Tutorial Mendapatkan Dollar dengan LinkShrink

Internet bukan hanya sekedar untuk mencari Informasi atau hanya bermain media sosial, karena dengan Internet maka bukan tidak mungkin uang akan mengalir ke kantong kita

Tutorial Buat RDP Windows 10 di Digital Ocean

sebelum instalasi kita sudah memiliki akun DigitalOcean, jika belum bisa membeli akun digitalocean atau membuat sendiri akun digitalocean menggunakan kartu kredit atau paypal.

Langkah memakai OBS

Langkah memakai OBS untuk screen recording tidak sepanjang untuk streaming. Relatif lebih mudah..

RPP SMA K13 EDISI REVISI SEMUA BIDANG STUDY

Perangkat Pembelajaran SMA
Semua Bidang Study
RPP SMA K13 Edisi Revisi Tahun Ajaran 2017/2018 ini dapat anda download secara lengkap untuk Kurikulum 2013 Revisi baru tahun 2017-2018. Download segera Perangkat Pembelajaran SMA Kurikulum 2013 ini untuk melengkapi administrasi anda sebagai guru SMA. RPP atau Rencara Pelaksanaan Pembelajaran adalah perangkat administrasi wajib bagi guru sebelum mengajar, karena idealnya guru membuat sebuah perencanaan terlebih dahulu untuk diterapkan pada proses KBM.

RPP Kurikulum 2013 SMA Kelas X, XI, XII yang akan Bapak/Ibu download ini mudah-mudahan sesuai dengan harapan Bapak/Ibu Guru dalam menlengkapi perangkat administrasi Guru SMA secara lengkap. Jika dalam proses pendownlodan RPP SMA Kurikulum 2013 pdf ini tidak sesuai atau terjadi masalah dalam proses download pada link dibawah silahkan untuk menuliskan saran kritik ya Pak/Bu.
RPP SMA kurikulum 2013 revisi 2016 ini dapat juga anda terapkan langsung hanya dengan mengganti datanya saja, tetapi lebih bagus lagi jika ini hanya sekedar dijadikan referensi untuk anda membuat Contoh RPP SMA Kurikulum 2013 sendiri. File ini kami sediakan untuk semua kelas mulai dari rpp kurikulum 2013 sma kelas x, rpp kurikulum 2013 sma kelas XI,rpp kurikulum 2013 sma kelas XII.
Tidak hanya RPP saja tetapi juga di blog ini saya menawarkan beberapa administrasi lainnya seperti Silabus SMA Kurikulum 2013, Program Tahunan SMA Kurikulum 2013, Program Semester SMA Kurikulum 2013, KKM SMA Kurikulum 2013, KI/ KD Kurikulum 2013, Pemetaan KI/ KD Kurikulum 2013.
Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan RPP beserta silabus mata pelajaran kelas X dan kelas XI SMA Kurikulum 2013, silahkan diunduh link dibawah dan diedit sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat

FISIKA KURIKULUM 2013


Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPP Sem 1KELAS 10DOWNLOAD
RPP Sem 2KELAS 10DOWNLOAD
Fisika Kelas XI
SilabusFisika 11DOWNLOAD
RPPFisika 11DOWNLOAD

B INGGRIS KURIKULUM 2013


CoverKELAS 10DOWNLOAD
Daftar IsiKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPPKELAS 10DOWNLOAD
Kunci JawabanKELAS 10DOWNLOAD

SEJARAH (MIA) KURIKULUM 2013


PendahuluanKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPPKELAS 10DOWNLOAD


SEJARAH (IIS) KURIKULUM 2013

PendahuluanKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPPKELAS 10DOWNLOAD
KUNCIKELAS 10DOWNLOAD


BIOLOGI KURIKULUM 2013

Petunjuk CDKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPPKELAS 10DOWNLOAD
KUNCIKELAS 10DOWNLOAD
Biologi Kelas XI
Program TahunanBiologi 11DOWNLOAD
Program SemesterBiologi 11DOWNLOAD
RPP 4 Jam LangsungBiologi 11DOWNLOAD
RPPBiologi 11DOWNLOAD
SilabusBiologi 11DOWNLOAD
Kunci jawabanBiologi 11DOWNLOAD


EKONOMI KURIKULUM 2013

PendahuluanKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPP10 SEM 1DOWNLOAD
RPP10 SEM 2DOWNLOAD
KUNCIKELAS 10DOWNLOAD

GEOGRAFI KURIKULUM 2013

PendahuluanKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPP10 SEM 1DOWNLOAD
RPP10 SEM 2DOWNLOAD
KUNCIKELAS 10DOWNLOAD

MATEMATIKA KURIKULUM 2013

CoverKELAS 10DOWNLOAD
Pendahuluan, Daftar IsiKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPPKELAS 10DOWNLOAD
KUNCIKELAS 10DOWNLOAD

PAI KURIKULUM 2013

Pendahuluan, Daftar IsiKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPPKELAS 10DOWNLOAD
KUNCIKELAS 10DOWNLOAD

PANCASILA KURIKULUM 2013

Pendahuluan, Daftar IsiKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPPKELAS 10DOWNLOAD
KUNCIKELAS 10DOWNLOAD

PRAKARYA WIRA USAHA 2013

Pendahuluan, Daftar IsiKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPPKELAS 10DOWNLOAD
KUNCIKELAS 10DOWNLOAD

SENI BUDAYA KURIKULUM 2013

Pendahuluan, CoverKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPPKELAS 10DOWNLOAD
KUNCIKELAS 10DOWNLOAD

SOSIOLOGI KURIKULUM 2013

Pendahuluan, CoverKELAS 10DOWNLOAD
Program TahunanKELAS 10DOWNLOAD
Program SemesterKELAS 10DOWNLOAD
SilabusKELAS 10DOWNLOAD
RPPKELAS 10DOWNLOAD
KUNCIKELAS 10DOWNLOAD

KIMIA KURIKULUM 2013

SilabusKimia 11DOWNLOAD
RPPKimia 11DOWNLOAD

MATEMATIKA PEMINATAN 2013

SilabusMatematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 1Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 2Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 3Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 4Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 5Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 6Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 7Matematika 11DOWNLOAD

MATEMATIKA WAJIB 2013

SilabusMatematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 1Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 2Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 3Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 4Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 5Matematika 11DOWNLOAD
RPP Bab 6Matematika 11DOWNLOAD

PAI 2013

SilabusPAI 11DOWNLOAD
RPP Bab 1(Alquran 1)PAI 11DOWNLOAD
RPP Bab 2(Alquran 2)PAI 11DOWNLOAD
RPP Bab 3(Asmaul Husna)PAI 11DOWNLOAD
RPP Bab 4(Malaikat)PAI 11DOWNLOAD
RPP Bab 5 (Ahlak 1)PAI 11DOWNLOAD
RPP Bab 6 (Ahlak 2)PAI 11DOWNLOAD
RPP Bab 7(Fikih 1)PAI 11DOWNLOAD
RPP Bab 8(Fikih 2)PAI 11DOWNLOAD
RPP Bab 9(Tarikh 1)PAI 11DOWNLOAD
RPP Bab 10(Tarikh 2)PAI 11DOWNLOAD

SOSIOLOGI 2013

SilabusSosiologi 11DOWNLOAD
RPP Bab 1Sosiologi 11DOWNLOAD
RPP Bab 2Sosiologi 11DOWNLOAD
RPP Bab 3Sosiologi 11DOWNLOAD
RPP Bab 4Sosiologi 11DOWNLOAD
RPP Bab 5Sosiologi 11DOWNLOAD


Semoga RPP SMA k13 Edisi Revisi Tahun Ajaran  ini dapat bermanfaat bagi Bapak/ Ibu Guru,yang memerlukan file diatas, mudah mudahan menjadi bahan referensi, Kritik dan saran dapat Bapak/ Ibu cantumkan pada kolom komentar sebagai bahan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas blog ini dimasa yang akan datang.

Jika ada Link Download Rusak, Hilang, Corupt, dsb, jangan sungkan untuk comment karena link masih belum sempurna 100 %
Fast.. Request aja di sini 0811210479
Berbagai Sumber

Baca juga:
Cara Download Perangkat Pembelajaran SMA Kurikulum 2013 Edisi Revisi DISINI
Lihat Video DISINI dan DISINI


Update Revisi Terbaru 2018 Semua Mata Pelajaran Seluruh Tingkat Pendidikan


  1. Perangkat Tingkat SD
  2. Perangkat Tingkat SMP
  3. Perangkat Tingkat MTs
  4. Perangkat Tingkat MA
  5. Perangkat Tingkat SMK
  6. Perangkat Tingkat SMA

Terimakasih

12 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online

Overcoming Online Game Addiction
Tidak satupun yang baik jika dilakukan berlebihan, begitu juga dengan aktivitas gaming yang kita cintai ini. Ada kewajiban di luar sana yang mesti dipenuhi, ada orang lain di luar sana yang harus diajak berinteraksi. Namun, terkadang hasrat bermain game membuat kita lupa waktu dan lupa segala hal. Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut di mana sehari-hari saya hanya tidur, makan, solat, dan main game saja.

Tentunya kita ingin menghindari hal semacam ini terjadi. Apalagi kalau kamu sudah punya pekerjaan atau berkeluarga. Lalu apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan atau mengurangi kecanduan game?
Apa yang akan kita lakukan jika sudah tergolong kategori kecanduan bermain game online? Tentu saja sangat merugikan bukan? Untungnya, saat ini banyak orang yang sudah kecanduan bermain game online ini berusaha keluar dari kebiasaannya karena mereka sudah menyadari betapa merugikannya kebiasaan yang satu ini. 

Sebelumnya mari kita simak dulu Gejala Kecanduan Game Online

Seperti yang kita tahu, kecanduan terhadap suatu hal bukanlah suatu hal yang kita harapkan – apalagi kecanduan game online. Tidak dapat dipungkiri juga jika kita kecanduan bermain game online awalnya dimulai karena efek refreshing­ yang kita dapat selama melakukannya dan memberi kita tantangan baru untuk menyelesaikan berbagai misi yang ada pada game tersebut. Perilaku seperti apa sih yang bisa dikategorikan sebagai kecanduan bermain game online? 

Berikut adalah beberapa contoh perilaku yang menunjukkan jika kecanduan bermain game online:

  • Menghabiskan banyak waktu luang untuk bermain game : Pada awalnya, mungkin kita atau seseorang hanya bermain game online selama satu jam dalam satu hari – atau bisa dibilang hanya untuk hiburan semata. Namun lama kelamaan kita akan menghabiskan banyak waktu luang kita hanya untuk bermain game atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan game.
  • Melupakan kewajiban untuk sekolah atau bekerja : Seseorang yang sudah kecanduan game online cenderung untuk menghabiskan banyak waktunya berdiam diri di rumah dan melupakan kegiatan-kegiatan lainnya yang sejatinya penting untuk dilakukan. Bermain game untuk menyegarkan pikiran kita merupakan pilihan yang tepat apabila masih dilakukan dalam batas waktu yang wajar, namun hal ini akan berbeda ketika kita mulai meninggalkan kewajiban untuk sekolah atau bekerja hanya karena untuk bermain game online.
  • Hanya memiliki sedikit waktu untuk menjalin relasi : Ketika ada momen untuk berkumpul bersama keluarga atau teman lama, kita cenderung menolak tawaran tersebut dan memilih untuk menghabiskan waktu dengan game-game online kesayangan kita. Selain itu, kita juga cenderung tidak berminat terhadap hal-hal yang tidak berhubungan dengan game.
  • Tidak memperhatikan penampilan : Menghabiskan sebagian besar waktu untuk bermain game membuat seseorang cenderung lupa atau tidak untuk memperhatikan kebersihan di sekelilingnya, dan juga membuatnya malas untuk membersihkan diri – alias mandi. Lingkungan yang kotor ini justru menjadi sarang penyakit dan akan membuat seseorang rentan terserang penyakit.
  • Rentan terhadap penyakit : Selain kebersihan ruangan yang sangat minim, kurangnya jam tidur ketika kita bermain game online juga menjadi pemicu utama kita rentan terhadap penyakit. Selain itu, bermain game online secara terus menerus menyebabkan mood seseorang menjadi lebih labil. Lebih parahnya lagi, seseorang yang tidak bisa mengontrol durasinya untuk bermain game dapat meninggal dunia karena kelelahan bermain game.
  • Menghabiskan banyak untuk game : Bukan rahasia lagi jika ada beberapa fitur dalam game online yang mengharuskan kita untuk merogoh kocek sehingga kita bisa menikmati kelebihan game itu daripada orang lain yang tidak membelinya. Tidak jarang juga orang yang kecanduan game online mengeluarkan uang dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk mencoba model terbaru dari suatu game.
  • Gangguan Emosi : Perilaku terakhir yang menunjukkan seseorang kecanduan game online adalah kecenderungan untuk mudah marah atau tersinggung ketika ada orang lain yang mengingatkannya untuk membatasi intensitasnya bermain game online. Selain itu, ketika mereka tidak bermain game online sama sekali dalam satu hari maka mereka cenderung untuk tidak bersemangat dalam berkegiatan seharian dan cenderung untuk mudah marah.

Jika salah satu point diatas sudah kita alami, ada baiknya kita atasi kecanduan bermain game online tersebut?
Nah kira-kira apa saja ya yang bisa kita lakukan? Mari kita simak bersama 10 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online! 

1. Honest : Mengakui jika kita memang kecanduan terhadap game online

Hal pertama yang benar-benar perlu kita lakukan adalah menerimanya. Penerimaan pada situasi ini memang butuh usaha keras, karena kita harus mencoba untuk tidak menyangkalnya, menolaknya, atau membandingkan situasi kita dengan orang lain. Setelah kita bisa menerima situasi ini, dijamin langkah-langkah selanjutnya akan dirasa lebih mudah karena kita sudah memikirkan solusi apa yang tepat untuk berhenti dari kebiasaan kita yang satu ini.

2. Mindset : Mengubah pola pikir

Setelah kita menerima kenyataan bahwa memang kita kecanduan bermain game online, cara selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mengubah pola pikir kita. Yang dimaksud dengan mengubah pola pikir di sini adalah mulai serius memikirkan apa yang menjadi tujuan jangka panjang kita – katakanlah apa yang ingin kita capai dalam waktu 5 tahun ke depan. Dengan menetapkan target dari sekarang, secara perlahan kita akan menyadari bahwa bermain game online terus menerus justru dapat menjadi penghalang kita untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, meskipun saat ini kita mencapai skor tertinggi dalam game tertentu, hal tersebut juga tidak ada artinya untuk beberapa tahun ke depan atau tidak menjamin kesuksesan kita baik dari segi pendidikan ataupun karir.

3. Stop Perfectionist : Berhenti menjadi sang perfectionist

Tidak dapat dipungkiri jika berbagai tantangan yang ada dalam game membuat kita ingin menyelesaikan game tersebut secepatnya, dan hal tersebut menghabiskan banyak waktu – bahkan bisa berhari-hari. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa berpikir bahwa menyelesaikan segala tantangan yang ada pada game tidak memberi kita keuntungan kita apapun untuk kita saat ini maupun di masa mendatang. Sebaliknya, kita bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal bermanfaat lainnya.

4. Limit : Membatasi waktu bermain

Membatasi waktu untuk bermain game online merupakan suatu hal yang cukup sulit untuk dilakukan ketika sudah kecanduan – mereka bisa bermain hingga 14 jam dalam seminggu. Tapi, tidak ada yang susah ketika kita mau berusaha, bukan? Untuk mengurangi kecanduan kita pada bermain game online, kita tidak bisa melakukan hal ini dalam sekali waktu – alias benar-benar tidak bermain game dalam sehari dan menerapkannya untuk selanjutnya, karena kita justru akan merasa bosan dan bingung untuk melakukan apa di waktu luang. Sebaliknya, kita bisa mengurangi intensitas untuk bermain game online secara bertahap, misal dari kebiasaan bermain 20 jam seminggu menjadi 18 jam, berkurang lagi menjadi 16 jam, lalu 14 jam, begitu seterusnya hingga kita bisa mengatur intesitas bermain game online dalam batas sewajarnya.

5. Gift : Membeli hadiah untuk diri kita sendiri

Setelah perlahan-lahan kita mampu mengurangi intensitas untuk bermain game online, inilah saat yang tepat bagi kita untuk menghargai diri kita sendiri – alias membeli hadiah untuk kita. Momen yang satu ini tidak harus dilakukan ketika kita berulang tahun, namun ketika kita berhasil mencapai sesuatu. Hadiah ini bisa berupa hal-hal yang kita suka, seperti membeli es krim, menonton film, pergi traveling ke luar kota, dan lain-lain. Memberikan hadiah untuk diri kita merupakan salah satu motivasi agar kita bisa menjadi lebih baik dan baik lagi ke depannya.

6. Walkthroughs  : Mencari tahu tentang walkthroughs serta cheats game tersebut

Kenapa kita perlu melakukan hal ini sebagai cara untuk mengatasi kecanduan game online? Ketika kita mengetahui segala hal tentang game yang kita mainkan, setelah itu kita akan merasa bahwa game tersebut kurang menantang dan kita cenderung cepat bosan ketika bermain karena sudah tahu apa yang akan terjadi di scene atau level selanjutnya. Selain itu, dengan kita bermain menggunakan cheat, kita cenderung sudah puas dengan apa yang sudah kita dapat sehingga tidak perlu bersusah payah untuk menyelesaikan berbagai misi yang ada pada game tersebut.

7. Stop Installing on a PC / Laptop : Membatasi pemasangan game pada PC

Sering kali, orang yang kecanduan bermain game online hanya bermain dengan sesama teman “online” nya dan teman tersebut cenderung akan mengajak kita untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama dan kita juga cenderung untuk melupakan kewajiban-kewajiban lainnya karena sudah lupa waktu. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kita mengajak teman sepermainan kita atau teman sebaya ketika ingin bermain game online. Kenapa? Karena bermain dengan teman dalam satu ruangan yang sama akan mencapai titik bosan pada waktu tertentu sehingga teman akan mengajak kita untuk melakukan kegiatan lainnya dan kita pun tidak akan terus-terusan bermain game.

8. Stop Installing on a MobileMembatasi pemasangan game pada gadget

Seperti yang kita tahu, memainkan game online sungguh adiktif, terlebih lagi ketika kita bisa memasang aplikasi tersebut pada gadget yang mudah dibawa berpergian, seperti pada handphone atau tab. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kita hanya memasangan game tertentu pada satu gadget saja sehingga kita hanya menghabiskan beberapa jam waktu kita pada game tersebut. Sebaliknya, apabila kita memasang banyak game pada beberapa gadget, hal tersebut akan menyebabkan kita ingin memainkan semuanya dalam satu hari sehingga waktu bermain game online kita akan menjadi tidak terkontrol.

9. New Hobby : Mencoba hobi baru lainnya

Setelah kita menyadari jika kecanduan game online adalah kebiasaan yang salah, tentu saja ini saat yang tepat untuk melakukan hal lain yang lebih positif bukan? Tanpa kita sadari, di luar sana banyak kegiatan positif yang bisa kita lakukan yang dapat menguntungkan diri kita sendiri maupun orang lain. kegiatan positif ini bisa berupa berkebun, memasak, menulis, membaca, ataupun berpatisipasi dalam kegiatan sosial yang diselenggarakan lembaga tertentu.

Selain menyibukkan diri dengan bersosialiasi bersama orang lain, beberapa dari hobi ini juga dapat menghasilkan uang apabila kita benar-benar menekuninya. Sangat menarik, bukan? Sibuk dengan kegiatan baru hobi ini akan membuat kebiasaan lama kita, yaitu kecanduan bermain game online.

10. Therapy : Mencoba terapi
Cara mengatasi kecanduan game online terakhir adalah dengan terapi – lebih tepatnya terapi kognitif behavioral. Terapi ini berfungsi untuk membantu orang memaknai apa yang mereka dapat dari kecanduannya terhadap hal tertentu, dan mendorong mereka untuk melakukan kebiasaan baru yang lebih positif. Seperti halnya pada kasus kecanduan game online ini, orang yang kecanduan game online akan dibantu terapis untuk menganalisis bahwa kecanduan game online adalah bukan suatu hal yang penting dalam hidup mereka dan mendorong mereka untuk melakukan hal bermanfaat lainnya yang tentu saja lebih positif.

11. Advantage and Risk :Timbang keuntungan dan risiko jangka panjangnya

Secara alami kita akan mempertimbangkan keuntungan-keuntungan dan risiko-risiko jangka pendek, dan berpikir bahwa kita baik-baik saja. Jika kita melihat jangka pendek, keuntungan-keuntungan yang ada akan selalu lebih besar daripada risiko-risiko yang ada. Pada awalnya, aku tidak melihat ada risiko yang signifikan dari bermain “Temple Run”—bagaimanapun juga, game ini begitu menyenangkan.

Tapi ketika aku mulai melihat risiko-risiko jangka panjang yang ada dan membandingkannya dengan keuntungan-keuntungan jangka panjangnya, aku menyadari betapa banyak hal yang aku korbankan. Dalam jangka panjang, aku akan membuang banyak waktu, melewatkan banyak kesempatan, memperburuk banyak hubungan, dan bahkan, merusak kesehatanku. Adakah keuntungannya? Yah, mendapatkan kesenangan. Tapi itu tidak sebanding dengan apa yang harus aku korbankan.

12. STOP : Berhenti sepenuhnya

Beberapa orang percaya bahwa menghilangkan kebiasaan buruk adalah sebuah proses sedikit demi sedikit. Contohnya, jika kamu ingin menghilangkan kebiasaan bermain game di ponselmu, mulailah dengan mengurangi jumlah jam bermain setiap minggu: 5 jam minggu ini, lalu kurangi jadi 4 jam pada minggu berikutnya, dan seterusnya. Pada akhirnya, kamu akan berhenti bermain sepenuhnya. Meskipun beberapa orang berhasil menggunakan cara ini, cara ini tidak berhasil untukku. Cara ini hanya membuatku mencari alasan untuk tetap bermain “satu kali lagi”.

Berhenti sama sekali adalah cara yang paling efektif bagiku. Itu menghindariku dari lingkaran “bermain-satu-kali-lagi-saja” yang membuatku jauh lebih sulit untuk berhenti. Selain itu, aku juga mendapatkan keuntungan instan. Tiba-tiba, aku mempunyai begitu banyak waktu kosong!

Nah itu tadi 12 Tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kecanduan game online. Bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan, bukan? So, inilah saatnya untuk menjadi kepribadian yang lebih baik dan tentu saja bermanfaat untuk diri kita dan orang lain. And what are you waiting for? Start the change from now! 

Pemuda Yang Merubah Dunia

1. Blake Ross (founder : Mozilla)

Blake menciptakan website pertamanya di usia 10 th. Dia bahkan telah bekerja di intern Netscape di usia 15 th. Lebih baik dari Bill Gates, Blake hanya jarang berkuliah karena fokus pada pekerjaannya. Tidak puas dengan browser Netscape, bersama dengan Joe Hewitt, Blake membuat proyek opensource yang dinamakan dengan Firefox. Dirilis di tahun 2004 pada saat Blake berusia 19 th, Firefox dengan cepat memperoleh segmen pasar dengan 100 juta download dalam waktu kurang dari satu tahun.

2. Larry Page and Sergey Brin (founder : Google)
Page dan Brin sama-sama berusia 25 th ketika mereka mendirikan Google.inc di tahun 1998. Sejak kecil, Page memang bercita-cita untuk menjadi seorang penemu. Page dan Brin bertemu di Stanford ketika mereka kebetulan sama-sama mengambil program Ph.D di bidang ilmu computer. Dengan ketertarikan yang sama, mereka menjadi teman akrab dan mengembangkan algoritma Pagerank yang kemudian menjadi keunggulan mutlak google. Pada tahun 2007, mereka berdua mendapat ranking 1 dari “ 50 orang paling penting di dunia web” oleh majalah PC World.

3. Mark Zuckerberg (founder : Facebook)

Pada awalnya, Mark yang pada tahun 2004 berusia 19 th mencoba membuat situs jaringan pertemanan yang terbatas pada kalangan kampusnya. Dan hanya dalam waktu relative singkat situs itu mampu menjaring 2/3 lebih mahasiswa Harvard sebagai anggota tetap. Kekuatan visi yang dimilikinya membuat Mark mengikuti jejak seniornya – Bill Gates untuk drop out dari Harvard dan mengelola dengan serius Facebook. Dengan berbagai kelebihan yang dibuat Mark pada Facebooknya, membuat situs ini telah dikunjungi lebih dari 60 juta orang. Kabarnya Microsoft harus mengeluarkan dana tak kurang dari US$ 240 juta untuk memiliki saham hanya 1,6 persen saja, Ini berarti nilai kapitalisasi saham Facebook bisa mencapai US$15 miliar! Tak heran, Mark kemudian dinobatkan sebagai miliarder termuda dalam sejarah yang memulai dari keringatnya sendiri.

4. Matt Mullenweg (founder : Wordpress)

Satu lagi pemuda dropout yang mengubah dunia. Matt berusia 18 th ketika mengembangkan Wordpress bersama koleganya. Pada tahun 2007, Ia pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World. Dan pada pertengahan Januari 2009, Matt berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri sekaligus menjadi tamu utama dalam acara Wordcamp Indonesia 2009 - “1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts”.

5. Steve Chen dan Chad Hurley (founder : You Tube)

Para pencipta dari situs web “berbagi video online”, YouTube. Mereka mendirikan YouTube pada 2005 ketika Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun. YouTube kemudian diakuisisi oleh Google dengan nilai $1.65 milyar.

6. Jerry Yang dan David Filo (founder : Yahoo)

Yahoo! Bermula dari hobi dua mahasiswa Stanford, Jerry dan David yang memang sangat tertarik pada internet. Keunikan yang dimiliki Yahoo! Membuat situs tersebut memiliki tak kurang dari 100 ribu klik tiap harinya di tahun 1994. Sadar dengan peluang bisnis di tangan, Jerry dan David memulai kerjasama bisnis dengan investor di Silicon Valley pada tahun 1995. Kini Saat ini, Yahoo! telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Jerry berusia 26 tahun dan David Filo 28 tahun ketika mereka menciptakan Yahoo!.

7. Tom Anderson (founder : Myspace)

Tom berusia 28 th ketika menset up halaman pertama Myspace pada tahun 2003. Saat ini, Myspace adalah situs social networking terpopuler kedua setelah Facebook. Di Amerika,, Myspace adalah situs terpopuler bagi remaja, dan selalu berada di daftar teratas web traffic rankings.
Kapankah kita seperti mereka....??
Walaupun kita tidak sehebat mereka, paling tidak rubah lingkunganmu dari yang paling kecil... dan mulailah sekarang juga...

Persiapan Berkas Setelah Lulus UTN PLPG 2017

Selamat bagi bapak dan ibu guru yang dinyatakan lulus UTN PLPG 2017, semoga keberkahan dan semangat mengajarnya semakin baik.
Kawan-kawan yang dinyatakan lulus UTN PLPG 2017-2018 nantinya diharapkan mempersiapkan berkas-berkas untuk kelengkapan data sertifikasinya, tidak ada salahnya untuk mengumpulkan berkas-berkas itu terdahulu agar nantinya jika digunakan berkas sudah tersedia.

Berkas-berkas yang dilengkapi di Data Pokok Pendidik (DAPODIK) adalah sebagai berikut :
  • NUPTK
  • SK awal
  • SK/Berkala terakhir
  • Nomer peserta sertifikasi
  • Nomor Registrasi Guru (NRG)
  • Rekening Bank
Berkas tersebut segera dimasukkan ke dalam dapodik agar divalidasi dan disinkronisasi, harap diingat validasi data anda sangatlah penting agar nantinya SK Tunjangan sertifikasi guru bisa cair sesuai dengan waktunya, VALID artinya cair, tidak valid artinya tidak bisa dicairkan harap diperhatikan itu.
Lengkap tidaknya data bapak ibu nanti bisa dicek di https://app.simpkb.id/gtk
Pengecekan info gtk sendiri sudah berubah sejak 2016 dulunya dengan mengetik info gtk langsung di situs kemendikbud sekarang melalui SIM PKB masing-masing. 

Tidak kalah penting adalah bagi guru yang belum memenuhi jam mengajar, agar segera memenuhi syarat mengajar 24 jam supaya datanya bisa valid. Selama ini para guru mata pelajaran mengajar di dua sampai tiga sekolah hanya untuk memenuhi jam mengajar supaya bisa tepat 24 jam. 

Bagi kawan-kawan guru yang belum memenuhi 24 jam (admin sendiri cuma dapat jatah 20 jam... cemungut cemungut) berikut daftar jam tambahan yang diakui oleh DAPODIK selain tugas mengajar :

Tugas Tambahan DAPODIK Guru TK/ PAUD
  • -
Tugas Tambahan DAPODIK Guru SD

  • Seorang kepala Perpustakaan
Tugas Tambahan DAPODIK Guru SMP
  • Tiga orang wakil kepala sekolah, jumlah wakil kepala sekolah (wakasek) yang diakui di jenjang SMP berdasarkan jumlah rombel jika 1-9 rombel maka diakui satu wakasek, 10-18 maka dua wakasek yang diakui, jumlah rombel 19 rombel ke atas diakui 3 wakasek.
  • 1 kepala Laboratorium
  • 1 kepala perpustakaan
  • K-13, Pembina pramuka (2 jam/ minggu) rombel yang dibini 1 - 6 rombel diakui 1 pembina, 7-12 rombel diakui dua pembina 2 jam/ minggu. 13-18 rombel binaan pramuka maka 3 pembina pramuka, 19 rombel ke atas maka diakui 4 pembina.
Tugas Tambahan DAPODIK Guru SMA
  • Maksimal empat wakil kepala sekolah (Wakasek) berdasarkan jumlah rombel jika 1-9 rombel maka diakui satu wakasek, 10-18 maka dua wakasek yang diakui, jumlah rombel 19-27 maka yang diakui 3 wakasek, sedangkan rombel yang diakui jika lebih dari 27 maka yang diakui adalah 4 wakasek. (Permendikbud No 12 Tahun 2017)
  • 1 kepala Laboratorium
  • 1 kepala perpustakaan
  • K-13, Pembina pramuka (2 jam/ minggu) rombel yang dibina 1 - 6 rombel diakui 1 pembina, 7-12 rombel diakui dua pembina 2 jam/ minggu. 13-18 rombel binaan pramuka maka 3 pembina pramuka, 19 rombel ke atas maka diakui 4 pembina.
Tugas Tambahan Dapodik Guru SMK
  • Seorang kepala sekolah
  • Maksimal empat wakasek, dengan merujuk kepada ketentuan jika 1-9 rombel maka diakui satu wakasek, 10-18 maka dua wakasek yang diakui, jumlah rombel 19-27 maka yang diakui 3 wakasek, sedangkan rombel yang diakui jika lebih dari 27 maka yang diakui adalah 4 wakasek.
  • Seorang ka Lab IPA, sesuai sertifikasinya ( Kimia, Fisika, Biologi)
  • Kepala bengkel sesuai program peminatan
  • Kepala perpustakaan.
  • Kepala unit produksi
  • Kepala program studi sesuai program yang ada di sekolah
  • K-13, Pembina pramuka (2 jam/ minggu) rombel yang dibini 1 - 6 rombel diakui 1 pembina, 7-12 rombel diakui dua pembina 2 jam/ minggu. 13-18 rombel binaan pramuka maka 3 pembina pramuka, 19 rombel ke atas maka diakui 4 pembina.
Sedangkan untuk kepala sekolah berdasarkan permendikbud no 12 tahun 2017 bukan lagi sebagai tugas tambahan melainkan tugas menjadi kepala sekolah dihitung berdasarkan masa kerja yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Semoga bermanfaat, buat yang lulus PLPG semoga semakin berprestasi di pendidikan dan turut serta menghantarkan siswa ke arah yang lebih baik lagi.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh