Tutorial Mendapatkan Dollar dengan LinkShrink

Internet bukan hanya sekedar untuk mencari Informasi atau hanya bermain media sosial, karena dengan Internet maka bukan tidak mungkin uang akan mengalir ke kantong kita

Tutorial Buat RDP Windows 10 di Digital Ocean

sebelum instalasi kita sudah memiliki akun DigitalOcean, jika belum bisa membeli akun digitalocean atau membuat sendiri akun digitalocean menggunakan kartu kredit atau paypal.

Langkah memakai OBS

Langkah memakai OBS untuk screen recording tidak sepanjang untuk streaming. Relatif lebih mudah..

Survey COVID-19 LPMP Sumatera Barat

LPMP Sumatera Barat melaksanakan Survei Pembelajaran daring Pada Masa Covid 19. Survey ini ditujukan untuk.mengetahui kendala yang dihadapi oleh para guru_guru dalam memberikan pembelajaran daring. Adapun Survey ini akan dilaksanakan satu hari, yaitu pada tanggal 4 April 2020.
Berikut isi Survey yang akan di isi oleh guru


COVID-19 berdampak pada dunia pendidikan. Salahsatunya adalah kebijakan pemerintah untuk menghentikan proses pembelajaran secara offline. Sebagai gantinya proses pembelajaran dilalakukan secara online atau daring. Mencermati kondisi di atas maka LPMP Sumatera Barat meminta Bapak/Ibu Guru untuk mengisi sejumlah pertanyaan di bawah ini. Dalam pelaksanaan studi ini kami dibantu oleh Revolt Institute. 
Kami akan mengajukan 19 pertanyaan singkat dan kami membutuhkan waktu Bapak/Ibu/Sdr sekitar 7-10 menit untuk memberikan jawaban. Jawaban Bapak/Ibu/Saudara tidak berhubungan dengan benar atau salah. Jawaban yang Bapak/Ibu berikan sangat bermanfaat bagi LPMP sebagai masukan bagi penjaminan mutu pendidikan dan sebagai bahan masukan bagi kepentingan pembelajaran DARING ke-depan 
Analisis dari koesioner ini akan dilakukan secara kolektif bukan individu. Penggunaan data dan analisis tanpa mendapat izin dari LPMP adalah diluar tanggung jawab LPMP Sumatera Barat.
Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya



Padang,3 April 2020
Kepala LPMP 


Dr.Ir.Moh.Sofian Asmirza,S.M.Sc
NIP: 196404041991031003
A. IDENTITAS RESPONDEN

Pendidikan terakhir *



D2


D3


S1


S2



S3
Usia saat ini *



17-25


26-35


36-45


45-55



>56
Mengajar Pada Jenjang Sekolah : *



SD


SLTP


SLTA



SMK
KABUPATEN/KOTA *



KOTA PADANG


PESISIR SELATAN


KABUPATEN SOLOK


KABUPATEN SIJUNJUNG


KABUPATEN PADANG PARIAMAN


KABUPATEN TANAH DATAR


KABUPATEN AGAM


KABUPATEN 50 KOTA


KABUPATEN PASAMAN


KABUPATEN MENTAWAI


KABUPATEN DHAMASRAYA


KABUPATEN SOLOK SELATAN


KABUPATEN PASAMAN BARAT


KOTA SOLOK


KOTA SAWAHLUNTO


KOTA PADANG PANJANG


KOTA BUKITTINGGI


KOTA PAYAKUMBUH



KOTA PARIAMAN

Kualitas Jaringan Internet di tempat tinggal *



BAGUS


KURANG BAGUS



TIDAK ADA SINYAL

B.PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

Apakah bapak/ibu melakukan pembelajaran daring: *



YA



TIDAK

Fasilitas penyelenggaraan pembelajaran daring apa saja yang saat ini digunakan oleh bapak/ibu *



Dropbox, Onedrive, dsb


Group (Whatsapp, blackberry line, dsb)


Learning Management System (moodle, Edmodo, dsb)



Video Conference (misalnya Skype, Zoom, Google meet, dsb)




Opsi 1

Apakah Bapak/Ibu sudah pernah menggunakan pembelajaran daring sebelumnya: *



YA



TIDAK

Jika Ya, sebutkan model yang digunakan selama ini………….. *



Dropbox, Onedrive, dsb


Group (Whatsapp, blackberry line, dsb)


Learning Management System (moodle, Edmodo, dsb)



Video Conference (misalnya Skype, Zoom, Google meet, dsb)

Apakah semua orang tua siswa/ siswa memiliki android *



Ya



Tidak

Jika ada orang tua siswa/ siswa yang tidak memiliki android upaya apa yang bapak/ibu lakukan dalam memberikan materi/tugas kepada siswa *

Upaya apa pula yang bapak ibu lakukan untuk memberikan respon tugas kepada siswa yang orang tuanya/siswa tidak memiliki android *

Bagaimana cara Bapak/Ibu memberikan respon terhadap tugas yang dikumpulkan oleh siswa *



Memfoto ulang tugas siswa yang sudah dinilai ke whatsapp pribadi ortu


Mengumumkannya melalui Link tautan



LAIN NYA

(terkai pertanyaan di atas )Jika menjawab LAIN NYA silahkan tuliskan alasan nya *

Bagaimana pola pemberian materi atau tugas yang bapak/ibu lakukan *



Harian


Mingguan



Sebelum libur sekolah

Bagaimana pola pemberian respon atas tugas yang bapak/ibu berikan *



Harian


Mingguan



Awal sekolah dimulai lagi

Menurut Bapak/Ibu berapa persen tingkat keberhasilan pembelajaran yang dilakukan ? sertakan alasannya *

Bentuk Pembelajaran daring apa yang di selenggarakn di sekolah: *
Mata Pelajaran/Tema daring pada semua mata pelajaran atau tema (catatan: mata pelajaran/tema daring adalah mata pelajaran/tema yang sebagian atau seluruhnya diselenggarakan secara daring/onlinedengan menggunakan Learning management system

Materi daring sebagai pengayaa/bantuan bagi siswa pada pada seluruh mata pelajaran atau tema



Materi daring sebagai pengayaa/bantuan bagi siswa pada pada sebagian mata pelajaran atau tema

Bagaimana cara bapak/ibu melaksanakan pembelajaran daring *



Memberikan materi daring dengan mengirimkan link tautan pada whatsapp group


Memberikan materi sebelum libur sekolah, dan memberikan tugas secara keseluruhan untuk seluruh mata pelajaran/tema yang sedang dipelajarai


Mengirimkan tugas melalui whatsapp group Orangtua murid tanpa materi dan mengumpulkan hasil tugas siswa setiap hari pada jam yang ditentukan oleh guru


Mengirimkan tugas melalui whatsapp group Orangtua murid tanpa materi dan tidak mengumpulkan hasil tugas siswa setiap hari tapi pada saat sekolah dimulai kembali


Memberikan File materi serta tugas melalui Whatsapp group


Memberikan materi serta tugas dengan cara memfoto materi di handphone lalu membagikannya ke Whatsapp group



Memberikan tugas baca materi dan tugas secara mandiri kepada siswa (dengan menyebutkan halaman materi dan tugas pada buku pegangan siswa)

Apakah Jaringan internet menjadi kendala atau tidak bagi Bapak/Ibu dalam pembelajaran daring : *



YA



TIDAK

Apakah Perangkat (seperti HP, computer) menjadi kendala atau tidak bagi Bapak/Ibu dalam pembelajaran daring : *



YA



TIDAK

Apakah Kouta internet menjadi kendala atau tidak bagi Bapak/Ibu dalam pembelajaran daring : *



YA



TIDAK

Apakah Keterampilan menjalankan perangkat menjadi kendala atau tidak bagi Bapak/Ibu dalam pembelajaran daring : *



YA



TIDAK

Menurut bapak/ibu,dengan segala kendala yang ada dalam Pembelajaran Daring yang telah bapak ibu lakukan ,solusi apa yang bapak/ibu butuhkan *

Jika Bapak/Ibu bersedia menjadi informan untuk wawancara mendalam pada survei ini,mohon tuliskan nama dan no hp Bapak/Ibu
Contoh : Mawar Melati :081688945495940

Sintak dan Langkah Model Pembelajaran

Berikut Sintak Model Pembelajaran Inquiry Learning

1. Tahap orientasi.
Tahap ini merupakan tahap dimana siswa pertama kali untuk diperkenalkan terhadap masyarakat

2. Merumuskan Masalah
Perumusan permasalahan ini melingkupi tantangan apa yang harus dicari jawabannya terkait permasalahan yang diangkat

3. Merumuskan Hipotesis
Guru meminta jawaban sementara atau dugaan sementara (hipotesis) dari siswa terkait permasalahan yang dibahas bersama

4. Tahap pengumpulan Data
Setelah Siswa memiliki dugaan sementara terhadap penyebab permasalahan maka langkah selanjutnya siswa diminta untuk mencari data pendukung sebagai proses pembuktian hipotesis tersebut

5. Menguji Hipotesis
Dari data yang terkumpul, selanjutnya digunakan untuk melakukan pengujian terhadap hipotesis tadi sehingga akan dapat dibuktikan apakah hipotesis tersebut benar atau salah.

6. Menarik Kesimpulan
Kesimpulan diperoleh setelah seluruh langkah pembuktian telah dilaksanakan. Kesimpulan yang telah didapat bisa selanjutnya dikomunikasikan kepada siswa yang lainnya melalui presentasi
Langkah – langkah Model Pembelajaran InquiryLearning

1. Orientasi
Pada tahap ini adalah tahapan yang sangat penting dimana pada tahap ini guru dituntut untuk menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan untuk belajar. Pada tahap ini guru dapat memberitahukan siswa mengenai:
a. Materi apa yang akan dipelajari;
b. Apa tujuan yang akan dicapai; serta
c. Mempersiapkan siswa untuk mulai menggunakan model pembelajaran inkuiri.

2. Merumuskan masalah.
Pada tahap ini siswa diarahkan pada suatu masalah yang memerlukan pemecahan. Masalah dapat disajikan dengan cara yang menarik seperti demonstrasi unik ataupun dalam bentuk teka-teki sehingga siswa tertantang untuk mencari tahu apa yang terjadi dan merumuskannya dalam suatu pertanyaan ataupun pernyataan yang kelak harus dijawab nya sendiri.

3. Merumuskan hipotesis
Pada tahapan ini siswa dilatih untuk membuat suatu hipotesis atau jawaban sementara dari masalah yang telah disaksikannya. Hipotesis belum tentu benar sehingga doronglah anak-anak untuk tidak takut dalam mengemukakan hipotesisnya. Guru juga dapat membantu siswa membuat hipotesis dengan memberikan beberapa pertanyaan yang jawabannya mengarah pada hipotesis siswa.

4. Mengumpulkan data
Pada tahap ini siswa melakukan aktivitas mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang telah dibuatnya. Dalam pembelajaran inquiry tahapan ini merupakan suatu proses yang sangat penting untuk mengembangkan kemampuan intelektual siswa karena pada tahap ini siswa dilatih untuk menggunakan seluruh potensi berfikir yang dimilikinya.

5. Menguji hipotesis
Langkah ini merupakan langkah yang latih kemampuan rasional siswa, dimana hipotesis yang telah dibuat kemudian diuji dengan cara dibandingkan dengan data yang ada lalu kemudian ditunjukkan. Pada tahap ini juga dilatih sikap jujur dan percaya diri pada siswa sehingga siswa dapat menguji hipotesis nya berdasarkan data dan fakta

6. Merumuskan kesimpulan
Pada langkah ini siswa dituntut untuk mendeskripsikan temuan yang telah diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis, sehingga dapat mencapai kesimpulan yang akurat.

Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013

Agar pembelajaran bisa efektif dan menyenangkan maka perlu adanya perubahan cara mengajar dari model pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif. Caranya adalah dengan melibatkan siswa secara aktif, bukan menjadikannya sebagai objek. Pembelajaran tidak berpusat pada guru, tetapi pada siswa. 
Adapun Metode yang digunakan bukan lagi yang beraifat monoton tapi bersifat fleksibel dan dinamis sehungga dapat memenuhi kebutuhan siswa secara keseluruhan.
Bayangkan kalau seorang guru menggunakan model pembelajaran yang berfariasi, siswa akan selalu penasaran karena pengalaman yang berbeda selalu didapatkan pada setiap minggunya.
Berikut Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013

1. Active Debate
2. Artikulasi
3. Auditory, Intelectuality, Repetition
4. Bamboo Dancing
5. Circuit Learning
6. Complete Sentence
7. Concept Sentence
8. Connecting, Organizing, Reflecting, Extending
9. Contextual, Teaching and Learning
10. Cooperative Learning
11. Cooperative Scripts
12. Cooperative Integrated, Reading and Composition
13. Course Review Horay
14. Creative Problem Solving
15. Cycle Learning
16. Demonstration
17. Direct Instruction
18. Diskursus Multy Reprecentacy
19. Double Loop Problem Solving
20. Dramatic Learning
21. Example Non Examples
22. Explicit Instruction
23. Generatif
24. Group Investigation
25. Habit Forming
26. Improve
27. Inkuiri
28. Inside Outside Circle
29. Jigsaw
30. Kumon
31. Logan Avenu Problem Solving
32. Make A Match
33. Meaningful Instructional Design
34. Mean-Ends Analysis
35. Mind Mapping
36. Numbered Head Together
37. Open Ended Problems
38. Outbound
39. Pair Checks
40. Picture And Picture
41. Problem Promting
42. Problem Base Learning
43. Problem Posing
44. Problem Solving
45. Quantum
46. Realistic Mathematics Education
47. Reciprocal Teaching
48. Reward And Punishment
49. Role Playing
50. Scientific
51. Scramble
52. Simulasi
53. Snowball Throwing
54. Somatic, Auditory, Visualization, Intelectuality
55. Student Facilitator And Explaining
56. Student Teams Achievement Division
57. Superitem
58. Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review
59. Take And Give
60. Talking Stick
61. Team Assited Individually
62. Teams Games Tournament
63. Thingk Pair Share
64. Think Talk Write
65. Time Token
66. Treffinger
67. Two Stay-Two Stray
68. Visualization, Auditory, Kinestetic

Rumah Belajar vs Ruang Guru


Rumah Belajar
Rumah belajar merupakan portal pembelajaran yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berisi lebih dari 12.934 jenis materi belajar yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar. Protal ini dapat kamu gunakan sebagai bahan belajar alternatif di dalam ataudi luar jam sekolah.

Kelebihan Ruang belajar
  • Gratis

Aplikasi ini disediakan secara gratis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk masyarakat luas. Tidak ada biaya khusus untuk bisa membuka akses berbagai materi yang ada di Rumahbelajar.

  • Mempunyai Delapan Kelompok Konten

  1. Sumber Belajar, konten ini berisi berbagai materi pelajaran.
  2. Buku Sekolah Eketronik yang berisi perbukuan sekolah yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat diunduh.
  3. Bank Soal yang berisi berbagai soal latihan, ulangan dan juga ujian dari berbagai tingkat pendidikan dan mata pelajaran
  4. Laboratorium Maya, sebuah fitur yang bisa kamu jadikan percobaan layaknya di laboratorium.
  5. Peta Budaya berisi tentang konten-konten yang terkait dengan budaya Indonesia lengkap dengan peta dan penjelasannya.
  6. Wahana Jelajah Angkasa ini berisi berbagai hal tentang luar angkasa.
  7. Pengembangan Keprofesian berkelanjutan adalah konten yang terkait dengan pelatihan-pelatihan
  8. Kelas Maya berisi berbagai kelas-kelas maya per mata pelajaran yang dapat diikuti selama 1 jam/minggu.

  • Mempunyai Fitur Pendukung

  1. Karya Guru berisi tentang materi pelajaran dari guru-guru seluruh Indonesia
  2. Karya Komunikasi berisi berbagai materi dari beberapa komunitas secara khusus di luar materi yang telah disediakan.
  3. Karya Bahasa yang berisi kumpulan berbagai karya bahasa dan sastra.
  4. Bentuk Materi Beragam
  5. Rumahbelajar ini tidak hanya muncul dengan format teks, namun juga tersedia dengan format gambar, animasi, video dan juga simulasi. Tersedia juga buku digital yang bisa kamu download


  • Pilihan Sumber belajar Lain.

Kamu juga bisa kok mengakses informasi lain dari sumber belajar lain.beberapa diantaranya adalah TV Edukasi, Suara Edukasi, Radio Edukasi, KBBI, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Perpustakaan Dikbud dan juga lainnya.

  • Kekurangan Rumah Belajar

  1. Belum tersedianya semua materi
  2. Pilihan buku digital yang bisa diunduh masih terbatas
  3. Untuk konten Bank Soal kadang sulit saat akan menuliskan soal sebagai percobaan.
  4. Di Laboratorium Maya masih sangat terbatas jumlah percobaan yang bisa digunakan
  5. Dalam Peta Budaya juga belum memasukkan semua budaya di setiap provinsi Indonesia.
  6. Websitenya terasa agak berat untuk diakses walaupun internet dalam keadaan stabil.


Ruang Guru
Ruangguru ini adalah aplikasi yang telah diluncurkan sejak tahun 2014 yang lalu. Tujuan adanya Ruangguru ini adalah untuk menargetkan murid, para guru, orang tua, pemerintah, juga institusi pendidikan dalam memberikan sistem tata kelola pembelajaran. Kamu bisa belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan karena semua materi pembelajaran dapat dilakukan melalui gadget.

  • Kelebihan Ruangguru

Ruangguru Mempunyai 5 Produk Unggulan 

  1. Ruangguru digital boot camp, yaitu fitur yang berisi tentang belajar bersama grup online se-Indonesia.
  2. Ruangles yaitu sebuah program yang digunakan untuk memanggil guru les privat ke rumah.
  3. Ruangles online , program ini dirancang untuk kamu bisa melakukan chat onlien dengan guru les kamu di Ruangguru
  4. Ruanguji, suatu program belajar yang berisi ratusan latihan soal
  5. Ruangguru Mempunyai Tutor yang Selalu Standby

Kelebihan yang dimiliki Ruangguru adalah mempunyai tutor atau guru yang selalu standby untuk tempat kamu bertanya. Jadi jika kamu mengalami kesulitan atau ada hal yang ingin kamu tanyakan, kamu bisa dengan mudah bertanya kapan saja dan dimana saja karena semua dilakukan secara online.

  • Mempunyai Fitur yang Lebih Menyenangkan

Jika kamu sering merasakan bosan atau jenuh saat belajar dalam waktu yang agak lama, maka di Ruangguru ini kamu akan diberikan tampilan yang menyenangkan dan colour full sehingga membuat mata selalu segar dengan tampilan yang ada. Dengan tampilan yang menyenangkan ini, kamu akan merasa betah dan tidak capat bosan saat mendapatkan materi.

  • Kekurangan Ruangguru

Harga Lebih Mahal

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Ruangguru memang membuat harga berlangganan Ruangguru ini menjadi mahal. Namun harga ini memang sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan. Ruangguru menyediakan solusi belajar yang mudah dalam pemahaman materi.

Ukuran Aplikasi Besar

Ruangguru memang menyediakan berbagai fitur menarik dan juga dengan tampilan yang dibuat warna warni disertai animasi yang lucu. Namun memang semua itu menyebabkan aplikasi ini mempunyai memori yang besar untuk kamu simpan.

Dari kedua aplikasi tersebut memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung tingkat kebutuhan yang kamu inginkan. Begitu pula pilihan gratis dan berbayar juga bisa dijadikan pertimbangan untuk mengakses ilmu yang ada didalamnya dan keterbatasan yang ada pada aplikasi. Pada dasarnya aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan mendapatkan akses belajar secara online.

Mengatasi Jika IMEI HP Tidak Terdaftar dan Terblokir

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM, GSMA untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP. Setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang mengidentifikasi ponsel, bahkan Indonesia akan menggunakan IMEI untuk pemblokiran ponsel black market.

Apa sebenarnya Fungsi dari IMEI ? Berikut fungsinya :
Mengetahui Identitas HP
Untuk Mengecek Garansi
Untuk Melacak HP Hilang

Pada isu yang beredar di Indonesia saat ini, Kementerian Perindustrian saat ini melakukan upaya pemblokiran bagi HP yang IMEInya tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian, Hal ini bisa yang terkena dampak bagi mereka yang membeli HP pada pasar gelap atau black market atau juga bisa terkena bagi mereka yang membeli HP di luar negeri.

Panjang IMEI harus 15 digit dan dapat digunakan untuk memeriksa berbagai bit informasi, seperti negara asal, pabrikan, dan nomor model. Cara memeriksa IMEI bisa Anda lakukan dengan berbagai cara diantaranya :

Dengan kode dialing *#06#

1. Masuk ke menu Dialer HP android Anda
2. Ketikkan *#06# kemudian tekan tombol telepon (Call / Panggil).
3. Secara otomatis akan muncul informasi mengenai IMEI anda.

Melalui pengaturan ponsel

1. Pertama-tama buka menu Settings (seperti yang ditandai kotak merah) pada HP android anda.
2. Selanjutnya pilih About Phone.
3. Untuk mengetahui IMEI HP android anda, tinggal pilih Status.

Tertera di bungkus HP, Baterai dan perangkat HP

Nah untuk hal ini paling udah Anda lakukan dimana Anda bisa mengecek secara langsung pada kotak HP anda karena biasanya akan dicantumkan nomor IMEI yang terdaftar apabila Anda membeli langsung di toko resmi.

Nah saat ini kamu jika sudah tahu Nomor IMEI kamu, dan kamu ingin mengecek apakah IMEI HP kamu terdaftar atau tidak bisa coba kunjungi halaman https://imei.kemenperin.go.id dengan memasukkan nomor IMEI kamu tadi.

Beberapa pertanyaan yagn sering diajukan terkait hal ini diantaranya :

Apakah HP black market (BM) yang dibeli sebelum tanggal 17 Agustus 2019 akan langsung diblokir?
Tidak langsung diblokir, tetapi ketentuan atas masa pakainya akan ditentukan kemudian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bagaimana jika membeli HP dari luar negeri setelah tanggal 17 Agustus 2019? Apakah nantinya bisa dipakai di Indonesia?
Tetap bisa dipakai, selama importasinya mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan yg berlaku.

Apa peran Kementerian Perindustrian dalam regulasi ini?
Kementerian Perindustrian mengumpulkan data IMEI yang diperoleh dari proses pendaftaran telepon seluler, komputer genggam, dan komputer tablet, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian RI No. 108/M-IND/PER/11/2012.

Apa sebenarnya dampak yang akan terjadi jika HP kita tidak terdaftar ? sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena dalam kesempatan ini Akan ada upaya “pemutihan” dimana Anda bisa mendaftarkan nantinya HP Anda dengan ketentuan yang berlaku di Republik Indonesia setelah peratuhan ini benar-benar di sahkan di Indonesia. Blokir seperti apa yang sebenarnya akan didapatkan bagi HP yang IMEI nya tidak terdaftar? dari isu yang beredar sejauh ini HP yang terblokir adalah mereka yang tidak bisa menggunakan perangkat HP tersebut untuk terkoneksi ke jaringan HP / Internet.

Sebenarnya juga dengan adanya peraturan ini tentunya akan banyak pihak juga yang diuntungkan dimana produksi hp dalam negeri juga akan meningkat dengan ketentuan HP yang terdaftar resmi di Indonesia yang berdampak secara tidak langsung pada perekonomian Indonesia. Jadi menurut Anda, bagaimana langkah pemerintah Republik Indonesia terkait pemblokiran HP bagi IMEI yang tidak terdaftar ?

Format SKP Guru dan Kepala Sekolah

SKP Guru dan Kepala Sekolah
Format Penyusunan SKP pada jabatan fungsional guru tidaklah berbeda dengan format SKP pada PNS Struktural. Perbedaan utama terletak pada angka kredit yang dimiliki oleh JF Guru dan tidak dimiliki oleh PNS struktural.


Dalam penyusunan SKP Jabatan Fungsional Guru berpedoman pada PERKA Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 1 tahun 2013 serta uraian kegiatannya dan angka kreditnya mengacu pada Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.


SKP Guru dan Kepala Sekolah meliputi :

Perhitungan Minimal Angka Kredit Pertahun
Formulir SKP (Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil)
Penilaian Capaian SKP (Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil)
dan lain-lain

Silahkan download Selengkapnya Contoh SKP
di link berikut ini


Merubah Presentasi dari Power Point menjadi Video

Merubah Presentasi dari Power Point menjadi Video
Ketika kita membuat presentasi, semua elemen presentasi (narasi, animasi, gerakan penunjuk, pengaturan waktu, dan seterusnya) disimpan di presentasi itu sendiri. Pada dasarnya, presentasi menjadi video yang dapat ditonton oleh audiens Anda di PowerPoint.
Sehingga Anda memiliki dua opsi untuk mengubah presentasi menjadi video yang siap untuk ditampilkan:
  • Simpan/ekspor presentasi Anda ke format file video (. mp4 atau. wmv).
  • Simpan presentasi Anda sebagai file Peragaan PowerPoint (.ppsx). (Peragaan PowerPoint muncul layar penuh dalam peragaan slide, segera siap untuk menampilkan.)
Menyimpan sebagai file video




Setelah membuat slide dan merekam pengaturan waktu dan narasi apa punserta gerakan penunjuk laser yang ingin disertakan, Anda siap untuk membuat file video.

  1. Di menu File, pilih Simpan untuk memastikan semua pekerjaan terbaru Anda telah disimpan dalam format presentasi PowerPoint (.pptx).
  2. Klik File > Ekspor > Buat Video. (Atau, pada tab Perekaman di pita, klik Ekspor menjadi Video.)
  3. Dalam kotak daftar menurun pertama di bawah judul Buat Video, pilih kualitas video yang diinginkan, yang terkait dengan resolusi video yang telah selesai dibuat. Semakin tinggi kualitas video, semakin besar ukuran file. (Anda dapat mengujinya untuk menentukan kualitas yang sesuai kebutuhan.)
    Opsi
    Resolusi
    Untuk ditampilkan di
    Ultra HD (4k)*
    3840 x 2160, ukuran file terbesar
    Monitor besar
    Full HD (1080p)
    1920 x 1080, ukuran file besar
    Layar komputer dan HD
    HD (720p)
    1280 x 720, ukuran file sedang
    Internet dan DVD
    Standar (480p)
    852 x 480, ukuran file terkecil
    Perangkat portabel
    * Opsi ultra HD (4k) hanya tersedia jika anda menggunakan Windows 10.
  4. Kotak menurun kedua di bawah judul Buat Video memberi tahu apakah presentasi Anda menyertakan narasi dan pengaturan waktu. (Anda dapat mengganti pengaturan ini jika menginginkannya.)
    • Jika Anda belum merekam narasi berjangka waktu, secara default nilainya adalah Jangan Gunakan Pengaturan Waktu dan Narasi yang Direkam.
      Waktu default yang diperlukan setiap slide adalah 5 detik. Anda dapat mengubah pengaturan waktu dalam kotak Detik diperlukan di setiap slide. Di sebelah kanan kotak, klik panah atas untuk menambah durasi, atau klik panah bawah untuk mengurangi durasi.
    • Jika Anda sudah merekam narasi berjangka waktu, secara default nilainya adalah Gunakan Pengaturan Waktu dan Narasi yang Direkam.
  5. Klik Buat Video.
  6. Dalam kotak Nama file, masukkan nama file untuk video tersebut, cari folder yang akan diisi file ini, lalu klik Simpan.
  7. Dalam kotak Simpan sebagai tipe, pilih Video MPEG-4 atau Windows Media Video.
    Anda dapat melacak perkembangan pembuatan video dengan melihat bilah status di sisi bawah layar Anda. Proses pembuatan video dapat makan waktu sampai beberapa jam, tergantung pada durasi video dan kerumitan presentasi.
    Tips:   Untuk video berdurasi panjang, Anda dapat menyiapkannya untuk dibuat di malam hari. Dengan cara ini, video akan siap untuk Anda di pagi hari berikutnya.
  8. Untuk memutar video yang baru Anda buat, buka lokasi folder yang menampungnya, lalu klik ganda pada file.

Menyimpan sebagai Peragaan PowerPoint

Ketika seseorang membuka file Peragaan PowerPoint, file akan muncul dalam tampilan layar penuh di Peragaan Slide, bukan di mode edit file. Pemirsa akan segera mulai menonton presentasi.
  1. Di menu File, pilih Simpan untuk memastikan semua pekerjaan terbaru Anda telah disimpan dalam format presentasi PowerPoint (.pptx).
  2. Di menu File, pilih Simpan Sebagai.
  3. Pilih lokasi folder tempat Anda ingin menyimpan file Peragaan PowerPoint.
  4. Dalam kotak Simpan sebagai tipe, pilih Peragaan PowerPoint (*.ppsx).
    Daftar tipe file di PowerPoint menyertakan "PowerPoint Show (. ppsx)".
  5. Pilih Simpan.

Mengapa mengubah presentasi Anda menjadi video?

Ketika Anda ingin memberikan versi presentasi dengan fidelitas tinggi kepada kolega atau pelanggan (baik sebagai lampiran email, diterbitkan ke web, di CD atau DVD), simpan dan putar presentasi sebagai video
Anda dapat menyimpan presentasi Anda sebagai file video MPEG-4 (. mp4) atau file. wmv. Kedua format tersebut didukung secara luas dan Anda dapat melakukan streaming melalui internet.
Beberapa tips untuk diingat ketika merekam presentasi Anda sebagai video:
  • Anda dapat merekam dan mengatur waktu narasi suara serta gerakan penunjuk laser dalam video Anda.
  • Anda bisa mengontrol ukuran file multimedia dan kualitas video Anda.
  • Anda dapat menyertakan animasi dan transisi dalam film.
  • Pemirsa tidak perlu menginstal PowerPoint di komputer mereka untuk menonton video.
  • Jika presentasi Anda berisi video yang disematkan di dalamnya, video tersebut akan diputar dengan tepat tanpa perlu Anda kontrol.
  • Tergantung pada konten presentasi, membuat video kadang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Presentasi panjang dan presentasi dengan animasi, transisi, serta konten media jelas membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuat. Untungnya, Anda dapat tetap menggunakan PowerPoint saat video tersebut sedang dibuat.

Bagian presentasi mana yang tidak akan disertakan dalam video?

Item berikut ini tidak disertakan dalam video yang Anda buat menggunakan PowerPoint:
  • Media yang disisipkan di versi PowerPoint sebelumnya. Agar dapat mencakupkannya, Anda dapat mengonversi atau memutakhirkan objek media tersebut.
    Misalnya, jika menyisipkan media menggunakan PowerPoint 2007, media tersebut akan ditautkan dan diputar dalam presentasi.  Namun, ketika mengekspor file sebagai video, media tertaut tersebut akan dilepas.  Anda dapat mengonversikan file tersebut ke format file baru (klik tab File, dan di bawah Info, klik Konversi), atau klik kanan objek media, lalu klik untuk memutakhirkan; cara ini akan menyematkan dan mengekspor file dengan benar.
  • Media QuickTime (kecuali jika memiliki codec QuickTime pihak ketiga bernama ffdShow terinstal dan Anda telah mengoptimalkan untuk kompatibilitas)
  • Makro
  • Kontrol OLE/ActiveX

Yang harus dilakukan dengan video Anda setelah selesai dibuat

Setelah membuat video, Anda dapat membagikannya pada orang lain dengan menggunakan metode-metode berikut:
  • Unggah ke situs web berbagi video seperti YouTube
  • Mengirimkan presentasi kepada orang lain melalui email
  • Menyimpan ke file yang dibagikan atau ke lokasi lain
  • Menyalin presentasi Anda ke disk
  • Unggah ke situs berbagi video streaming Microsoft, seperti yang diuraikan di bagian berikutnya, "Simpan ke situs berbagi video."

Menyimpan ke situs berbagi video

Setelah membuat file video, Anda dapat mengunggahnya ke situs berbagi video. Microsoft Stream adalah layanan video perusahaan tempat orang-orang dalam organisasi dapat mengunggah, menampilkan, dan berbagi video. PelangganOffice 365 bisnis atau pendidikan memiliki akses ke layanan ini dari dalam PowerPoint untuk Office 365.
  1. Pilih File > Ekspor, lalu pilih Terbitkan ke Microsoft Stream.
    Tombol untuk menerbitkan video ke Microsoft Stream
  2. Ketikkan judul dan deskripsi untuk video.
  3. Atur opsi lainnya, termasuk apakah Anda ingin mengizinkan orang lain di dalam organisasi untuk melihat video:
    Opsi untuk menerbitkan video ke Microsoft Stream
  4. Pilih tombol Terbitkan.
    Pengunggahan dapat memakan waktu beberapa menit, tergantung pada durasi video. Bilah status di bagian bawah jendela PowerPoint melacak kemajuan, dan PowerPoint akan memperlihatkan pesan saat pengunggahan selesai:
    PowerPoint akan menampilkan pemberitahuan saat pengunggahan selesai
  5. Klik pesan untuk langsung masuk ke halaman pemutaran video di Microsoft Stream.
Untuk informasi selengkapnya silahkan berkkunjung ke Microsoft Stream? disana mencakup seluruh informasi tentang Video Office 365 vs. Microsoft Stream.
Berikut Sampel Video dengan menggunakan Power Point


Salam