ponsel daripada orang lain .
  
Bagaimana dengan menyiapkan Green Screen atau layar hijau?
Jika kita merekam dengan layar hijau, beberapa aplikasi akan memungkinkan untuk mengubah latar belakang saat menyiarkan (misalnya Live Air). Berikut ini contoh menggunakan layar hijau dan mengganti latar belakang dengan demo aplikasi (perhatikan ini tidak langsung).

http://www.umn.ac.id/fasilitas/

Di studio saya juga menyiapkan sistem di mana dapat menampilkan layar hijau atau layar putih saat membutuhkannya. Latar belakang berada di penggulung jadi hanya menggulirkan set up yang dibutuhkan.

Layar hijau
Pengaturan layar hijau
Ketika ingin tampil di Facebook, ke mana tujuannya?
kita dapat membuka halaman Facebook, profil, atau grup di perangkat seluler.

Jika ingin menayangkan langsung dari perangkat seluler, cukup membuka pembaruan status dan memilih ‘video langsung’.

Jika ingin tampil di Halaman Facebook, pilih opsi menu ‘alat penerbitan’ di bagian kanan atas Halaman Facebook, lalu pilih opsi menu video dan akhirnya klik tombol ‘Langsung’.

Jika ingin melihat siapa yang tinggal di Facebook saat ini, ada peta yang menunjukkan siaran langsung.

Alat perangkat lunak mana yang dapat digunakan untuk membantu penyiaran?
Ada berbagai alat yang tersedia yang akan membantu Anda untuk hidup dengan menyediakan beberapa fungsi tambahan.

Istilah yang perlu Anda kenali: RTMP
RTMP adalah singkatan dari protokol pesan real-time.

Dan untuk alat-alat ini untuk bekerja dengan Facebook, kita juga perlu mendukung RTMP.

Ini hanyalah cara standar untuk bertukar informasi langsung antara dua layanan.

Saat menyiapkan alat untuk terhubung dengan Facebook, kita perlu mencari tahu informasi seperti streaming. Ini adalah cara Facebook mengetahui siapa data yang mereka peroleh dari server lain milik.

Fungsionalitas yang akan Anda lihat di alat ini
Saat menggunakan Facebook secara langsung, kita dibatasi dalam kaitannya dengan apa yang dapat kita lakukan. kita dapat menampilkan kamera depan dan kamera belakang tetapi itu saja.

Apa lagi yang ingin dilakukan:

  • Tambahkan lapisan - di layar kita mungkin ingin menambahkan pada lapisan tambahan. Misalnya, ketika kita menyiarkan mungkin ingin logo muncul atau informasi tentang acara di bagian bawah layar.
  • Tunjukkan desktop - Daripada melakukan video sendiri, kita mungkin ingin menampilkan desktop 
  • Tambahkan gambar - Saat kita menyiarkan, mungkin berguna untuk menampilkan gambar pada waktu tertentu. Misalnya, jika memiliki kesepakatan untuk produk, kita dapat mengklik tombol dan menampilkan gambar ini.
  • Beberapa penyiar - Facebook sedang menguji fungsi ini sehingga kita akan dapat melakukan hal ini segera. kita mungkin ingin memiliki banyak orang di Facebook Live dari berbagai lokasi.
  • Perekaman - Rekam secara otomatis apa yang kita streamingkan.
  • Konfigurasi lebih lanjut - Facebook menyediakan konfigurasi default untuk streaming langsung tetapi kita mungkin ingin menyesuaikan beberapa pengaturan.
Ada banyak alat yang tersedia, misalnya:

Huzza
OBS
Studio Switcher
Platform live streaming Huzza
Huzza adalah platform live-streaming yang memungkinkan untuk live streaming langsung di Huzza dan juga ke Facebook, secara bersamaan.

Fungsi streaming langsung untuk streaming ke Facebook saat ini dalam Beta. Pemeriksa Media Sosial menjalankan acara mingguan di Huzza tetapi menggunakan Wirecast (lihat nanti) untuk melakukan streaming langsung ke Facebook. Saya yakin mereka akan menghapus Wirecast ketika fungsionalitas Facebook Live keluar dari versi beta.

Beginilah cara streaming langsung di Huzza (ini adalah acara Penguji Media Sosial mingguan).

Pemasaran media sosial
Streaming di Huzza
Kita dapat melihat bahwa kita dapat memiliki banyak host sebagai bagian dari pertunjukan.

Di sebelah kanan, ada sesi obrolan dan tanya jawab. Ini hanya tersedia di Huzza sehingga kita tidak dapat melihatnya di Facebook.

Ini adalah bagaimana streaming langsung terlihat di Facebook saat disiarkan dari Huzza ke Wirecast (menggunakan RTMP).
https://www.krishna.me

Dapat melihat bahwa kita dapat memiliki banyak host sebagai bagian dari pertunjukan.

Di sebelah kanan, ada sesi obrolan dan tanya jawab. Ini hanya tersedia di Huzza sehingga Anda tidak dapat melihatnya di Facebook.

Ini adalah bagaimana streaming langsung terlihat di Facebook saat disiarkan dari Huzza ke Wirecast (menggunakan RTMP).

huzza
Saat Anda menggunakan Huzza, kita juga mendapatkan opsi berbagi layar sehingga dapat menghapus penyiar dan membagikan layar komputer dengan audiens

Baru-baru ini, mereka juga mengumumkan ruang biru, yang berarti kita dapat memastikan siaran langsung terlihat dan terdengar ok sebelum membukanya ke publik.

Pendapat tentang Huzza: 
Ini mudah digunakan dan berfungsi dengan baik. Jika ingin fungsi tambahan (mis., Bertukar iklan dengan lebih mudah), kita dapat menggunakannya bersama dengan perangkat lunak OBS (lihat di bagian  bawah), tetapi bagi kebanyakan orang, fungsionalitas yang disediakan akan cukup. Karena Facebook Live saat ini dalam versi beta, kita harus menunggu dan melihat.

Huzza telah berputar sekali sejak pendanaan putaran benih pada bulan Desember sehingga sulit untuk mengetahui di mana mereka akan berakhir dengan produk live-streaming mereka.

Inilah tagline sebelumnya:
"Huzza memungkinkan musisi untuk terlibat, menumbuhkan dan memonetisasi khalayak online mereka melalui pertunjukan video live-stream."

OBS - Buka Perangkat Lunak Broadcaster
OBS (Open Broadcaster Software) adalah perangkat lunak open-source gratis yang dapat digunakan untuk menyiarkan ke Live. Ada banyak konfigurasi yang berpotensi dapat dilakukan dengan itu tetapi kita dapat mengabaikan banyak opsi.

Ini adalah produk berbasis desktop.
Saat mengunduh OBS, kita akan memiliki opsi Classic atau Studio. Jangan pilih Klasik karena tidak mendukung Facebook Live!

Agar OBS dapat dialirkan ke Facebook, ikuti langkah-langkah berikut:

a) Dapatkan kunci streaming dari halaman bisnis Facebook. - Untuk mendapatkan kunci streaming, pilih menu ‘publishing tools’ di bagian atas Halaman Facebook dan kemudian pilih tombol Live. kemudian akan ditampilkan layar yang serupa dengan yang berikut, di mana dapat mengambil kunci streaming untuk OBS.

Tombol Stream Facebook
Di mana kita mengakses kunci aliran Facebook
 
b) Tambahkan ini di pengaturan untuk OBS. Pastikan layanan disetel ke Facebook Live karena OBS mendukung streaming ke layanan lain juga (mis. YouTube).

c) Mulai streaming dari OBS

d) Lihat preview langsung di Facebook

e) Klik tombol untuk tampil di Facebook.

Suara, video, dll. Semuanya berasal dari OBS dan ini dialirkan ke Facebook menggunakan RTMP (protokol pesan waktu nyata). Facebook mengambil ini dan menyiarkannya ke Halaman Facebook.

Fungsionalitas apa yang tersedia melalui OBS?

Jika berada di belakang layar di sebuah studio TV, kita akan mendengar staf produksi mengatakan hal-hal seperti ‘Ubah ke Kamera 2’, ‘Pilih musik’, ‘Ubah ke kamera 1’.
dapat melakukan hal serupa dengan OBS.

Kita mengatur berbagai adegan dan kemudian dapat bertukar dengan mudah di antara adegan saat kita menyiarkan. Berikut contoh adegan:

Adegan 1 - Video 1 & Audio 1 - Anda menampilkan salah satu kamera pada tamu dan ada audio yang tersedia.

Adegan 2 - Video 2 & Audio 2 - Dengan mengklik tombol dapat mengubah ke kamera yang berbeda (saat Anda tinggal)

Adegan 3 - Rekaman video dengan audio - Mungkin memiliki iklan yang ingin mainkan di antara semua yang kita tunjukkan

Adegan 4 - Gambar diam - kita memiliki gambar yang ditampilkan sebelum siaran langsung.

Silahkan tambahkan ide untuk eksperimen

Kami menjalankan tantangan blogging baru-baru ini dan langsung menyiarkan hasilnya ke Facebook. Itu saya di kamera dengan gambar di bagian bawah layar menunjukkan apa acara itu tentang. Selama presentasi, saya beralih ke berbagai gambar dan juga menunjukkan entri pemenang di browser saya. Semuanya bekerja dengan baik. Ini adalah pengaturan di OBS:

Berikut fungsi lain yang mungkin Anda gunakan:

OBS to OBS - menghubungkan satu versi OBS ke yang lain dan kemudian melakukan streaming ke Facebook. Misalnya, jika memiliki seseorang yang jauh kita ingin tambahkan sebagai tamu kita dapat menambahkan mereka sebagai sumber jarak jauh. Masalahnya adalah, sementara RTMP bagus, akan ada penundaan.
Keluaran file (rekaman) ke MP4, atau FLV - Simpan rekaman.

Bagaimana Anda bisa menggunakan OBS dengan Huzza?

Dengan cara yang sama dapat melakukan streaming OBS ke Facebook dapat melakukan hal yang sama ke Huzza. Huzza tidak memiliki semua fungsi yang dimiliki OBS, dengan banyak sumber masukan untuk dipilih, sehingga bisa mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia dengan menggunakan perangkat lunak dari keduanya.

Saat menyiapkan Huzza untuk ditayangkan, pilih 'tab lanjutan'.
Klik pada tombol untuk mengkonversi ke RTMP.

Catat ‘stream key’ yang sekarang ditampilkan. Ini akan terlihat seperti ini 'IanCleary-3561-hsmwdlx'.

Sekarang pergi ke OBS dan pilih Pengaturan -> Streaming. Pilih ‘server pengaliran khusus’ dan masukkan dalam detail berikut:
URL: rtmp: //publish.huzza.io/live
Tombol Stream:
Sekarang, tinggal dengan OBS dan, ketika membuka Huzza, ia akan mengambil aliran dari OBS.

Tonton videonya di OBS untuk mencari tahu cara mengatur sisanya !!

Pendapat saya
Kita mendapatkan banyak fungsi hebat secara gratis dan berfungsi dengan sangat baik. Saya suka itu!

Wirecast dari Telestream
Wirecast adalah perangkat lunak yang bagus tetapi harganya mahal - $ 495 untuk membelinya. kita dapat mencobanya tetapi hanya di lingkungan tes karena itu membuat suara-suara menjengkelkan selama siaran langsung !!

Tetapi perangkat lunaknya sangat hebat dan ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengannya.

Inilah Penampakan utama:



  1. Di sinilah kita melakukan konfigurasi untuk apa yang akan kita siarkan. Misalnya, menyesuaikan suara, atau mengubah tata letak layar.
  2. Kita juga dapat menambahkan sumber lain (mis. Gambar, video, dll.). Ketika mengeklik suatu sumber, inilah yang ingin kita tinggali. Ketika ingin mengubah sumber, cukup klik pada yang lain yang telah siapkan. Jika melihat di bawah ini, akan melihat ada lapisan lain yang dapat kita tambahkan ke sumber. Misalnya, memiliki sumber video dan kemudian memiliki sumber gambar yang menampilkan logo di video.
  3. Ini adalah layar pratinjau sebelum siaran langsung.
  4. Ini adalah tombol untuk ditayangkan.
  5. Ini adalah tombol yang Anda gunakan (yaitu panah) untuk pergi dari pratinjau untuk hidup.
Meskipun perangkat lunaknya $ 495, saya tidak bisa mengatakan itu tidak layak karena jumlah fungsi yang dimiliki tersedia. Ini benar-benar merupakan pengaturan profesional. Berikut beberapa fungsi teratas yang tersedia:

dari berbagai sumber

  • Tambahkan kamera, kamera nirkabel jarak jauh, gambar, desktop, dll. bahkan dapat menambahkan iPhone sebagai sumber kamera
  • Tarik umpan langsung dari internet langsung sebagai sumber
  • Sinkronkan sumber audio atau video apa pun
  • Tarik umpan Twitter langsung
  • Pengeditan sumber yang dinamis - memotong, mengubah ukuran, memfilter, dll.
  • Tombol Chroma - siapkan layar hijau Anda sehingga Anda dapat menampilkan latar belakang yang berbeda
  • Mixer audio internal
  • Pilih dari latar belakang virtual 3D mereka untuk digunakan sehingga tampak seperti satu set (ini melibatkan biaya tambahan karena bekerja dengan dengan beberapa perangkat lunak pihak ketiga)
  • Papan skor.
Pendapat saya

Perangkat lunak yang luar biasa dengan fungsionalitas yang luar biasa. Kehabisan anggaran untuk banyak orang, tetapi, jika memiliki anggaran, itu cukup sepadan.

Ringkasan
Streaming Facebook tidak memiliki cukup fungsi yang tersedia saat ini sehingga perlu menggunakan platform eksternal untuk mendapatkan produksi yang lebih baik. Artikel ini mencakup berbagai opsi. Silahkan ditambahkan?

Jenis Model Pembelajaran Kurikulum 2013


Untuk para pendidik sangat penting mengetahui berbagai jenis model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas mengajarnya dikelas. Berikut jenis-jenis model pembelajaran yang bisa dijadikan referensi mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar.

1. Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)

Model pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dengan menghubungkan antara materi ajar dengan situasi dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kontekstual dimulai dengan sajian atau tanya jawab.

Dengan tanya jawab lisan yang ramah, terbuka, negosiasi terkait dengan dunia nyata kehidupan siswa akan terasa manfaat dari materi yang akan disajkan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran siswa menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif, nyaman dan menyenangkan.

Mendorong siswa agar dapat menghubungkan antara pengetahuan yang diperolehnya dalam pembelajaran dengan kehidupan mereka sehari-hari merupakan tujuan model pembelajaran kontekstual.

Jadi, keterampilan dan pengetahuan siswa dalam model ini diperoleh dari usaha siswa itu sendiri dalam mengkonstruksi pengetahuan baru merekan ketika belajar dikelas.

Indikator pembelajaran kontekstual ada tujuh. Tujuh indikator ini bisa membedakan model pembelajaran kontekstual. dengan model lainnya. Tujuh Indikatornya yaitu:

Modeling

Modeling terkait bagaimana pemusatan perhatian, motivasi, penyampaian kompetensi tujuan, pengarahan petunjuk, rambu-rambu, serta contoh yang disajikan.

Questioning

Questioning mengenai bagaimana mengeksplorasi, membimbing, menuntun, mengarahkan, mengembangkan, evaluasi, inkuiri, serta generalisasi.


Learning Community

Learning Community yaitu terkait bagaimana seluruh siswa partisipatif dalam belajar kelompok atau individual, minds-on, hands-on, mencoba, mengerjakan.

Inquiry

Inquiry artinya menemukan. Inquiri dalam pembelajaran kontekstual terkait proses identifikasi, investigasi, hipotesis, konjektur, generalisasi, dan menemukan.

Constructivism

Seperti arti katanya, Constructivism yaitu tentang cara membangun pemahaman sendiri, mengkonstruksi konsep-aturan, dan analisis-sintesis dalam pembelajaran kontekstual.


Reflection

Reflection dalam model pembelajaran kontekstual berupa kegiatan reviu, rangkuman, serta tindak lanjut.

Authentic Assessment

Penilaian selama proses dan sesudah pembelajaran disebut Authentic Assessment, yaitu penilaian dengan berbagai cara terhadap setiap aktivitas dan usaha siswa, penilaian portofolio, penilaian seobjektif-objektifnya dari berbagai aspek.

2. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok kecil, sehingga mereka terdorong untuk saling membantu dalam mempelajarai materi pelajaran.

Manusia sebagai makhluk sosial adalah tidak bisa hidup sendiri serta memerlukan orang lain, sehingga pembelajaran koperatif menyesuaikan fitrah ini. Dalam model pembelajaran ini siswa mempunyai tujuan, tanggung jawab, dan pembagian tugas bersama.

Belajar berkelompok koperatif, siswa dibiasakan untuk saling membantu, berbagi (sharing) pengetahuan, pengalaman, tugas, dan tanggung jawab. Siswa berlatih beinteraksi, komunikasi, sosialisasi hidup bermasyarakat, dan belajar menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kompak dan partisipatif, maka tiap anggota kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang, siswa heterogen secara kemampuan, gender dan karekter, serta meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.

Berdasarkan hal tersebut maka Sintaks pembelajaran koperatif adalah informasi, pengarahan, strategi, membentuk kelompok heterogen, kerja kelompok, presentasi hasil kelompok, dan pelaporan.

Beberapa jenis model pembelajaran koperatif adalah sebagai berikut:

Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division)

Sintaks model pembelajaran Student Teams Achievement Division yaitu pengarahan, buat kelompok heterogen antara 4 sampai 5 orang, diskusikan bahan belajar, lembar kerja siswa (LKS) atau modul secara kolabratif.

Kemudian sajian presentasi kelompok sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa atau kelompok, umumkan rekor tim dan individual dan berikan reward.

Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)

Salah satu tipe dari pembelajaran koperatif lainnya adalah model pembelajaran Numbered Head Together. Sintaks model pembelajaran NHT adalah pengarahan, buat kelompok heterogen dan tiap siswa memiliki nomor tertentu.

Lalu berikan persoalan materi bahan ajar untuk tiap kelompok sama tapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama.

Siswa bekerja dengan kelompoknya, presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing. Dari kegiatan itu akan terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan jangan lupa beri reward.

Model Pembelajaran TPS (Think Pairs Share)

Model Pembelajaran Think Pairs Share merupakan model pembelajaran tipe koperatif dengan sintaks: Guru menyajikan materi klasikal, berikan persoalan kepada siswa.

Setelah itu siswa bekerja kelompok dengan cara berpasangan sebangku-sebangku (think-pairs), presentasi kelompok (share), kuis individual, buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan berikan reward.


Model Pembelajaran Jigsaw

Model pembelajaran jigsaw termasuk pembelajaran koperatif dengan sintaks: pengarahan, informasi bahan ajar, buat kelompok heterogen, berikan bahan ajar (LKS) yang terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan banyak siswa dalam kelompok.

Tiap anggota kelompok bertugas membahas salah satu bagian dari materi, tiap kelompok bahan belajar sama. Bentuk kelompok ahli sesuai bagian bahan ajar yang sama sehingga terjadi kerja sama dan terbentuk diskusi.

Anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal, pelaksanaan tutorial pada kelompok asal oleh anggota kelompok ahli, penyimpulan, evaluasi, dan terakhir lakukan refleksi.

3. Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning)

Model Pembelajaran Langsung merupakan model pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan pengetahuan yang bersifat informasi dan prosedural yang menjurus pada keterampilan dasar.

Sintak model pembelajaran langsung adalah menyiapkan siswa, sajian informasi dan prosedur, latihan terbimbing, refleksi, latihan mandiri, dan evaluasi. Cara ini sering disebut dengan metode ceramah atau ekspositori (ceramah bervariasi).

4. Model Pembelajaran Kuantum

Model pembelajran kuantum merupakan model pembelajaran yang dirancang dari berbagai teori kognitif yang menggunakan cara dan alat yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar siswa sehingga mereka dapat belajara dengan mudah.

5. Model Pembelajaran Realistik (Realistic Mathematics Education)

Model pembelajaran yang mempunyai pola guided reinvention dalam mengkontruksi konsep aturan melalui process of mathematization disebut model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME).

Yang merupakan Process of mathematization adalah matematika horizontal yaitu meliputi tools, fakta, konsep, prinsip, algoritma, aturan untuk digunakan dalam menyelesaikan persoalan, proses dunia empirik.

Selain horizontal, process of mathematization juga vertikal meliputi reoorganisasi matematik melalui proses dalam dunia rasio, pengembangan matematika.

Model pembelajaran realistik mempunyai prinsip aktivitas (doing) konstruksivis, realitas yaitu kebermaknaan proses aplikasi, pemahaman yaitu menemukan informal dalam konteks melalui refleksi, informal ke formal.

Inter-twinment (keterkaitan intekoneksi antar konsep), interaksi (pembelajaran sebagai aktivitas sosial, sharing), dan bimbingan (dari guru dalam penemuan) juga menajdi prinsip dalam model pembelajaran realistik ini.

6. Pembelajaran Berbasis masalah (Problem Based Learning)

Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajarn yang meyajikan masalah kontekstual. Model ini tidak banyak fokus pada apa yang sedang dikerjakan siswa tetapi pada apa yang siswa pikirkan selama mengerjakannya.

Model pembelajaran problem based learning merupakan model pembelajaran yang melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah otentik dari kehidupan aktual siswa.

Pada model pembelajaran problem based learning Guru hanya berperan sebagai fasilitator. Guru hanya membimbing siswa agar dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

Kondisi yang tetap harus tercipta dalam model pembelajaran ini adalah suasana kondusif, terbuka, negosiasi, demokratis, suasana nyaman dan menyenangkan agar siswa dapat berpikir optimal.

Model pembelajaran berbasis masalah merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi. Model pembelajaran ini mempunyai indikator yaitu metakognitif, elaborasi (analisis), interpretasi, induksi, identifikasi, investigasi, eksplorasi, konjektur, sintesis, generalisasi, dan inkuiri.


7. Model Pembelajaran Problem Solving

Problem solving adalah mencari atau menemukan cara penyelesaian (menemukan pola, aturan, atau algoritma). Dalam model pembelajaran problem solving masalah didefinisikan sebagai suatu persoalan yang belum dikenal cara penyelesaiannya.

Model pembelajaran problem solving mempunyai sintak: sajikan permasalahan yang memenuhi kriteria, siswa berkelompok atau individual mengidentifikasi aturan yang disajikan, siswa mengidentifkasi, mengeksplorasi, menginvestigasi, menduga, dan akhirnya menemukan solusi.

8. Model Pembelajaran Problem Posing

Model pembelajaran problem posing merupakan kegiatan pemecahan masalah melalui elaborasi, yaitu merumuskan kembali masalah menjadi bagian-bagian yang lebih simple sehingga dipahami.

Pemahaman, jalan keluar, identifikasi kekeliruan, menimalisasi tulisan hitungan, cari alternative, kemudian menyusun soal dan pertanyaan adalah sintak model pembelajaran problem solving.

9. Model Pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended)

Model pembelajaran dengan problem terbuka adalah pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa beragam atau multi jawab.

Melatih dan menumbuhkan keaslian ide, kreativitas, kognitif tinggi, kritis, komunikasi-interaksi, berbagi, keterbukaan, dan sosialisasi merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam model pembelajaran problem terbuka.

Dalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk mengembangkan metode, cara, atau pendekatan yang bervariasi dalam memperoleh jawaban yang beragam. Selanjutnya siswa juga diminta untuk menjelaskan proses mencapai jawaban tersebut.

Kesimpulannya, model pembelajaran ini lebih mementingkan proses dari pada produk (hasil). Karena proseslah yang akan membentuk pola pikir, keterpasuan, keterbukaan, dan ragam berpikir siswa.

Sajian masalah dalam model pembelajaran ini haruslah kontekstual kaya makna secara matematik dengan menggunakan gambar, diagram, dan table.

Pengembangan permasalahan model pembelajaran problem terbuka sesuai dengan kemampuan berpikir siswa, kaitkan dengan materi selanjutnya, siapkan rencana bimbingan, kemudian sedikit demi sedikit siswa dilepas mandiri.

Sintaknya model pembelajaran ini adalah menyajikan masalah, pengorganisasian pembelajaran, perhatikan dan catat respon siswa, bimbingan dan pengarahan, membuat kesimpulan.

10. Model Pembelajaran Probing Prompting

Model pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa disebut dengan model pembelajaran probing prompting.

Dengan model ini siswa mendapatkan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Setelah itu siswa mengkonstruksi konsep-prinsip-aturan menjadi pengetahuan baru, dengan demikian pengetahuan baru tidak diberitahukan.

Dengan model pembelajaran ini, proses tanya jawab dilakukan dengan menunjuk siswa secara acak sehingga setiap siswa mau tidak mau harus berpartisipasi aktif, setiap saat ia bisa dilibatkan dalam proses tanya jawab.

Untuk mengurangi ketegangan, guru hendaknya memberi pertanyaan disertai dengan wajah ramah, nada lembut, senyum, sehingga suasana menjadi nyaman, menyenangkan, dan ceria. Jawaban siswa yang salah harus dihargai karena salah adalah cirinya dia sedang belajar, ia telah berpartisipasi.

11. Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)

Model pembelajaran Teams Games Tournament merupakan model yang mempunyai cara penerapan mengelompokkan siswa heterogen, tugas tiap kelompok bisa sama bisa berbeda. Setelah memperoleh tugas, setiap kelompok bekerja sama dalam bentuk diskusi.

Dinamika kelompok dalam model ini harus kohesif dan kompak, serta tumbuh rasa kompetisi antar kelompok. Guru harus bersikap terbuka, ramah, santun sehingga suasana diskusi nyaman dan menyenangkan seperti dalam kondisi permainan (games).

Setelah selesai kerja kelompok sajikan hasil kelompok sehingga terjadi diskusi kelas.

Jika waktunya memungkinkan TGT bisa dilaksanakan dalam beberapa pertemuan. Sintaknya adalah sebagai berikut:

Bentuk kelompok siswa heterogen yang terdiri dari 4 orang, kemudian berikan informasi pokok materi dan mekanisme kegiatan pada semua kelompok.

Siapkan meja turnamen secukupnya, missal 10 meja dan untuk tiap meja ditempati 4 siswa yang berkemampuan setara.

Siswa dengan level tertinggi dari tiap kelompok mengisi meja I dan seterusnya sampai siswa yang levelnya paling rendah menempati meja ke-X. Penentuan tiap siswa yang duduk pada meja tertentu berdasarkan hasil kesepakatan kelompok.

kemudian pelaksanaan turnamen, setiap siswa mengambil kartu soal yang telah disediakan pada tiap meja dan mengerjakannya untuk jangka waktu tertentu, misalnya 3 menit.

Siswa bisa mengerjakan lebih dari satu soal dan hasilnya diperiksa dan dinilai, sehingga diperoleh skor turnamen untuk tiap individu dan sekaligus skor kelompok asal. Beri sebutan (gelar) superior, very good, good, medium kepada siswa pada tiap meja turnamen sesuai dengan skor yang diperolehnya.

Bumping, pada turnamen kedua dst dilakukan pergeseran tempat duduk pada meja turnamen sesuai dengan sebutan gelar tadi, siswa superior dalam kelompok meja turnamen yang sama, begitu pula untuk meja turnamen yang lainnya diisi oleh siswa dengan gelar yang sama.

Terkahir, hitunglah skor untuk tiap kelompok asal dan skor individual, setelah selesai berikan penghargaan kelompok dan individual.

12. Model Pembalajaran TTW (Think Talk Write)

Pembelajaran Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang dimulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan alternative solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi.

Setelah di presentasikan kemudian buat laporan hasil presentasi. Sintak dalam model pembelajaran ini adalah informasi, kelompok (membaca, mencatatat, menandai), presentasi, diskusi, melaporkan.

13. Model Pembalajaran TS-TS (Two Stay – Two Stray)

Model pembalajaran Two Stay – Two Stray adalah model pembelajaran dengan cara siswa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan kelompok lain. Sintak dalam pembelajaran ini adalah kerja kelompok.

Kerja kelompok dimulai dengan dua siswa bertamu ke kelompok lain dan dua siswa lainnya tetap di kelompoknya untuk menerima dua orang tamu dari kelompok lain. Mereke kerja kelompok lalu kembali ke kelompok asal dan membuat laporan kelompok.

14. Model Pembalajaran Debate

Model pembalajaran debate memiliki sisntaks: siswa dibagi menjadi 2 kelompok kemudian duduk berhadapan, siswa membaca materi bahan ajar untuk dicermati oleh masing-masing kelompok.

Perwakilan salah satu kelompok menyajikan presentasi hasil bacaan, kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya secara bergantian, begitu seterusnya. Guru membimbing membuat kesimpulan.

15. Model Pembalajaran Role Playing

Sintak dari model pembalajaran role playing adalah guru menyiapkan skenario pembelajaran, menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario tersebut, pembentukan kelompok siswa, penyampaian kompetensi.

Kemudian siswa ditunjuk untuk melakonkan skenario yang telah dipelajarinya. Kelompok siswa membahas peran yang dilakukan oleh pelakon dan mempresentasikan hasil kelompok. Lalu bimbingan kesimpulan dan refleksi.

16. Model Pembalajaran Talking Stick

Sintak model pembalajaran talking stick yaitu guru menyiapkan tongkat, sajian materi pokok, siswa membaca materi lengkap pada wacana, guru mengambil tongkat dan memberikan tongkat kepada siswa.

Siswa yang diberi tongkat menjawab pertanyaan dari guru, tongkat diberikan kepada siswa lain dan guru memberikan pertanyaan lagi dan seterusnya. Lalu guru membimbing kesimpulan, refleksi, dan evaluasi.

17. Model Pembalajaran Snowball Throwing

Model pembalajaran snowball throwing sintaknya: informasi materi secara umum, membentuk kelompok, pemanggilan ketua dan diberi tugas membahas materi tertentu di kelompok, kemudian bekerja kelompok.

Setiap kelompok menuliskan pertanyaan dan pertanyaan itu diberikan kepada kelompok lain, kelompok lain menjawab secara bergiliran, serta melakukan penyimpulan, melakukan refleksi dan melakukan evaluasi.

18. Model Pembalajaran Demostration

Model pembalajaran demostration ini khusus untuk materi yang memerlukan peragaan media atau eksperimen.

Sintaksnya adalah: informasi kompetensi, sajian gambaran umum materi bahan ajar, membagi tugas pembahasan materi untuk tiap kelompok, menunjuk siswa atau kelompok untuk mendemonstrasikan bagiannya, dikusi kelas, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

19. Model Pembalajaran Make A Match

Yang harus dipersiapkan oleh guru pada model pembelajaran make a match adalah kartu yang berisi persoalan atau permasalahan dan kartu yang berisi jawabannya. Lalu setiap siswa mencari dan mendapatkan sebuah kartu soal dan berusaha menjawabnya.

Setiap siswa mencari kartu jawaban yang cocok dengan persoalannya siswa yang benar mendapat nilai reward, kartu dikumpul lagi dan dikocok, untuk babak berikutnya pembelajaran seperti babak pertama, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

20. Model Pembalajaran Mind Mapping

Model pembalajaran mind mapping sangat cocok untuk mereview pengetahuan awal siswa. Mind mapping dapat disajikan dengan membuat peta konsep dari materi yang akan diajarkan.

Sintak model pembalajaran mind mapping: informasi kompetensi, sajian permasalahan terbuka, siswa berkelompok untuk menanggapi dan membuat berbagai alternatif jawaban. Lalu hasil diskusi kelompok dipresentasikan, siswa membuat kesimpulan dari hasil setiap kelompok, evaluasi danserta melakukan refleksi.

21. Model Pembalajaran Examples Non Examples

Yang harus dipersiapkan dalam model pembalajaran Examples Non Examples adalah persiapkan gambar, diagram, atau tabel sesuai materi bahan ajar dan kompetensi, sajikan gambar ditempel atau pakai OHP.

Dengan petunjuk guru siswa mencermati sajian, kemudian melakukan diskusi kelompok tentang sajian gambar tadi, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi dan refleksi.

22. Model Pembalajaran Picture and Picture

Model Pembalajaran Picture and Picture harus memperhatikan sajian informasi kompetensi, sajian materi, perlihatkan gambar kegiatan berkaitan dengan materi, siswa mengurutkan gambar sehingga sistematik.

Setelah itu guru mengkonfirmasi urutan gambar tersebut, guru menanamkan konsep sesuai materi bahan ajar, penyimpulan, evaluasi dan lakukan merefleksi.

23. Model Pembalajaran Take and Give

Sesuai dengan arti katanya Take and Give merupakan model pembelajaran menerima dan memberi. Model pembelajaran ini dengan sintaks: siapkan kartu dengan yang berisi nama siswa, bahan belajar dan nama yang diberi, informasikan kompetensi, sajian materi.

Setiap siswa diperintahkan untuk berdiri mencari teman dan saling memberi informasi tentang materi atau pendalaman perluasannya kepada siswa lain pada tahap pemantapan. Kemudian mencatatnya pada kartu, dan seterusnya dengan siswa lain secara bergantian.

24. Model Pembalajaran Kumon

Model pembalajaran Kumon mungkin sudah tidak asing lagi kita kenal. Pembelajaran dengan model ini mengaitkan antar konsep, ketrampilan, kerja individual, dan menjaga suasana nyaman-menyenangkan.

Sintaksnya model pembelajaran ini adalah: menyajikan konsep, latihan, setiap siswa selesai tugas langsung diperiksa dan dinilai. jika latihan siswa salah, langsung dikembalikan untuk diperbaiki dan diperiksa lagi, lima kali salah guru harus membimbing.

25. Model Pembelajaran Terpadu

Model pembelajaran terpadu adalah model pembelajaran yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan untuk mendorong siswa aktif menggali, mencari, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik baik individual maupun kelompok.



Cara Membuat Website Movie Streaming / Nonton Film Online

Tutorial Cara Membuat Website Streaming
Cara Membuat Website Streaming
Pada postingan sebelumnya admin memposting artikel seputar website movie, ternyata pembaca cukup kurang semangat membacanya, hehehehe.. lantaran banyak yang bertanya tentang bagaimana cara membuat website atau situs nonton film online? baca sedikit, tanya nya banyak...

Mari kita mulai pembahasan tutorial pagi ini, yaitu tentang "Cara Membuat Website Streaming" Sebenarnya teknis pembuatan web movie bisa saja kamu pasrahkan ke penyedia jasa pembuatan website, kalau tentang harga tentunya berbeda-beda tiap layanan. Tapi kita bisa membuat sendiri situs nonton film online ini, meskipun kita mulai secara otodidak. 

Cara Membuat Website Streaming

Pada tutorial kali ini tidak akan menjelaskan bagaimana teknis detailnya, tapi memberikan langkah dan gambaran umum saja. Kalau teknis cara membuat nanti bisa coba search sendiri, adapun langkah Membuat Website Streaming seperti berikut ini: 

1. Pilih hosting dan domain bisa baca disini

Pada awal pembuatan website, kita bisa memilih paket hosting yang murah pun tidak jadi masalah. Karena nantinya kalau visitor web kita sudah naik, kita bisa upgrade ke paket yang lebih tinggi atau pindah ke layanan hosting lain pun bisa. 
Website dengan VPS silahkan baca disini
Saya sebenarnya menyarankan menggunakan hosting atau VPS dari luar negeri. Perlu diketahui bahwa website movie ada sisi negatifnya, yakni pelanggaran hak cipta yang bisa saja web hosting dalam negeri Indonesia tercinta ini ada yang tidak memperbolehkannya. 

Nanti takutnya ketika website sudah berjalan malahan di bunuh sama penyedia hosting, seperti pengalaman admin di M****r Web kemarin yang langsung di suspend begitu saja tanpa di berikan backup file webnya., huuuu kacian

Rekomendasi hosting luar negeri yang bisa kita coba seperti Hostgator, Hawkhost, iPage, BlueHost dan lain sebagainya. Sementara untuk domain bisa beli dimana saja, penulis rekomendasikan Namecheap. pastikan memilih nama domain yang unik dan keren ya? 

2. Install WordPress 

WordPress merupakan solusi bagi yang memang tak paham bagaimana membangun website dengan coding sendiri. Nantinya kita dapat install WordPress melalui kontrol panel hosting, gampang kok tinggal klik saja. 
Buat Website dengan Wordpress
3. Pilih dan install theme Movie 

Setelah berhasil install WordPres selanjutnya adalah dengan install theme movie. Beberapa theme movie yang cukup populer seperti Keremiya dan Grifus, kita bisa membeli salah satu dari theme tersebut. Untuk harga sebenarnya sedikit lebih mahal, karena memang fitur di dalamnya berbeda dengan theme WordPress biasa. Theme tersebut di desain untuk pembaca agar lebih mudah dalam memposting movie. 

4. Tempat penyimpanan / upload file movie 
Detail Upload ke Hosting baca disini
Sebenarnya tidak disarankan untuk upload file movie di hosting sendiri, karena pasti butuh space yang sangat besar. Ini cukup menyulitkan ketika hendak berpindah hosting atau ingin melakukan backup secara manual. 

Beberapa cloud storage tempat penyimpanan film yang cukup di rekomendasikan adalah Google Drive premium, kenapa harus premium? karena yang free kapasitasnya terbatas dan ada limit view videonya. Selain itu Google Drive juga bebas tanpa iklan, sehingga penonton lebih nyaman. 
Cara buat email Gmail Unlimited

Beberapa penyimpanan file movie lainnya seperti Openload dan Videomega, selain gratis dan ‘unlimited’ setiap movie yang di tonton ada di download kamu akan mendapatkan bayaran. 

Selain itu dengan menyimpan file movie di server lain maka akan lebih hemat bandwidth hosting, karena setahu penulis ketika memutar video dari sumber lain maka sumber dimana file video itu disimpan lah yang kena bandwidthnya. 

5. Lalu bagaimana cara memutar file movie di website? 

Caranya cukup dengan menggunakan iframe, nanti bisa memasukkan video dari sumber lain seperti Google Drive, YouTube, Openload dan lain sebagainya untuk bisa di putar di website. 

contohnya
kode: 

 


seperti ini contohnya: 

Kita bisa menyesuaikan ukuran panjang dan lebar iframe sendiri. 


6. Kelebihan dan kekurangan web movie 

Kelebihan: website nonton film online cukup banyak peminatnya, selain itu sangat mudah sekali mendapatkan pengiklan, kalau soal penghasilan web movie ini sangat menggiurkan. Kekurangan: rawan di blokir oleh operator Indonesia, tapi bisa mengakalinya dengan redirect ke domain baru. 

Demikianlah secara garis besar cara membuat website movie online, mohon maaf penulis belum bisa membahasnya dengan detail. Jika nanti merasa kesulitan dalam membuat website movie ini, bisa menggunakan jasa penulis untuk membuat webnya sekaligus optimasi SEO web tersebut, plus suport konsultasi sampai bisa.
Salam

Tips Membuat Paspor Online Menggunakan Android

Selain melalui website, pembuatan paspor secara online juga bisa dilakukan lewat aplikasi. Semenjak, bulan Mei lalu kantor imigrasi sudah mulai menerapkan permohonan aplikasi melalui aplikasi yang dinamakan Antrian Paspor. Saat ini, Antrian Paspor baru tersedia di Android.

Untuk bisa menggunakan layanan tersebut, pemohon harus mengunduh aplikasi ‘Antrian Paspor’ di Play Store. Setelah itu, bisa langsung masuk ke aplikasi. Namun, sebelumnya pemohon diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa melakukan tahap demi tahap Antrian Paspor.


Kita juga harus mengisi data pribadi dari mulai username hingga nomor induk kependudukan. Setelah data terisi lengkap maka kita telah berhasil dan akan melalui proses validisi. Dengan demikian, secara resmi telah terdaftar dalam aplikasi ini.

Selanjutnya, dapat mengisi kolom username dan password yang nantinya akan terhubung ke halaman permohonan antrean. Pada tahapan tersebut, kita akan memilih Kantor Imigrasi yang akan menjadi tempat proses pembuatan paspor. Setelah dipilih, ada halaman antrean paspor dan apabila telah selesai tinggal diklik tombol lanjut. Nantinya akan mendapatkan email konfirmasi waktu pembuatan paspor di kantor imigrasi.

Aplikasi Antrian Paspor hanya bisa digunakan oleh pemohon di seluruh Kantor Imigrasi, tapi  ada kemungkinan tidak bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia karena layanan ini masih dalam tahap pengembangan.

Tips Menjaga Semangat Kerja

Semangat Kerja
Setiap orang yang mendapatkan pekerjaan pada awalnya sangat senang dengan pekerjaan itu. Melompat kegirangan, menelpon mama-papa, dan menggunakan gaji pertama untuk mentraktir orang-orang tercinta. Antusiasme telah memenuhi sekujur tubuhnya. Jika anda mengingat kembali, betapa dahulu ketika pertama kali mendapatkan pekerjaan; tentu anda masih memiliki antusiasme yang tinggi juga. Ngomong-ngomong, masih adakah antusiame itu hingga sekarang?

Begitu banyak hal yang dapat dengan mudahnya memadamkan antusiasme kerja seseorang. Untuk sekedar membicarakannya setelah menjalani masa kerja beberapa tahun rasanya kok tidak lucu lagi. Tetapi, jika bara antusiasme kerja anda tidak dibangkitkan lagi, maka lama kelamaan akan padam seperti bara api yang tidak dirawat. Bagi anda yang tertarik untuk belajar menjaga antusiasme kerja agar tetap membara, saya ajak untuk memulainya dengan menerapkan 5 kemampuan natural intelligence berikut ini:

1. Persoalan didalam diri anda, bukan faktor dari luar.



Perhatikan bahwa kondisi kantor yang membuat anda kehilangan antusiasme itu berlaku juga kepada orang lain. Boss yang penuntut, system yang belum terbentuk, kenaikan target yang ugal-ugalan. Dalam kondisi yang berlaku umum seperti itu kok masih saja ada orang-orang yang tetap antusias ya? Jika anda kehilangan antusiasme, maka sebentar lagi juga anda akan tergilas oleh semangat orang lain yang tetap antusias. Jadi, ternyata bukan soal lingkungan. Antusiasme itu adalah soal didalam diri anda sendiri.

2. Raga anda butuh oksigen, begitu pula jiwa anda.



Antusiasme itu bagaikan oksigen yang menghidupi seluruh sel didalam sekujur tubuh anda. Jika tubuh anda kekurangan oksigen, maka proses metabolisme penghasil energy tidak bisa berjalan semestinya; dan tubuh anda pun menjadi lemah. Tanpa antusiasme, jiwa anda tidak memiliki cukup energy untuk melakukan tindakan apapun. Lihatlah orang yang tidak antusias, mereka terlihat malas, bukan? Beri jiwa anda antusiasme yang terus menerus menggelora, maka anda akan selalu memiliki tenaga melimpah ruah untuk melakukan apa saja dalam hidup anda.

3. Mintalah penugasan-penugasas baru.
Coba perhatikan bayi-bayi mungil disekitar Anda. Berikanlah kepada mereka hal-hal baru, atau mainan-mainan baru; maka mata mereka langsung berbinar dan tangan mereka langsung menggapai-gapai. Beberapa puluh tahun yang lalu, Anda juga lucu dan antusias seperti itu. Jika sekarang Anda membutuhkan sesuatu yang bisa mengobarkan kembali antusiasme Anda, maka mintalah penugasan baru kepada atasan Anda. Sesuatu yang benar-benar menantang dan memompa adrenalin Anda. Maka Anda akan menemukan semangat para bayi didalam diri Anda. Hanya saja, Anda harus ingat bahwa tugas-tugas baru tidak selalu berarti jabatan baru. Tidak selalu tersedia jabatan baru, tapi akan selalu ada tugas-tugas baru yang menanti Anda secara proaktif merangkulnya.

4. Antusiasme itu memancarkan energy positif.


Interaksi dengan orang lain melibatkan energy yang tidak kelihatan secara fisik atau sering disebut sebagai aura. Anda tidak perlu memiliki kesaktian untuk mengetahui apakah seseorang yang Anda temui itu mempunyai aura positif atau tidak. Anda bisa merasakannya tanpa berkata-kata. Kepada orang yang auranya positif, Anda pasti suka. Demikian pula halnya orang lain yang pasti akan suka kepada Anda yang mampu memancarkan aura positif. Sungguh, tak seorang pun tahu persis bagaimana ‘membuat’ energy positif. Namun kita tahu bahwa antusiasme memancarkan energy positif itu. Jadi, antusiaslah. Dengan sendirinya Anda memiliki energy positif yang melimpah. Dan Anda pun seperti baru terlahir kembali.

5. Turbin Antusiasme berada didalam iman.


Seseorang yang beriman kepada Tuhan tentu yakin bahwa setiap detik dalam hidupnya dinilai oleh Tuhan untuk ditukar dengan imbalan yang tak ternilai harganya. Itulah sebabnya, mengapa orang-orang yang beriman dengan benar tidak pernah membiarkan hidupnya tersia-siakan. Orang yang antusiasmenya rendah sering membiarkan waktu berlalu begitu saja. Sedikit berbuat dan enggan bertindak. Sedangkan orang yang memiliki antusiasme tinggi terus memacu dirinya untuk terus berkontribusi kepada hidup. Karena dia percaya, bahwa tujuan dari setiap tindakannya di rumah, di kantor, dimana saja adalah untuk Tuhannya. Maka hidupkanlah iman. Karena iman akan menekan tombol ‘ON’ pada generator pembangkit antusiasme yang memberi energy, dan menerangi jalan hidup Anda.

  • Tidak ada orang antusias yang malas.
  • Tidak ada orang antusias yang lemas.
  • Tidak ada orang antusias yang membiarkan hidupnya terombang-ambing oleh faktor luar dan lingkungan yang melemahkannya.
  • Orang-orang antusias adalah mereka yang bersedia mengambil tanggungjawab pribadi.
  • Mencurahkan seluruh energi untuk menuntaskan tugas-tugasnya.
  • Dan memastikan bahwa hasil karyanya berkualitas tinggi, dan berkelas.

Begitulah sifat orang-orang antusias.


Implementasi Kelas Maya

Kelas Maya (Virtual Class) adalah penerapan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring (online), proses pembelajaran dapat dilaksanakan dimana saja dan kapan saja, peserta didik dapat mengikuti kelas dan menerima materi yang disediakan pengajar di internet, pengajar dan peserta didik tidak bertatap muka langsung tetapi dapat berkomunikasi melalui chat atau video conference. 

Kelas Maya (Virtual Class) adalah sebuah kelas yang diadakan tanpa adanya tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Jadi, kelas maya berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi sama seperti kegiatan belajar mengajar dikelas

Kelas Maya (Virtual Class) merupakan proses kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring (online) terhubung dengan internet, pengajar dengan yang menerima bahan ajar menggunakan media internet untuk materi bahasannya dan dapat berkomunikasi juga secara online.

Contoh Kelas Maya (Virtual Class) 

Berikut contoh Kelas Maya (Virtual Class) yang dapat digunakan dalam aplikasi web :
rumah belajar ( https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard )
edmodo, ( http://www.edmodo.com )

Pengajar menyediakan sebuah grup / ruang / forum kepada para penerima bahan ajar atau peserta didik dan melakukan diskusi sama halnya seperti kegiatan belajar mengajar dikelas. Hanya saja yang membedakan kelas maya dengan kelas biasa yaitu adanya batasan berkomunikasi, karena jelas memiliki perbedaan dalam berdiskusi secara langsung dengan berdiskusi secara tidak langsung, untuk komunikasi daring secara langsung dapat menggunakan bentuk komunikasi sinkron (video conference)

Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru atau pengajar, siswa atau penerima bahan ajar, maupun orang tua atau wali. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, sistem tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.

Cara Merubah Theme Facebook Sesuai Selera

Bosan tampilan facebook yang hanya biru putih saja, sekarang saatnya Merubah Tema Facebook sesuai selera masing masing, berikut tutorial untuk merubah tampilan facebook dengan mengganti tampilan tema terbaru dan background, tapi trik ini hanya berlaku pada browser saja,. yuk disimak

Mengubah Tampilan dengan berbagai pilihan Tema Keren

  1. Kunjungi stylish DISINI
  2. Silahkan lakukan pendaftaran
  3. Setelah Pendaftaran silahkan pilih Top Styled Sites (sesuaikan dengan selera masing masing), kalau penulis lebih suka dengan warna gelap, hehehehehe
  4. Silahkan Install 
  5. Kemudian aktifkan pada facebook masing masing..
  6. Selamat.. Theme Facebook sudah berhasil dirubah sesuai selera..
Stylish juga bisa kita terapkan pada banyak pilihan, seperti youtube, yahoo, blogspot, instagram, dll. Silahkan berkreasi
untuk lebih jelasnya silahkan ikuti gambar dibawah ini




Masih bingung..?
Silahkan Nonton Video Cara Merubah Theme Facebook


Jika ingin melihat tema keren lainnya silahkan klik disini

Psssst:
Jika  ingin mendisable fitur tema facebook ini silahkan buka firefox / chrome pilih menu Tools => Add-ons, pada tab stylish silahkan pilih tema facebook anda gunakan lalu klik disable.

Demikian tutorial facebook kali ini mengenai Mengubah Tampilan (Tema) Facebook dengan Beraneka Ragam Tema Keren dan Unik, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Panduan Buat Email dengan Nama Domain Sendiri

 Email Domain Sendiri
Email Domain Sendiri

Pada tutorial kali ini kita  akan membahas beberapa cara untuk membuat email, nanti jika Kita ingin membuat email gratis dan tidak menginginkan email profesional, silakan ikuti langkah di pilihan pertama, sementara yang menginginkan email yang lebih profesional, ikuti langkah di pilihan kedua

Pilihan Pertama: Membuat Email Gmail
Catatan: Untuk pilihan ini, alamat email yang akan  kita dapatkan berupa [email protected].
Supaya  memiliki akun Gmail,   kita perlu membuat akun Google terlebih dahulu. Akun tersebut dapat   kita gunakan untuk login ke produk yang dimiliki Google selain Gmail, yaitu YouTube, Google Drive, Blogger, Google Play, dan produk Google lainnya.

3 Langkah mudah  membuatnya Email Goolge, silakan ikuti langkah di bawah ini:
  • Akses halaman http://google.com untuk mendaftar akun Google.
  • Isi Formulir yang diminta mulai dari, nama, alamat email, kata sandi, tanggal lahir, jenis kelamin, dan nomor telepon.
  • Setelah selesai membuat akun Google, maka kita sudah memiliki akun Gmail, selanjutnya silakan login ke Gmail masing -masing.


Pilihan Kedua: Membuat Email dengan Nama Sendiri
Saat ini banyak Instansi/perusahaan yang mempunyai website dan mempunyai banyak domain, tapi sayang nya, tidak banyak  anggota persusahaan yang memiliki email sesuai instansinya, hingga akibatnya Instansi / Perusahaan tersebut kurang terpercaya di mata pelanggan, untuk menanggulangi hal tersebut silahkan ikuti langkah membuat alamat email sesuai dengan nama instansi maupun perusahaan.

Sebelum memutuskan untuk membuat email, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Alamat email adalah bagian terpenting pada email supaya dapat dengan mudah menerima pesan, dan alamat email untuk setiap pengguna akan berbeda-beda.

Itulah kenapa kita harus mempertimbangkan beberapa hal ketika akan membuat email, untuk lebih jelasnya silakan simak info di bawah ini.

Ada beberapa pilihan yang dapat   kita gunakan untuk membuat email dengan menggunakan nama domain sendiri, berikut diantaranya:

  • Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di Zohomail
Pilihan ini dapat   kita gunakan ketika kita ingin memiliki alamat email sesuai yang diinginkan tapi dengan biaya yang terjangkau, karena hanya perlu membayar biaya domain untuk satu tahun. Jadi kita hanya mengeluarkan biaya untuk membeli domain sekitar Rp. 115.000/tahun. Alamat email yang bisa kita buat dapat disesuaikan dengan nama domain yang dipilih.

Misalnya, jika nama domain kita adalah namausakita.com, untuk alamat email dapat dibuat menjadi [email protected], [email protected], dll.

Adapun Keuntungan memiliki Email dengan Nama Sendiri sebagai berikut:
  • Alamat email kita terlihat lebih professional
  • Hanya perlu membayar biaya domain untuk satu tahun
Berikut Kekurangan memiliki Email dengan Nama Sendiri:
  • Resource dibatasi hanya 5GB.
  • Email   kita dapat dihapus sewaktu-waktu jika   kita dianggap melanggar syarat dan ketentuan dari Zoho Mail.
Silahkan ikuti Cara Membuat Nama Sendiri di bawah ini:
  • Beli nama domain,   kita dapat membelinya di www.niagahoster.co.id
  • Pilih nama domain, dengan memasukkan nama yang diinginkan pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol Cek Domain. Jika kesulitan menentukan nama domain, silakan baca artikel mengenai cara menentukan nama domain.
  • Jika tidak tersedia, silakan cari nama domain lainnya. Jika tersedia silakan selesaikan proses pemesanan.
  • Setelah domain kita aktif, silakan lakukan konfigurasi domain Kita dengan Zohomail, sesuai dengan tutorial yang sudah kita  buat mengenai cara membuat email domain sendiri di Zohomail.
Catatan: Untuk akun Zoho Mail gratis, Kita akan mendapatkan 5GB/User untuk 25 user, 20MB Attachment dan single domain. Jika Kita ingin resource yang lebih besar, Kita dapat menggunakan cara di bawah ini.

Berikut Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di Hosting

Pilihan ini adalah solusi untuk yang membutuhkan resource yang lebih besar dengan harga yang terjangkau.

Adapun Keuntungan Membuat Email dengan Domain Sendiri di Hosting
  • Alamat email Kita sudah tentu terlihat lebih professional
  • Dapat membuat website sesuai nama domain email
  • Email mudah di backup kapan saja

Berikut Kekurangan Membuat Email dengan Domain Sendiri di Hosting:
  • Kita harus membeli hosting, tapi akan sebanding dengan resource yang didapatkan dan tidak perlu membeli domain (mulai dari paket hosting Pelajar).
  • Untuk membuat email di hosting sesuai dengan domain sendiri, sangat mudah dilakukan. Kita hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

o  Beli hosting dan domain, jika Kita membeli hosting di Nagahoster dimenyarankan mulai dari paket Pelajar, karena untuk domain tidak dikenakan biaya. Untuk membelinya, silakan akses halaman berikut www.niagahoster.co.id
o  Lakukan pemesanan, pada salah satu paket hosting,kita  menyarankan untuk memilih paket Personal dengan gratis domain dan resource yang cukup lega. Setelah Kita melakukan pembayaran dan konfirmasi sesuai petunjuk, hosting dan domain Kita akan aktif dalam beberapa saat.
o  Silakan buat email baru dengan login ke cPanel.
o  Di dalam cPanel, silakan pilih menu Email Accounts
o  Masukkan alamat email yang ingin dibuat pada kolom Email, kemudian pilih domain untuk email pada bagian Domain (jika memiliki lebih dari satu domain pada hosting). Masukkan kata sandi pada form Password, tentukan kuota, kemudian simpan perubahan dengan menekan tombol Create Account.
o  Untuk menggunakan email, silakan akses melalui tautan namadomainanda.com/webmail, masukkan alamat email dan password yang Kita tentukan untuk email yang Kita buat.
o  Akan tampil tiga pilihan aplikasi webmail yang dapat Kita gunakan, silakan klik salah satu, pada contoh inikita  memilih roundcube.
o  Di bawah ini adalah tampilan webmail roundcube, Kita sudah bisa berkirim email melalui menu yang tersedia.

Untuk petunjuk yang lebih lengkap, silakan ikuti tutorial mengenai cara membuat email di cPanel.

Demikian beberapa pilihan untuk membuat email baru versi niagahoster. Jika hanya memerlukan email untuk membuat akun sosial media seperti facebook, Gmail saja sudah cukup. Tapi, jika ingin memiliki alamat email yang lebih profesional, sangat disarankan untuk membuat email dengan nama sendiri

Untuk alamat email dengan nama domain sendiri ada dua alternatif, yang pertama hanya membayar domain untuk satu tahun atau membeli hosting dan domain untuk mendapatkan kontrol penuh.

Jika memiliki pertanyaan atau masukkan mengenai tutorial ini, jangan ragu untuk berkomentar melalui kolom yang tersedia.