Tutorial Mendapatkan Dollar dengan LinkShrink

Internet bukan hanya sekedar untuk mencari Informasi atau hanya bermain media sosial, karena dengan Internet maka bukan tidak mungkin uang akan mengalir ke kantong kita

Tutorial Buat RDP Windows 10 di Digital Ocean

sebelum instalasi kita sudah memiliki akun DigitalOcean, jika belum bisa membeli akun digitalocean atau membuat sendiri akun digitalocean menggunakan kartu kredit atau paypal.

Langkah memakai OBS

Langkah memakai OBS untuk screen recording tidak sepanjang untuk streaming. Relatif lebih mudah..

Survey COVID-19 LPMP Sumatera Barat

LPMP Sumatera Barat melaksanakan Survei Pembelajaran daring Pada Masa Covid 19. Survey ini ditujukan untuk.mengetahui kendala yang dihadapi oleh para guru_guru dalam memberikan pembelajaran daring. Adapun Survey ini akan dilaksanakan satu hari, yaitu pada tanggal 4 April 2020.
Berikut isi Survey yang akan di isi oleh guru


COVID-19 berdampak pada dunia pendidikan. Salahsatunya adalah kebijakan pemerintah untuk menghentikan proses pembelajaran secara offline. Sebagai gantinya proses pembelajaran dilalakukan secara online atau daring. Mencermati kondisi di atas maka LPMP Sumatera Barat meminta Bapak/Ibu Guru untuk mengisi sejumlah pertanyaan di bawah ini. Dalam pelaksanaan studi ini kami dibantu oleh Revolt Institute. 
Kami akan mengajukan 19 pertanyaan singkat dan kami membutuhkan waktu Bapak/Ibu/Sdr sekitar 7-10 menit untuk memberikan jawaban. Jawaban Bapak/Ibu/Saudara tidak berhubungan dengan benar atau salah. Jawaban yang Bapak/Ibu berikan sangat bermanfaat bagi LPMP sebagai masukan bagi penjaminan mutu pendidikan dan sebagai bahan masukan bagi kepentingan pembelajaran DARING ke-depan 
Analisis dari koesioner ini akan dilakukan secara kolektif bukan individu. Penggunaan data dan analisis tanpa mendapat izin dari LPMP adalah diluar tanggung jawab LPMP Sumatera Barat.
Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya



Padang,3 April 2020
Kepala LPMP 


Dr.Ir.Moh.Sofian Asmirza,S.M.Sc
NIP: 196404041991031003
A. IDENTITAS RESPONDEN

Pendidikan terakhir *



D2


D3


S1


S2



S3
Usia saat ini *



17-25


26-35


36-45


45-55



>56
Mengajar Pada Jenjang Sekolah : *



SD


SLTP


SLTA



SMK
KABUPATEN/KOTA *



KOTA PADANG


PESISIR SELATAN


KABUPATEN SOLOK


KABUPATEN SIJUNJUNG


KABUPATEN PADANG PARIAMAN


KABUPATEN TANAH DATAR


KABUPATEN AGAM


KABUPATEN 50 KOTA


KABUPATEN PASAMAN


KABUPATEN MENTAWAI


KABUPATEN DHAMASRAYA


KABUPATEN SOLOK SELATAN


KABUPATEN PASAMAN BARAT


KOTA SOLOK


KOTA SAWAHLUNTO


KOTA PADANG PANJANG


KOTA BUKITTINGGI


KOTA PAYAKUMBUH



KOTA PARIAMAN

Kualitas Jaringan Internet di tempat tinggal *



BAGUS


KURANG BAGUS



TIDAK ADA SINYAL

B.PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

Apakah bapak/ibu melakukan pembelajaran daring: *



YA



TIDAK

Fasilitas penyelenggaraan pembelajaran daring apa saja yang saat ini digunakan oleh bapak/ibu *



Dropbox, Onedrive, dsb


Group (Whatsapp, blackberry line, dsb)


Learning Management System (moodle, Edmodo, dsb)



Video Conference (misalnya Skype, Zoom, Google meet, dsb)




Opsi 1

Apakah Bapak/Ibu sudah pernah menggunakan pembelajaran daring sebelumnya: *



YA



TIDAK

Jika Ya, sebutkan model yang digunakan selama ini………….. *



Dropbox, Onedrive, dsb


Group (Whatsapp, blackberry line, dsb)


Learning Management System (moodle, Edmodo, dsb)



Video Conference (misalnya Skype, Zoom, Google meet, dsb)

Apakah semua orang tua siswa/ siswa memiliki android *



Ya



Tidak

Jika ada orang tua siswa/ siswa yang tidak memiliki android upaya apa yang bapak/ibu lakukan dalam memberikan materi/tugas kepada siswa *

Upaya apa pula yang bapak ibu lakukan untuk memberikan respon tugas kepada siswa yang orang tuanya/siswa tidak memiliki android *

Bagaimana cara Bapak/Ibu memberikan respon terhadap tugas yang dikumpulkan oleh siswa *



Memfoto ulang tugas siswa yang sudah dinilai ke whatsapp pribadi ortu


Mengumumkannya melalui Link tautan



LAIN NYA

(terkai pertanyaan di atas )Jika menjawab LAIN NYA silahkan tuliskan alasan nya *

Bagaimana pola pemberian materi atau tugas yang bapak/ibu lakukan *



Harian


Mingguan



Sebelum libur sekolah

Bagaimana pola pemberian respon atas tugas yang bapak/ibu berikan *



Harian


Mingguan



Awal sekolah dimulai lagi

Menurut Bapak/Ibu berapa persen tingkat keberhasilan pembelajaran yang dilakukan ? sertakan alasannya *

Bentuk Pembelajaran daring apa yang di selenggarakn di sekolah: *
Mata Pelajaran/Tema daring pada semua mata pelajaran atau tema (catatan: mata pelajaran/tema daring adalah mata pelajaran/tema yang sebagian atau seluruhnya diselenggarakan secara daring/onlinedengan menggunakan Learning management system

Materi daring sebagai pengayaa/bantuan bagi siswa pada pada seluruh mata pelajaran atau tema



Materi daring sebagai pengayaa/bantuan bagi siswa pada pada sebagian mata pelajaran atau tema

Bagaimana cara bapak/ibu melaksanakan pembelajaran daring *



Memberikan materi daring dengan mengirimkan link tautan pada whatsapp group


Memberikan materi sebelum libur sekolah, dan memberikan tugas secara keseluruhan untuk seluruh mata pelajaran/tema yang sedang dipelajarai


Mengirimkan tugas melalui whatsapp group Orangtua murid tanpa materi dan mengumpulkan hasil tugas siswa setiap hari pada jam yang ditentukan oleh guru


Mengirimkan tugas melalui whatsapp group Orangtua murid tanpa materi dan tidak mengumpulkan hasil tugas siswa setiap hari tapi pada saat sekolah dimulai kembali


Memberikan File materi serta tugas melalui Whatsapp group


Memberikan materi serta tugas dengan cara memfoto materi di handphone lalu membagikannya ke Whatsapp group



Memberikan tugas baca materi dan tugas secara mandiri kepada siswa (dengan menyebutkan halaman materi dan tugas pada buku pegangan siswa)

Apakah Jaringan internet menjadi kendala atau tidak bagi Bapak/Ibu dalam pembelajaran daring : *



YA



TIDAK

Apakah Perangkat (seperti HP, computer) menjadi kendala atau tidak bagi Bapak/Ibu dalam pembelajaran daring : *



YA



TIDAK

Apakah Kouta internet menjadi kendala atau tidak bagi Bapak/Ibu dalam pembelajaran daring : *



YA



TIDAK

Apakah Keterampilan menjalankan perangkat menjadi kendala atau tidak bagi Bapak/Ibu dalam pembelajaran daring : *



YA



TIDAK

Menurut bapak/ibu,dengan segala kendala yang ada dalam Pembelajaran Daring yang telah bapak ibu lakukan ,solusi apa yang bapak/ibu butuhkan *

Jika Bapak/Ibu bersedia menjadi informan untuk wawancara mendalam pada survei ini,mohon tuliskan nama dan no hp Bapak/Ibu
Contoh : Mawar Melati :081688945495940

Sintak dan Langkah Model Pembelajaran

Berikut Sintak Model Pembelajaran Inquiry Learning

1. Tahap orientasi.
Tahap ini merupakan tahap dimana siswa pertama kali untuk diperkenalkan terhadap masyarakat

2. Merumuskan Masalah
Perumusan permasalahan ini melingkupi tantangan apa yang harus dicari jawabannya terkait permasalahan yang diangkat

3. Merumuskan Hipotesis
Guru meminta jawaban sementara atau dugaan sementara (hipotesis) dari siswa terkait permasalahan yang dibahas bersama

4. Tahap pengumpulan Data
Setelah Siswa memiliki dugaan sementara terhadap penyebab permasalahan maka langkah selanjutnya siswa diminta untuk mencari data pendukung sebagai proses pembuktian hipotesis tersebut

5. Menguji Hipotesis
Dari data yang terkumpul, selanjutnya digunakan untuk melakukan pengujian terhadap hipotesis tadi sehingga akan dapat dibuktikan apakah hipotesis tersebut benar atau salah.

6. Menarik Kesimpulan
Kesimpulan diperoleh setelah seluruh langkah pembuktian telah dilaksanakan. Kesimpulan yang telah didapat bisa selanjutnya dikomunikasikan kepada siswa yang lainnya melalui presentasi
Langkah – langkah Model Pembelajaran InquiryLearning

1. Orientasi
Pada tahap ini adalah tahapan yang sangat penting dimana pada tahap ini guru dituntut untuk menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan untuk belajar. Pada tahap ini guru dapat memberitahukan siswa mengenai:
a. Materi apa yang akan dipelajari;
b. Apa tujuan yang akan dicapai; serta
c. Mempersiapkan siswa untuk mulai menggunakan model pembelajaran inkuiri.

2. Merumuskan masalah.
Pada tahap ini siswa diarahkan pada suatu masalah yang memerlukan pemecahan. Masalah dapat disajikan dengan cara yang menarik seperti demonstrasi unik ataupun dalam bentuk teka-teki sehingga siswa tertantang untuk mencari tahu apa yang terjadi dan merumuskannya dalam suatu pertanyaan ataupun pernyataan yang kelak harus dijawab nya sendiri.

3. Merumuskan hipotesis
Pada tahapan ini siswa dilatih untuk membuat suatu hipotesis atau jawaban sementara dari masalah yang telah disaksikannya. Hipotesis belum tentu benar sehingga doronglah anak-anak untuk tidak takut dalam mengemukakan hipotesisnya. Guru juga dapat membantu siswa membuat hipotesis dengan memberikan beberapa pertanyaan yang jawabannya mengarah pada hipotesis siswa.

4. Mengumpulkan data
Pada tahap ini siswa melakukan aktivitas mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang telah dibuatnya. Dalam pembelajaran inquiry tahapan ini merupakan suatu proses yang sangat penting untuk mengembangkan kemampuan intelektual siswa karena pada tahap ini siswa dilatih untuk menggunakan seluruh potensi berfikir yang dimilikinya.

5. Menguji hipotesis
Langkah ini merupakan langkah yang latih kemampuan rasional siswa, dimana hipotesis yang telah dibuat kemudian diuji dengan cara dibandingkan dengan data yang ada lalu kemudian ditunjukkan. Pada tahap ini juga dilatih sikap jujur dan percaya diri pada siswa sehingga siswa dapat menguji hipotesis nya berdasarkan data dan fakta

6. Merumuskan kesimpulan
Pada langkah ini siswa dituntut untuk mendeskripsikan temuan yang telah diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis, sehingga dapat mencapai kesimpulan yang akurat.

Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013

Agar pembelajaran bisa efektif dan menyenangkan maka perlu adanya perubahan cara mengajar dari model pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif. Caranya adalah dengan melibatkan siswa secara aktif, bukan menjadikannya sebagai objek. Pembelajaran tidak berpusat pada guru, tetapi pada siswa. 
Adapun Metode yang digunakan bukan lagi yang beraifat monoton tapi bersifat fleksibel dan dinamis sehungga dapat memenuhi kebutuhan siswa secara keseluruhan.
Bayangkan kalau seorang guru menggunakan model pembelajaran yang berfariasi, siswa akan selalu penasaran karena pengalaman yang berbeda selalu didapatkan pada setiap minggunya.
Berikut Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013

1. Active Debate
2. Artikulasi
3. Auditory, Intelectuality, Repetition
4. Bamboo Dancing
5. Circuit Learning
6. Complete Sentence
7. Concept Sentence
8. Connecting, Organizing, Reflecting, Extending
9. Contextual, Teaching and Learning
10. Cooperative Learning
11. Cooperative Scripts
12. Cooperative Integrated, Reading and Composition
13. Course Review Horay
14. Creative Problem Solving
15. Cycle Learning
16. Demonstration
17. Direct Instruction
18. Diskursus Multy Reprecentacy
19. Double Loop Problem Solving
20. Dramatic Learning
21. Example Non Examples
22. Explicit Instruction
23. Generatif
24. Group Investigation
25. Habit Forming
26. Improve
27. Inkuiri
28. Inside Outside Circle
29. Jigsaw
30. Kumon
31. Logan Avenu Problem Solving
32. Make A Match
33. Meaningful Instructional Design
34. Mean-Ends Analysis
35. Mind Mapping
36. Numbered Head Together
37. Open Ended Problems
38. Outbound
39. Pair Checks
40. Picture And Picture
41. Problem Promting
42. Problem Base Learning
43. Problem Posing
44. Problem Solving
45. Quantum
46. Realistic Mathematics Education
47. Reciprocal Teaching
48. Reward And Punishment
49. Role Playing
50. Scientific
51. Scramble
52. Simulasi
53. Snowball Throwing
54. Somatic, Auditory, Visualization, Intelectuality
55. Student Facilitator And Explaining
56. Student Teams Achievement Division
57. Superitem
58. Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review
59. Take And Give
60. Talking Stick
61. Team Assited Individually
62. Teams Games Tournament
63. Thingk Pair Share
64. Think Talk Write
65. Time Token
66. Treffinger
67. Two Stay-Two Stray
68. Visualization, Auditory, Kinestetic

Rumah Belajar vs Ruang Guru


Rumah Belajar
Rumah belajar merupakan portal pembelajaran yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berisi lebih dari 12.934 jenis materi belajar yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar. Protal ini dapat kamu gunakan sebagai bahan belajar alternatif di dalam ataudi luar jam sekolah.

Kelebihan Ruang belajar
  • Gratis

Aplikasi ini disediakan secara gratis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk masyarakat luas. Tidak ada biaya khusus untuk bisa membuka akses berbagai materi yang ada di Rumahbelajar.

  • Mempunyai Delapan Kelompok Konten

  1. Sumber Belajar, konten ini berisi berbagai materi pelajaran.
  2. Buku Sekolah Eketronik yang berisi perbukuan sekolah yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat diunduh.
  3. Bank Soal yang berisi berbagai soal latihan, ulangan dan juga ujian dari berbagai tingkat pendidikan dan mata pelajaran
  4. Laboratorium Maya, sebuah fitur yang bisa kamu jadikan percobaan layaknya di laboratorium.
  5. Peta Budaya berisi tentang konten-konten yang terkait dengan budaya Indonesia lengkap dengan peta dan penjelasannya.
  6. Wahana Jelajah Angkasa ini berisi berbagai hal tentang luar angkasa.
  7. Pengembangan Keprofesian berkelanjutan adalah konten yang terkait dengan pelatihan-pelatihan
  8. Kelas Maya berisi berbagai kelas-kelas maya per mata pelajaran yang dapat diikuti selama 1 jam/minggu.

  • Mempunyai Fitur Pendukung

  1. Karya Guru berisi tentang materi pelajaran dari guru-guru seluruh Indonesia
  2. Karya Komunikasi berisi berbagai materi dari beberapa komunitas secara khusus di luar materi yang telah disediakan.
  3. Karya Bahasa yang berisi kumpulan berbagai karya bahasa dan sastra.
  4. Bentuk Materi Beragam
  5. Rumahbelajar ini tidak hanya muncul dengan format teks, namun juga tersedia dengan format gambar, animasi, video dan juga simulasi. Tersedia juga buku digital yang bisa kamu download


  • Pilihan Sumber belajar Lain.

Kamu juga bisa kok mengakses informasi lain dari sumber belajar lain.beberapa diantaranya adalah TV Edukasi, Suara Edukasi, Radio Edukasi, KBBI, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Perpustakaan Dikbud dan juga lainnya.

  • Kekurangan Rumah Belajar

  1. Belum tersedianya semua materi
  2. Pilihan buku digital yang bisa diunduh masih terbatas
  3. Untuk konten Bank Soal kadang sulit saat akan menuliskan soal sebagai percobaan.
  4. Di Laboratorium Maya masih sangat terbatas jumlah percobaan yang bisa digunakan
  5. Dalam Peta Budaya juga belum memasukkan semua budaya di setiap provinsi Indonesia.
  6. Websitenya terasa agak berat untuk diakses walaupun internet dalam keadaan stabil.


Ruang Guru
Ruangguru ini adalah aplikasi yang telah diluncurkan sejak tahun 2014 yang lalu. Tujuan adanya Ruangguru ini adalah untuk menargetkan murid, para guru, orang tua, pemerintah, juga institusi pendidikan dalam memberikan sistem tata kelola pembelajaran. Kamu bisa belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan karena semua materi pembelajaran dapat dilakukan melalui gadget.

  • Kelebihan Ruangguru

Ruangguru Mempunyai 5 Produk Unggulan 

  1. Ruangguru digital boot camp, yaitu fitur yang berisi tentang belajar bersama grup online se-Indonesia.
  2. Ruangles yaitu sebuah program yang digunakan untuk memanggil guru les privat ke rumah.
  3. Ruangles online , program ini dirancang untuk kamu bisa melakukan chat onlien dengan guru les kamu di Ruangguru
  4. Ruanguji, suatu program belajar yang berisi ratusan latihan soal
  5. Ruangguru Mempunyai Tutor yang Selalu Standby

Kelebihan yang dimiliki Ruangguru adalah mempunyai tutor atau guru yang selalu standby untuk tempat kamu bertanya. Jadi jika kamu mengalami kesulitan atau ada hal yang ingin kamu tanyakan, kamu bisa dengan mudah bertanya kapan saja dan dimana saja karena semua dilakukan secara online.

  • Mempunyai Fitur yang Lebih Menyenangkan

Jika kamu sering merasakan bosan atau jenuh saat belajar dalam waktu yang agak lama, maka di Ruangguru ini kamu akan diberikan tampilan yang menyenangkan dan colour full sehingga membuat mata selalu segar dengan tampilan yang ada. Dengan tampilan yang menyenangkan ini, kamu akan merasa betah dan tidak capat bosan saat mendapatkan materi.

  • Kekurangan Ruangguru

Harga Lebih Mahal

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Ruangguru memang membuat harga berlangganan Ruangguru ini menjadi mahal. Namun harga ini memang sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan. Ruangguru menyediakan solusi belajar yang mudah dalam pemahaman materi.

Ukuran Aplikasi Besar

Ruangguru memang menyediakan berbagai fitur menarik dan juga dengan tampilan yang dibuat warna warni disertai animasi yang lucu. Namun memang semua itu menyebabkan aplikasi ini mempunyai memori yang besar untuk kamu simpan.

Dari kedua aplikasi tersebut memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung tingkat kebutuhan yang kamu inginkan. Begitu pula pilihan gratis dan berbayar juga bisa dijadikan pertimbangan untuk mengakses ilmu yang ada didalamnya dan keterbatasan yang ada pada aplikasi. Pada dasarnya aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan mendapatkan akses belajar secara online.